Memurnikan Pikiran

“Strategi boleh sama, tindakan boleh seragam, usaha boleh sama kuat. Tapi pikiran murni akan membedakan hasil yang diperoleh.”

Berikut ini adalah 10 cara memurnikan pikiran dengan efektif. Tips keren dari bukunya Venna Melinda. Semoga bermanfaat.

1. Jangan terpaku pada hari kemarin dan hari ini. Tuhan memberikan kita hari-hari selanjutnya untuk dimanfaatkan bagi kebaikan. Jangan sia-siakan itu.

2. Ikhlas, ikhlas, ikhlas. Melakukan sesuatu tanpa beban, tanpa nafsu, dan tanpa dendam ingin mengalahkan. Kita harus bisa membedakan antara harapan dan nafsu. Bedanya tipis sekali.

3. Jangan memelihara rasa marah. Banyak orang sangat menikmati perasaan emosi yang meluap-luap dan terus menyuburkan itu. Padahal pada saat yang sama, energi positif tengah tersedot oleh energi marah.

4. Bangun semangat membahagiakan orang lain. Tanpa sadar Anda akan banyak melakukan hal dengan dasar positif.

5. Luangkan waktu untuk melakukan perenungan. Saya percaya, diam adalah kondisi yang dahsyat untuk memberi makan pada pikiran kita.

6. Makan yang baik dan berolahraga. Dalam tubuh yang kuat tersimpan jiwa yang sehat, ini bukan sekadar slogan.

7. Mau menyerap teladan dari sekitar. Banyak berdialog, membaca buku yang baik, mendengarkan pengalaman orang lain. Kita salah kalau berpikir bahwa diri kita adalah poros kebenaran.

8. Bersenang-senanglah! Venna punya hobi menari, menyanyi, dan senam. Dan Venna merasakan semangat ajaib muncul tiba-tiba tiap kali habis melakukan hobi menyenangkan itu.

9. Jangan dijerumuskan target absolut. Venna punya kebiasaan untuk merancang plan A, plan B, plan C dan seterusnya. Kerap kali kita dibenturkan pada kekecewaan lantaran gagal dalam satu tujuan tunggal yang ingin diraih. Padahal ada “jalur-jalur” lain menuju keberhasilan.

10. Berdoa, berdoa, dan berdoa.

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *