New Biz Blog

Setelah mengikuti workshop internet marketing d’BC-Network, rasanya seperti mendapat pencerahan. Saya yang dulu mencampuradukkan antara blog pribadi dengan blog bisnis, sekarang sudah mantap mengelola 2 macam blog yang berbeda tersebut.

Untuk blog pribadi saya tetap menggunakan blog ini (pratiwanggini.net), webhostingnya di satutiga.com.

Untuk blog bisnis saya menggunakan domain name way2diamond.com, webhostingnya di idwebhost.com.

Sebenarnya saya memiliki domain name way2diamond.com ini sudah lama. Mungkin sekitar 1-2 tahun. Tapi dulu hanya saya forward ke web replika d’BC-Network milik saya. Maka dari itu untuk mulai membuat blog bisnis, daripada membeli domain name baru saya rasa lebih baik menggunakan itu sehingga cukup menyewa webhosting saja. Lagipula saya sudah mantap dengan nama way2diamond.com yang akan menjadi trademark saya dan group saya. Milis yang saya bangun pun namanya way2diamond lhooo… 😉

Awal mulai mengelola webhosting ini saya rada bingung juga karena memindah domain dari forwarding ke hosting. Sempat harus email-emailan dengan tim support teknis idwebhost. Pengin tahu step-step yang saya lalui ?

Step 1. Saya menyewa webhosting paket idpremedium yang cukup besar space dan bandwidth-nya. Setahun Rp 150.000,-

Step 2. Menonaktifkan domain forwarding, kemudian mengganti name server ke name server hosting, melakukan instalasi CMS dan mengelola web secara keseluruhan. Dalam hal ini untuk penonaktifan domain forwarding dan pengarahan ke name server dilakukan oleh tim support teknis idwebhost. Lalu menunggu proses sinkronisasi DNS dalam 6-12 jam, setelah itu hosting sudah bisa dipakai.

Step 3. Instalasi WordPress, karena saya menggunakan WordPress dalam mengelola blog bisnis ini. Untuk instalasinya, mengklik menu Softacolous setelah login pada cpanel. Lalu pilih WordPress.

Step 4. Karena postingan yang akan saya masukkan adalah import dari blog pribadi saya (khusus kategori bisnis tentunya) maka saya harus menginstall WordPress Importer dulu. Disini ada folder khusus yang harus ditambahkan dan saya dibantu oleh tim support dalam pembuatan folder tersebut. Akhirnya WordPress Importer successfully installed.

Step 5. Ternyata total postingan di blog pribadi saya adalah 2,31 MB, sedangkan standar maksimal WordPress Importer hanya 2 MB. Untuk itu saya harus menambahkan script pada file .htacess. Script yang ditambahkan hanya: php_value upload_max_filesize 20 M. File .htaccess bisa ditemukan di dalam File Manager (setelah login di cpanel). Tinggal edit saja, script bisa ditaruh di awal atau di akir, jangan lupa save bila sudah selesai. Akhirnya ketika mengimport, jatah maksimal yang diberikan adalah 8 MB.

Step 6. Import postingan dari blog pribadi yang sudah saya simpan dalam file berekstensi XML. Alhamdulillah sukses import data 🙂

Step 7. Selesai, tinggal memodifikasi blog bisnis. Antara lain membuang postingan yang tidak relevan, menambah plug in, menambah widget, dan sebagainya.

Dan sekarang blog bisnis saya sudah bisa diakses di http://www.way2diamond.com 🙂

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
just blogging , ,

4 comments


  1. Selvia AIL (d'BCN)

    Saya sedang bingung dg membuat web, kayaknya setipe bingungnya dgn Mbak Wiwin … hehehe.
    Minta ijin copas step-stepnya ya Mbak …

    Terima kasih

  2. wah bagus banget info nya mbak… jadi bisa belajar ngeblog.
    di tunggu share ilmu nya lagi… ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *