Fotoku dibajak :-(

Kemarin pagi pas buka-buka milis yang aku ikuti, ada satu member milis yang katanya baru bikin blog dan minta dilihat serta dikasih comment. Karena penasaran, OK deh aku meluncur ke blognya itu. Tapi, masyaallah… kaget aku setelah blognya terbuka. Gimana enggak ? Mosok yang dipasang adalah foto temanku sendiri yang jelas-jelas aku kenal banget, jelas-jelas jadi teman ngobrol saban hari. Gilanya, foto temanku itu dipasangnya di blog, di Facebook, di Friendster, serta di account bergaul.com-nya orang itu. Gila abis !!!

Saking shock-nya langsung aja aku buzz temanku itu supaya dia menyaksikan sendiri bahwa fotonya telah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Wah.. temenku jadi bingung musti gimana, aku pun tak bisa kasih solusi ๐Ÿ™ . Apalagi tau sendiri ‘kan, kejahatan di internet tak mudah ditangani. Ya udah, akhirnya sementara diamkan aja dulu, link blognya ga usah dipublikasikan ke orang lain.

Sedihnya, kenapa sih orang itu musti ambil foto temanku itu ? Sebenarnya bukan masalah karena foto temanku, tapi kenapa dia tidak pake fotonya sendiri ?? Walau pun pemilik account itu ga cakep, tapi kalo blognya OK ‘kan ya pasti orang akan banyak yang datang kesitu. Terus… blog ‘kan juga ga menuntut di kasih foto, demikian juga Facebook, Friendster dan bergaul.com. Jadi, kalo ga punya foto atau ga pede pasang foto pribadi, toh masih ada alternatif-alternatif lain.

Kalo menurutku nih, secara orang tersebut sedang belajar internet marketing, jadi untuk meningkatkan traffic di blognya, orang tersebut menggunakan foto temanku itu untuk menarik pengunjung. Kalo sampai temanku tahu lantas dia mencak-mencak dan memberitahukan link blog tsb ke temen-temennya, maka kemudian akan banyak pengunjung datang ke blog tersebut. Tampaknya seperti itulah yang orang tersebut inginkan.

Pak… Pak… dimana sih etika bloggingmu ? ๐Ÿ™ (Oiya, orang tersebut setahuku pria, tapi menggunakan nama perempuan, mana nama virtualnya keren pula ๐Ÿ™ ).

Hikmah dari kasus ini akhirnya temanku menghapus foto-fotonya dari blog dan facebook-nya. Hmm.. ada yang bilang bahwa foto-foto yang kita upload di Facebook bisa menjadi milik publik (jika tidak di-set private), maka alangkah baiknya kalo kita berhati-hati sejak awal ๐Ÿ™‚ .

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging

3 comments


  1. o gitu ya, nyebelin juga ya win? alamat blognya opo win?

  2. wedeww.. ada ada ae yah mbak orang aneh aneh .. wkwkwkwk.. jadi penasaran yang mana Blognya mbak.. liatt dung ๐Ÿ˜›
    .-= Inova Melisaยดs last blog ..Perjalananku Di Oriflame ๐Ÿ˜€ =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*