GPRS atau UMTS ??

Gara-gara koneksi ke IM2 sering gagal, aku sempat bawa modem dan laptop ke kantor IM2 yang di Jl. Urip Sumoharjo. Tadinya kupikir karena modemnya, selain karena kata adikku dipake di HP 3G bisa akses dengan cepat, juga karena sering gagal koneksi.

Tapi ternyata kata mbak yang di Customer Service, itu bukan masalah modem, tapi karena memang jaringan di daerah tempat tinggalku (Condongcatur) sudah overload Indosat. Terutama pada jam-jam setelah Maghrib hingga tengah malam.

Lalu mbak CS menyarankan untuk mengubah aksesnya dari UMTS preferred diganti menjadi GPRS/EDGE only. Katanya dengan demikian akses internet akan stabil. OK aku ngikut aja.

Trus aku coba dengan setting GPRS/EDGE only, tapi waduuhhh… aksesnya super lambat banget. Nyaris “nol” terus data transfernya. Akhirnya aku ubah kembali ke UMTS preferred, ternyata malah lebih baik walau kadang lambat tapi sering juga bisa cepat.

Jadi kesimpulannya:

  • Koneksi susah (gak langsung nyambung) bukan karena modem, tapi karena daerahku sudah overload.
  • UMTS preferred menurutku lebih baik, walau sering berganti-ganti sinyal dari HSDPA ke UMTS, tapi justru lumayan lancar dan cepat.
  • GPRS/EDGE only menurutku memang aksesnya jadi stabil alias diam di tempat !!!

Itu kalo untuk saya lho ya… entah untuk yang lain 🙂 .

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging , , , , ,

1 comment


  1. adri

    benar sekali akses internet lewat telkomsel juga sama payahnya,,,sy baru bisa ngenet kl udh jam2 00 keatas tengah malam..,selebihnya ”nunggu browsing ke google aja nunggu ampe ”lumutan”[bekarat]itulah kekurangan semua mobile modem dl sy pernah pake modem flexy [venus]juga sama dlm durasi 1 jam puluhan kali disconnectingnya,,,padahal belinya 1.2juta[modemnya aja…

    Wiwin replies:
    Hmmm…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *