Ketua Kelas 5A

Pulang dari hari pertama masuk sekolah, Satria menceritakan 2 (dua) hal penting. Satu, nicknamenya berubah jadi “Bayu”. Dua, terpilih jadi Ketua Kelas.

Kenapa jadi “Bayu” ? Ternyata itu memang keinginan Satria sendiri. Oiya nama lengkapnya ‘kan Satria Bayu Aji, jadi ga masalah donk dia mau dipanggil apapun diantara 3 penggalan namanya. Ketika memperkenalkan diri di kelas, sengaja Satria menyebutkan bahwa nicknamenya adalah Bayu. Saya tanya,“Kenapa Bayu?”. Dia menjawab,“Yaaaa, pengin beda aja karena sejak kelas 1 ‘kan panggilanku sudah Satria.” Hehehe…

Trusss…koq bisa jadi Ketua Kelas? Karena Satria mencalonkan diri bersama beberapa temannya. Namun yang dapat suara terbanyak ternyata Satria. Ketika di kelas 2 memang pernah jadi Ketua Kelas. Lalu di kelas 3 dan 4 tidak jadi Ketua Kelas, tapi jadi pengurus juga. Waktu itu sempat dia bilang bahwa pengin jadi Ketua Kelas lagi tapi sayang tidak terpilih. Nah.. sekarang dia senang sekali karena kembali terpilih jadi Ketua Kelas. Pas sore-sore sedang membakar sampah, saya mengajak ngobrol Satria.

Saya: “Satria jadi Ketua Kelas?”
Satria: “Iya.”
Saya: “Kenapa Satria mengajukan diri jadi Ketua Kelas?”
Satria: “Karena aku ingin memperbaiki sikapku ketika jadi Ketua Kelas di kelas II dulu.”
Saya: “Emang dulu gimana?”
Satria: “Jadi Ketua Kelas tapi sering nakal.”
Saya: “Kalau sekarang?”
Satria: “Ya aku mau jadi Ketua Kelas yang baik.”

Nah… tadi pagi pas nganter Satria sekolah dan mampir di koperasi sekolah, ketemulah dengan salah satu kandidat Ketua Kelas yang tidak terpilih, namanya Alim. Kebetulan kan kemarin Satria tidak masuk, lalu terjadi percakapan sebagai berikut:

Alim: “Sat, kemarin aku lho yang nyiapin. Kamu jadi Ketua Kelas harus yang baik lho ya…jangan seperti waktu di kelas 2 dulu.”
Satria: “Iya. Makanya aku sekarang mau memperbaiki kesalahanku dulu.”

Hehe.. sedikit terharu mendengar percakapan mereka itu. Saya belum bisa mengerti mengapa Satria demikian. Ahhhh…bukan hal yang mudah juga ternyata untuk bisa mengerti anak. Insyaallah sambil jalan dan terus dekat dengan anak, saya pun akan bisa mengerti :-). Pasti ada sesuatu yang baik dibalik ini semua.

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *