Saat Flu Menyerang: What Should Do ?

Tips ini saya ambil dari majalah Women’s Health Indonesia edisi Desember 2013. Semoga bermanfaat !!

Saat flu menyerang, ini yang harus Anda lakukan agar segera sehat dan tidak membuat orang lain sakit.

1. ‘Senjata’ terbaik melawan flu adalah istirahat. Istirahat akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan gejala influenza.

2. Sebaiknya hindari bertemu orang agar mereka tidak tertular. Perlu menghadiri rapat? Coba teleconference atau Skype.

3. Siapkan ‘amunisi’ misalnya tisu yang banyak atau termometer bila perlu. Kenakan baju yang nyaman.

4. Minum teh hijau. Beberapa studi menunjukkan, minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau sehari bisa mempercepat kesembuhan. Jangan tambahkan susu, ya; ini bisa membuat lendir di hidung lebih kental -sudah pasti- lebih mengganggu.

5. Omong-omong soal minuman, minuman yang perlu Anda teguk dalam jumlah banyak -tentu saja- adalah air putih, bahkan hingga dua kali jumlah normal harian Anda. Demam yang disebabkan oleh virus bisa menyebabkan dehidrasi, yang bisa membuat sakit Anda berlarut-larut. Bila perlu konsumsi minuman berelektrolit, misalnya air kelapa.

6. Selain minuman, sebaiknya juga mengkonsumsi makanan yang bisa mendongkrak sistem imunitas tubuh. Misalnya sup ayam. Menurut studi yang diterbitkan dalam American Journal of Therapeutics, carnosine yang merupakan komponen dalam sup ayam, dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan gejala influenza. Apalagi segala nutrisi dalam sup ayam mudah diserap tubuh dibandingkan nutrisi dalam bentuk padat. Namun manfaat sup ayam akan segera berkurang saat sup sudah dicerna dalam tubuh sehingga dibutuhkan konsumsi sup ayam secara rutin untuk membuat tubuh kembali bugar.

7. Kalau perlu, konsumsilah obat bebas. Tapi bukan antibiotik, ya. Pengkonsumsian antibiotik tidak diperlukan saat flu menyerang. Sebelum konsumsi, perhatikan dulu lambangnya agar tidak salah. Bila ada lingkaran hitam mengelilingi bulatan hijau, artinya obat bebas. Obat bebas boleh dikonsumsi tanpa resep dokter. Lingkaran hitam mengelilingi bulatan biru, artinya obat bebas terbatas. Obat bebas terbatas boleh dikonsumsi tanpa resep dokter, tetapi harus dikonsumsi mengikuti aturan pakai. Sedangkan lingkaran hitam mengelilingi bulatan merah dengan huruf K berwarna hitam di dalamnya, artinya obat keras. Obat keras ini harus menggunakan resep dokter. Consume it responsibly 🙂

8. Bila flu disertai bersin, ingatlah untuk tidak bersin sembarangan. Paling baik batuk dan bersinlah ke arah bagian dalam siku. Ingat juga untuk mencuci tangan dengan air dan sabun selama minimal 20 detik sesering mungkin. Terakhir, sebisa mungkin lap permukaan yang sering disentuh bersama-sama, seperti pegangan pintu atau gagang telepon. Gunakan desinfektan antibakteri usai Anda menggunakannya.

9. Mungkin terkesan berlebihan, tapi ada baiknya pasangan Anda mengungsi tidur di sofa dulu untuk sementara waktu. Saat tidur, kemungkinan Anda menyebar kuman melalui batuk (yang tak ditutupi) dan bersin, menjadi lebih besar.

10. Bila Anda sudah berangsur pulih, boleh melakukan sedikit peregangan atau jalan santai. Mulai konsumsi makanan padat seperti ubi atau telur dadar, keduanya kaya nutrisi dan ‘bersahabat’ untuk perut. Sebaliknya, hindari yang gulanya tinggi karena bisa menghalangi sistem imunitas.

11. Kalau sudah merasa lebih baik, berolahragalah seperti biasa. Sebenarnya berolahraga di gym saat pilek tidak menjadi masalah. Namun ingat etikanya: lap alat setelah Anda gunakan. Dengarkan kata tubuh. Kalau Anda merasa tak berenergi, turunkan intensitas atau tak usah olahraga.

12. Pulang kantor, langung pulang, ya. Ajakan nongkrong happy hour bersama teman memang menggoda, tapi ingat bahwa Anda belum sehat benar.

13. Setelah pilek sembuh, masih ada kemungkinan Anda bisa terjangkit untuk beberapa hari ke depan bahkan meski tanpa gejala. Karena itu, jagalah kesehatan dan tidak memforsir tubuh. Misalnya dengan tidak lembur atau olahraga keras. Biasanya, tubuh butuh waktu 1 hingga 2 minggu untuk benar-benar pulih.

14. Bila setelah seminggu masih bersin-bersin, bisa jadi pilek Anda sudah bertransformasi menjadi infeksi sinus (pilek menyebabkan peradangan dan pembengkakan saluran nafas, ini bisa menyebabkan sinus). Langkah terbaik, berkonsultasilah dengan dokter. Hal ini juga berlaku bila gejala influenza lainnya, misalnya batuk, masih berkelanjutan meski Anda sudah melakukan tindakan penanganan. Siapa tahu ada hal serius yang butuh tindakan lebih lanjut.

 

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
tips sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*