Bloggerhood

Ada brotherhood, ada sisterhood. Yang artinya adalah persaudaraan. Nah, saya juga punya istilah yaitu bloggerhood. Yang saya artikan sebagai persaudaraan dalam dunia blog hehehe.. Sempat ngintip-ngintip di google tadi, memang ada istilah bloggerhood; yang bisa diartikan juga sebagai nama lain dari blogsphere.

Entah sudah berapa tahun saya kenal blog, kalo tidak salah sih pertama kali bikin blog sekitar tahun 1996 lewat tripod.com yang waktu itu masih pakai bahasa HTML. Namun saya bener-bener punya blog pertama kali ya baru sekitar Juli 2006, dan  serius ngeblog disini baru pada tahun 2007 :-). Sejak mengenal blog, dunia saya jadi serasa makin luas, tidak melulu hanya ketemu teman-teman di kantor atau di rumah saja. Tapi bisa punya teman dimana-mana.

Membangun pertemanan di dunia blog ternyata tidak sulit lho.. Sama aja seperti di dunia nyata, yaitu main ke halaman rumah (blog) mereka lalu ninggalin pesan atau komentar. Setelah itu mereka akan berkunjung balik ke halaman rumah (blog) kita. Sesimpel itu. Jika blog kita menarik (baca: bermanfaat) pasti deh mereka akan sering-sering main ke blog kita, demikian pula sebaliknya. Nah, dari situlah lama-lama bisa kenal lebih dekat. Jika masih dalam satu kota mungkin sekali waktu bisa saling kopdar, namun juga berjauhan kota ya ga masalah karena masih ada fasilitas chatting dan sebagainya untuk bisa kenal lebih dekat.

Saya pribadi sih sampai saat ini tidak memiliki satu sahabat istimewa dari dunia blog. Maksudnya, saya tidak punya satu sahabat khusus yang saya kenal lewat blog. Namun, saya punya banyak sahabat yang saya kenal lewat dunia blog. Bahkan ada beberapa yang sampai saat ini justru jadi partner kerja ehhh bisnis saya 🙂 Bagi saya, teman-teman dalam dunia blog itu istimewa. Semua punya keunikan masing-masing. Masing-masing punya kekuatan tersendiri yang membuat blog mereka punya ciri khas masing-masing.

Berteman di dunia maya saja kadang terasa tidak cukup, apalagi jika berada dalam satu kota. Kalau belum kopdar rasanya belum komplit hehehe.. Kopdar yang paling berkesan buat saya adalah sekitar 2 tahun yang lalu yaitu kopdar dengan teman-teman blogger Yogyakarta. Hohohoho…mayoritas kaum pria, sodara-sodara!! But it’s OK. Buat saya, ga masalah dengan gender, yang penting kami bisa menjadi teman-sahabat yang saling memberi manfaat satu sama lain.

Kopdar ketika itu membawa saya menempati satu posisi penting di dalam komunitas hehe.. jadi Bendahara, sodara-sodara! Sayangnya saya tidak selalu bisa mengikuti kegiatan kopdar yang diselenggarakan sebulan sekali dan seminggu sekali (tiap hari Rabu). Bukan karena tidak mau, tapi karena ada suami-anak tentu saja saya tidak boleh seenaknya sendiri kemana-mana. Jadi hanya sesekali saja saya turun ng-offline alias ikutan kopdar. Untunglah saya tetap bisa mengikuti kegiatan teman-teman walau harus secara online.

Saat ini walau sudah tidak menempati jabatan tersebut, tapi persaudaraan kami tetap terjaga. Ada forum-forum yang memfasilitasi kebersamaan kami. Ketika salah satu dari kami ada masalah kemudian dishare di forum tersebut, teman-teman blogger yang lain pasti dengan sukarela siap membantu mencarikan solusi. Sebaliknya, ketika salah satu blogger mencapai prestasi tertentu kemudian direview, teman-teman blogger yang lain turut senang dan memberikan support.

DSC00876

Sebagian sahabat-sahabat itu..

DSC00874

..ada yang penulis buku lho..

272395_1590223814627_7715992_o

..dari berbagai latar belakang..

Jadi buat saya, para blogger yang sudah menjadi teman saya adalah sahabat-sahabat saya juga. Mereka ikut senang ketika kita sedang senang dan mereka ikut mencarikan jalan keluar ketika kita sedang dalam masalah.

Cerita ini diikutsertakan dalam Giveaway Ikakoentjoro’s Blog dan Lieshadie’s Blog -Indahnya Persahabatan Blogger-

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging , ,

5 comments


  1. lieshadie

    Istilah baru yang oke punya Mbak Win…brotherhood ! siipp

    Makasih Mbak Win udan ikut serta di GA kami 🙂

  2. Pingback: GA Indahnya Persahabatan Blogger [Diperpanjang] | Ika Koentjoro's Blog

  3. mbaa win kapan bikin GA?? aku mau ikutan 😀
    mba ada tips or trik ga kalau mau kejar GA yg lagi ngeblog gitu selain dari blogwalking? hihihi sapa tau ada cara praktis biar langsung tau kalau lagi ada yg GA…

    • Hai Okta… kapan aku bikin GA? Someday hehehe…
      Tunggu aja yaa..
      Kalo mau tau ada yg bikin GA cara praktisnya adalah ikut komunitas blogger 🙂

  4. Pingback: GA Indahnya Persahabatan Blogger [Closed] | Ika Koentjoro's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*