Terowongan di Stasiun Tugu Yogyakarta

Hari Sabtu kemarin saya sempatkan menukarkan voucher tiket kereta api Bima dan Taksaka di Stasiun Tugu Yogyakarta, supaya nanti pas hari H keberangkatan dan kepulangan tidak perlu repot-repot.

Sampai di stasiun Tugu saya langsung menuju ruang reservasi tiket. Oh.. rupanya bukan disana loket penukarannya. Lalu saya pindah ke pintu masuk selatan, tanya disana. Diberitahu bahwa menukarkannya di loket utara (loket 4 atau loket 5).

Ternyata pintu yang dulu sudah ditutup. Ternyata sekarang harus melewati terowongan untuk bisa menyeberang ke loket utara. Dannn… ternyata cukup jauh kalo bagi saya. Selain harus naik turun tangga juga. Keringetan dehhhh…

Setelah lolos melewati terowongan yang sepi, harus berjalan menuju loket depan, melewati ruang tunggu penumpang. Pun ternyata tidak boleh menerobos pintu masuk hahaha.. harus lewat pintu samping (pintu keluar). Setelah tiket saya dapatkan, untuk balik masuk pun tidak boleh lewat pintu samping, harus lewat pintu masuk peron.

Oh iya.. awal bulan November tiket kereta saya beli lewat tiket.com. Diberitahu lewat email bahwa voucher tiket bisa ditukarkan menjadi tiket fisik paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan. Penukaran bisa dilakukan di stasiun kereta api terdekat. Ketika melakukan reservasi, diminta mengisi nomor KTP, tanggal lahir dan sebagainya. Namun ternyata ketika melakukan penukaran voucher, KTP tidak ditanyakan. Jadi, prosedurnya sangat mudah, tidak serumit yang saya bayangkan.

20121110_123044

Tangga turun ke terowongan (dari pintu selatan / Pasar Kembang)

20121110_122940

Suasana di dalam terowongan

20121110_122816

Exit sign di peron

20121110_122844

Exit through the tunnel

20121110_122908

Tangga turun dari peron ke terowongan

20121110_123037

Nah.. sampai deh di tangga keluar dari terowongan di pintu selatan

Fiuhh… asli melelahkan. Walo sebenarnya kalo sudah tahu jalannya ya tidak akan melelahkan. Besok 15 November pas mau berangkat, saya minta diantar masuk lewat pintu Mangkubumi saja, bukan pintu Pasar Kembang. Kalo lewat pintu Mangkubumi ‘kan bisa langsung masuk ke peron, tidak perlu turun naik melewati terowongan.

Setelah diingat-ingat, ternyata saya sudah 2 tahunan tidak masuk ke Stasiun Tugu sehingga tidak tahu bila sudah ada pembangunan terowongan tersebut 🙂 Nah.. bagi Anda yang tidak mau ribet jalan jauh-jauh, silakan masuk lewat pintu Mangkubumi. Gunakan pintu Pasar Kembang hanya bila Anda hendak melakukan reservasi tiket secara langsung.

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *