Lebih Percaya Diri & Meningkatkan Self-Esteem

Banyak ide berputar-putar di kepala tapi juga banyak hal yang harus dikerjakan, sehingga belum kesampaian untuk menuliskannya. So, sementara waktu saya mau share ilmu yang baru aja saya baca dari tabloid Aura. Yaitu tentang 5 langkah sederhana untuk menjadi lebih percaya diri dan meningkatkan self-esteem. Yukkkk.. kita simak.. semoga bermanfaat.

1. Lakukan sesuatu yang perlu membuat keputusan dan terus lakukan sampai selesai

Pernah menunda menulis surat untuk bibi Anda? Anda ingin menelepon seorang teman? Mencuci mobil, merapikan kebun atau membersihkan rumah? Anda akan mendapatkan rasa percaya diri dengan menetapkan tujuan (bahkan yang kecil pun) dan menjalaninya sampai selesai.

2. Nikmati sesuatu yang Anda lakukan secara baik

Apakah Anda punya hobi atau sport yang Anda senang kerjakan? Berenang, melukis, atau menulis bisa memusatkan perhatian dan membuat Anda masuk dalam kondisi flow. Ketika berada dalam flow, Anda lupa segala sesuatu yang lainnya.

Sesudah itu, Anda akan merasa lebih kompeten dan mampu. Cara ini baik untuk meningkatkan self-esteem. Jika Anda tak punya hobi tertentu atau waktu luang yang anda sukai, coba sesuatu yang selalu ingin Anda coba.

Bayangkan diri Anda mengerjakannya, dan lalu coba. Tidak harus sesuatu yang besar, tapi bisa juga hal-hal sederhana seperti bergabung dengan klub jalan kaki. Anda akan merasa lebih tenang dan lebih bahagia jika mengerjakan sesuatu yang membuat Anda berada dalam flow, paling sedikit sekali seminggu.

3. Alihkan fokus

Bukti menunjukkan, self-esteem rendah berkembang pada orang yang memberikan terlalu banyak fokus pada diri sendiri. Anda bisa mendapatkan kepercayaan diri dengan mengerjakan sesuatu yang fokus pada seseorang yang lain atau bahkan sesuatu yang lain.

Anda akan menemukan, ketika berada dalam situasi dimana Anda bertemu dengan orang baru, Anda segera menjadi kurang nervous ketika fokus pada orang yang Anda temui. Anda akhirnya akan bisa berinteraksi dengan orang lain dan merasa jauh lebih enteng.

4. Rileks

Belajar menjadi lebih rileks membuat Anda lebih bahagia dan hidup lebih menyenangkan. Orang yang lebih rileks punya lebih sedikit masalah dengan ingatan mereka dan berkemungkinan lebih besar menghadapi tantangan kehidupan.

Alasan ini membuat meditasi makin populer. Anda juga bisa latihan Tai Chi yang mencakup teknik fisik dan relaksasi. Apapun cara yang Anda pilih, lakukan secara serius. Khasiatnya terlalu besar untuk diabaikan. Jika Anda tak pernah memikirkan pentingnya relaksasi, pikirkan dengan cara ini: Jika Anda bisa menghadiri sesuatu yang menghasilkan perasaan senang, bagaimana Anda tak akan mendapatkan kepercayaan diri tentang kemampuan-kemampuan personal Anda ?

5. Buat daftar segala sesuatu yang pernah Anda raih

Berpikir kecil. Prestasi adalah prestasi. Yang bisa Anda masukkan dalam daftar antara lain: lulus ujian untuk Surat Izin Mengemudi, bisa menabung untuk jalan-jalan saat liburan, dan lain-lain.

Ini hanya beberapa contoh yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kepercayaan diri dan meningkatkan self-esteem. Gunakan ide-ide ini sebagai titik dasar dan tambahkan hal-hal ini secara permanen ke dalam hidup Anda.

Selalu ingat, orang tidak terlahir dengan self-esteem yang baik, kebanyakan harus berusaha untuk mengembangkannya. Dan itu berkembang dari pemikiran Anda dan hal-hal yang Anda lakukan setiap hari untuk membuat diri Anda merasa senang.

Rasanya semua orang ingin lebih percaya diri dan merasa senang untuk menjalani kehidupan terbaik 🙂 .

 

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *