Nyaris Tertipu

Jam 20:30 tadi malam ada SMS masuk ke nomor Matrix-ku yang isinya:

Anda mempunyai 2 PESAN GAMBAR TRANSFER dari, 6285656638857 No.kode : 12200 Utk melihat ketik, TRANSFER<spasi>085656638857<spasi>12200 Kirim 2x ke: 151

SMS tersebut dikirim dari nomor +6285756722466. Karena ada kata-kata “PESAN GAMBAR”, nah kupikir dapat MMS dari someone gitu.. Aku cari kedua nomor tersebut di hapeku yang lain, barangkali aja itu nomor orang yang kukenal, tapi ternyata tak ada di contact list-ku. Akhirnya asumsiku bahwa itu SMS dari teman yang lain yang belum kusimpan nomornya. Tanpa pikir panjang, aku ikuti perintahnya dengan kirim SMS ke 151 sebanyak 2 kali.

Langsung dapat balasan dari 151 sebanyak 2 kali juga. SMS pertama isinya:

Maaf, Anda tidak dapat melakukan transfer pulsa, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service (111).

Lalu SMS yang kedua isinya sebagai berikut:

Anda dapat melakukan transfer pulsa setelah transaksi sebelumnya telah selesai.

Setengah percaya setengah tidak! Aku baca lagi isi kedua SMS tersebut, baru aku tersadar ketika ada kata-kata “transfer pulsa”. Wait !!! Mateng aku… jangan-jangan nanti tagihanku melonjak gara-gara ada transfer pulsa!!

Langsung aku telpon ke 111 (call center Matrix Indosat) dan aku ceritakan bahwa aku menerima SMS tersebut bla bla bla. Tujuanku untuk mencari tahu apakah itu modus penipuan juga. Ternyata benar !! Itu salah satu bentuk penipuan yang tujuannya menyedot pulsa dari hape orang lain. Tapi alhamdulillah…. Matrix-ku selamat karena tidak ada fasilitas transfer pulsa untuk nomor yang aku punya. Lega deh… 🙂

Kalo model penipuan lewat SMS yang katanya aku dapat hadiah sekian puluh juta dari Indosat, itu udah sering sekali, dan biasanya SMS tersebut langsung aku delete. Tapi untuk modus yang tadi malam itu, aku baru sekali menerima. Tapi begonya aku, kenapa ga melihat nomor si pengirim. Hihihi… tertipu karena kata-kata “pesan gambar” sih… hehehe..

Yup… jaman sekarang banyak orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Ga perlu kita menuntut dan menyalahkan orang lain, alangkah baiknya bila kita sendiri yang membentengi diri kita dengan iman dan penuh kewaspadaan. Semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi pada kita.

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging

1 comment


  1. Umi

    Iya mba Win, skrg modusnya makin banyak aja nih..kemaren temenku juga mengalami hal yang sama, alhamdulillah dia juga ngga kena krn pulsanya pas abis…harus makin hati2 nih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *