Jauhkan aku dari meja operasi !!!

Kemarin aku pasang status tersebut di Facebook karena sejak Selasa malam aku menemukan benjolan di leher belakang sebelah kanan. Kaget juga aku, jadinya terbayang terus dan terbawa perasaan sehingga sampai kemarin sore terasa sekali pegal-pegal di leher, bahu dan punggung sebelah kanan. Setelah aku pasang status tersebut, alhamdulillah ada beberapa teman yang kasih perhatian dan saran.

Mengapa aku berdoa supaya dijauhkan dari meja operasi ?? Karena sudah beberapa kali aku mengalami operasi dari yang kecil hingga yang besar. Tahun 1986 pernah dioperasi kaki kiriku. Lalu tahun 2001 operasi usus buntu. Tahun 2002 operasi Caesar dalam rangka melahirkan Satria. Tahun 2005 (kalo tdk salah ingat) operasi tumor kelenjar gondok. Lha.. mosok musti operasi lagi ??

Berdasarkan pengalaman operasi tumor beberapa tahun yang lalu tersebut, sepertinya memang aku punya bakat kanker. Hiiii… ngeri ya ??? Sedih juga sih.. tapi sudah terlanjur punya bakat tersebut. Dan berdasarkan informasi dari bu Ning Harmanto, kesimpulan yang kudapat adalah selama ini aku tidak menjaga pola makan. Bahwa ternyata sebenarnya banyak makanan yang harus dihindari oleh orang-orang yang memiliki bakat kanker.

Berikut aku cuplikkan artikel dari bu Ning ya:

“…dianjurkan mengikuti pantangan beberapa makanan sebagai berikut.

1. Sayur : tauge, sawi putih, kangkung, dan cabai.
2. Buah: durian, lengkeng, nangka, duku, nanas, dan anggur.
3. Air es, minuman beralkohol, dan soft drink.
4. Sea food: udang, kerang, cumi, dan kepiting.
5. Daging sapi, kambing, kerbau, dan babi.
6. Daging ayam negeri, bebek, kalkun, dan burung.
7. Makanan yang dibakar, dipanggang, dan digoreng berulang-ulang.
8. Makanan yang diawetkan, termasuk ikan asin dan makanan kaleng.

Meski ada beberapa item pantangan kadang kala tidak disetujui kalangan medis
namun saya menuliskannya berdasarkan pengalaman selama sepuluh tahun…dst.”

Flashback ke makananku sehari-hari, kebetulan aku sering makan sayur kangkung dan cabai, juga sangat sering makan seafood (udang, kerang, cumi, kepiting). Masyaallah.. ternyata itu semua seharusnya aku hindari !!!

OK.. meskipun benjolan itu sudah timbul, semoga masih belum ada kata terlambat. Artinya, semoga dengan mencoba memperbaiki pola makan, maka pertumbuhannya akan melambat dan syukur-syukur hilang, serta tidak akan tumbuh benjolan lain di tempat yang lain lagi.

Ya Allah… sungguh kumohon jauhkan saya dari meja operasi !!!

Oiya, ada tambahan pesan dari bu Ning sebagai berikut:

“Meski kita anjurkan pantang makanan tertentu namun dianjurkan para penderita kanker mendapatkan asupan makanan dengan gizi tinggi.
Dianjurkan tetap bisa makan enak tapi dipilih yang aman, misalnya daging ayam kampung, aneka ikan segar baik ikan laut maupun ikan air tawar.

Dianjurkan juga agar penderita kanker bisa mengkonsumsi buah-buahan sehari 1 kg, bisa dipilih buah apel malang dengan wortel, atau tomat, pepaya dan buah2an lain yang mengandung banyak air. Salam sesuba.”

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging , , , ,

3 comments


  1. vanny

    mudah2an Allah selalu memberi kesehatan untuk mbak, lahir batin..

  2. Semoga kita semua diberikan kesehatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*