Android Makin Lambat?

Smartphone Android yang ketika lama dipakai kinerjanya menjadi melambat, bisa jadi diakibatkan oleh hal-hal sebagai berikut:

1. Aplikasi yang terinstall menghabiskan memori internal di smartphone. Usahakan memori internal diatas 30 MB. Salah satu solusi agar memori internal tidak banyak terpakai adalah dengan menginstall aplikasi pada memori eksternal, atau memindahkannya ke SD (move to SD).

2. Bersihkan cache memory. Pada dasarnya smartphone Android akan lambat kinerjanya jika banyak data cache yang tersimpan pada memori internal. Salah satu cara mengatasi agar smartphone kembali normal adalah membersihkan semua data cache-nya. Kita bisa menggunakan aplikasi History Eraser untuk menghapus semua data cache pada memori internalnya. Caranya cukup mudah, tinggal buka aplikasi dan pilih menu clean selected, maka secara otomatis semua data cache pada memori internal akan terhapus secara otomatis.

3. Periksa apakah ada banyak aplikasi yang berjalan secara background. Semakin banyak aplikasi yang berjalan secara background maka smartphone akan semakin lambat kinerjanya, misalnya saja live wallpaper. Bisa dilihat salah satunya dari Setting > Application > Running Service, pilih aplikasi/service yang akan dimatikan.

sumber: PC Plus 435

Kemarin-kemarin saya juga sebel banget karena smartphone Android saya jadi super lambat. Apalagi kalo mau buka kamera, duhhhh.. pake muncul message “Camera is failed” :-(. Nah.. setelah baca PC Plus ini langsung deh saya praktekkan 3 tips diatas, dan alhamdulillah sekarang sudah kembali normal (tidak lemot). Buka kamera juga langsung oke.

Jadiii, tidak perlu langsung panik jika smartphone Android kita jadi lambat, karena belum tentu rusak koq.. Cek-cek lagi sesuai petunjuk diatas yaa.. 🙂

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*