Kepedulian Masyarakat terhadap SEA Games

Sebagai masyarakat awam, saya sendiri kurang begitu mengikuti setiap ada event SEA Games, bahkan yang diselenggarakan di Indonesia sendiri. Palingan baru menyaksikan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan yang bagi saya menarik untuk disaksikan hehehe…

Tapi kali ini demi komunitas yang saya ikuti yaitu Komunitas Blogger Jogja (KBJ), dengan senang hati saya akan berbagi informasi.

SEA Games (Pesta Olahraga Negara-negara Asia Tenggara) adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara, yaitu Thailand, Malaysia, Filipina, Indonesia, Singapura, Myanmar, Vietnam, Brunei, Laos, Kamboja, dan Timor Leste. Penyelenggaraan SEA Games sendiri selalu berpindah-pindah tempat (baca: negara). Untuk SEA Games yang ke-26 kalinya ini tepatnya 11 November 2011 akan diselenggarakan di Indonesia, yaitu di Jakarta dan Palembang. Oiya, untuk Indonesia, ini adalah ke-4 kalinya menjadi tuan rumah.

Kirab Obor: jalan ditutup untuk umum

Seperti biasa, SEA Games selalu diawali dengan ritual kirab obor. Obor tersebut dinyalakan dari api abadi yang ada di Mrapen lho… Tujuan dari kirab tersebut adalah untuk memberikan kesempatan bagi semua lapisan masyarakat untuk merasakan gema SEA Games terutama di daerah yang jauh dan sulit bagi mereka untuk menjangkau Jakarta atau Palembang sehingga dukungan masyarakat terus mengalir, baik dari dunia usaha, sosial dan dari berbagai pihak. Nah.. kita yang di Jogja kalau tidak dilewati kirab obor pastinya akan kurang begitu merasakan kehebohan penyelenggaraan acara ini, betul? Hari kemarin ketika obor SEA Games tiba di Jogja, tim KBJ punya kesempatan untuk meliput kegiatan tersebut. Seru lhooooo…!!

Dengan penyelenggaraan SEA Games di Indonesia pada kesempatan kali ini, tentunya banyak elemen masyarakat yang turut mendukung kelancaran kegiatan ini. Engga mungkinlah pemerintah berjalan sendiri tanpa dukungan kita semua J. Saat ini yang paling mendapat kesempatan luar biasa adalah masyarakat Sumatera Selatan, dimana Wisma SEA Games berada.

Himbauan dari pemerintah untuk mengecat rumah/bangunan, memperbaiki pagar, dan mempercantik halaman pun disambut positif masyarakat.

Juga ketika ada kirab obor dimana-mana, tentunya masyarakat merelakan jalannya ditutup untuk sementara demi kelancaran ritual tersebut. Yang tentunya pula berimbas pada kelancaran jalannya SEA Games.

Juga ketika ruas jalan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang sampai Jakabaring Sport City dibuat steril dari mobil parkir pun masyarakat tidak protes.

Ada lagi, selama 5 hari pelaksanaan SEA Games sekolah-sekolah di Jakarta juga diliburkan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan, yang kabarnya bisa mengurangi hingga 30%.

Masyarakat menyaksikan kirab obor

Banyak pihak-pihak lain yang juga turut mendukung event ini, antara lain Indosat yang juga menjadi sponsor pesta olahraga dua tahunan negara Asia Tenggara atau SEA Games XXVI yang akan digelar di Jakarta dan Palembang tanggal 11-22 November 2011 tersebut. Apalagi di saat SEA Games diperkirakan terjadi kenaikan lalu lintas telekomunikasi sehingga hal tersebut harus diantisipasi. Saya sebagai salah satu pengguna setia Indosat, tentu saja sangat mendukung Indosat sebagai sponsor SEA Games ini.

Ayo, Indonesia bisa!

Walaupun tidak banyak hal yang bisa kita lakukan untuk event ini, tapi mari kita doakan semoga SEA Games kali ini berjalan dengan lancar, tempat penyelenggaraan cukup memadai, serta harapan kita banyak olahragawan kita yang turut serta ambil bagian di event ini bisa bertanding secara sportif dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Ayo Indonesia Bisa!

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging , ,

1 comment


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *