Tragedi Pembajakan Email

Jum’at 11 Mei 2012 sekitar jam 6 sore saya ditelpon Pak Dindit:
“Mba Win.. emailmu dibajak ya? Ini kirim email yang isinya….”
..bla..bla..bla..bla..

Sempat shock karena saat itu saya sedang berada di kantor Oriflame Jogja tepatnya menunggu rilis barang di warehouse. Selain itu, saat itu saya hanya pegang HP, jauh dari PC. Langsung kepikiran untuk ganti password, disamping memang itu yang disarankan Pak Dindit. Saya coba login ke yahoo!mail lewat HP, tapi waduhhh…ternyata susah cari menu untuk ganti password dan sebagainya. Akhirnya dengan terpaksa saya minta tolong Pak Dindit untuk segera mengamankan email account saya tersebut.

Setelah ditelpon Pak Dindit, saya terima notifikasi lewat SMS dan juga lewat account gmail, bahwa ternyata telah dibikin new email alias di account yahoo saya yaitu wiwin_praitw@yahoo.com.

Selanjutnya di gmail juga (yang kebetulan saya pake untuk terima notifikasi FB), ada email notifikasi yang bilang bahwa seseorang telah melakukan login atas account FB saya. Makin paniklah saya !!!

Akhirnya saya minta Pak Dindit untuk bantu mengamankan semua account saya yang ngelink ke yahoo antara lain FB, gmail, dan twitter. (Dan hari ini saya cek-cek lagi account-account saya yang lain termasuk blog).

Mau tahu apa isi email yang dikirimkan oleh si hacker tersebut dari account saya ke semua contact list ?

How are you doing? I came over to Philippines on a short vacation, unfortunately I was mugged at the park of the hotel where i stayed,all cash, cell phones and credit card were stolen from me but luckily for me i still have my passports with me.I’ve been to the Embassy and the Police here but they’re not helping issues at all and my flight leaves in few days from now but i am having problems settling the hotel bills and the hotel manager won’t let me leave until I settle the bills. Please I really need your financial assistance..Please, Let me know if you can help me out?

I’m looking forward to hearing from you.

Thanks

Signature saya tetap dipakai, tetapi ada angka-angka yang diganti dan dibalik, sebagai berikut:

===
Rgds,
Wiwin Pratiwanggini
Mob.Ph.: 084643387998 | 0247-8218880
WhatsApp: 08158652076
YM ID: wiwin_pratiw | www.way2diamond.com
GTalk: wiwin.pratiw | www.pratiwanggini.net
FB: https://www.facebook.com/wiwin.pratiwanggini

Berikut ini screenshot isi email tersebut:

email dibajak

sad news....

Setelah perubahan password berhasil, ternyata email dari luar tidak bisa masuk ke inbox saya. Hmmm… sempat panik sebentar. Lalu saya kepikiran untuk melakukan forwarding, maksudnya email yang dialamatkan ke wiwin_pratiw@yahoo.com akan saya alihkan ke wiwin.pratiw@gmail.com. Nahhhh… pas saya buka menu POP & Forwarding, baru deh ketahuan bahwa oleh si hacker ternyata semua email yang masuk dialihkan ke wiwin_praitw@yahoo.com !!! Alhamdulillah… case yang ini sudah beres.

Masih ada satu case lagi yaitu email di Inbox folder per 1 Maret 2012 hingga kemarin dan email di Sent folder sejak 1 Maret 2009 hingga kemarin ternyata semuanya di-delete oleh si hacker. Sempat panik lagi sambil berusaha mengikhlaskan. Tapi ternyata tadi pagi saya kepikiran untuk mengecek Trash folder. Alhamdulillah… masih ada sehingga masih bisa saya move lagi ke inbox :-).

Fiuhhhh….!!! Ternyata capek berurusan dengan hacker. Saya pikir semua account saya sudah aman, tapi ternyata bobol juga.. Dan itu adalah kesembronoan saya karena pake password yang simple. Sekarang semua sudah dibuat complicated, walo saya kesulitan menghapal, tapi setidaknya demi keamanan 🙂

Terimakasih atas perhatian teman-teman lewat FB, twitter, email, sms, telpon, dan sebagainya. Tanpa kalian mungkin saya tidak tahu dan bahkan mungkin account saya bisa hilang. Kalo saya bukan pebisnis online mungkin saya engga terlalu panik, tapi saya pelaku bisnis online yang menggunakan account email tersebut untuk berbagai keperluan. Semoga cukup sekali ini saja dan jangan ada kejadian serupa lagi 🙂

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *