Binatu

ironing.47182314_stdSalah satu pekerjaan rumah tangga yang saya sukai tetapi sangat menyita waktu adalah menyetrika baju. Saya sukai karena saya senang membuat baju-baju menjadi rapi, harum dan hangat. Menyita waktu karena butuh waktu lebih dari 2 jam untuk sekitar 30 potong pakaian. Nahhhh… bukankah waktu sedemikian lama itu bisa saya gunakan untuk hal-hal lain yang lebih produktif (bukan untuk tidur) ?

Mengapa tidak menggunakan jasa laundry (binatu) di luar sana? Untuk mencuci baju sih saya sanggup melakukan sendiri toh tidak butuh waktu lama, paling 30 menit sampai 1 jam selesai, kemudian dikeringkan dengan mesin cuci. Namun entah mengapa cukup lama saya gak ada keinginan untuk menyetrikakan baju di laundry-laundry itu.

Sampai pada suatu hari ada istri tetangga yang datang ke rumah dan menawarkan jasa untuk menyetrikakan pakaian-pakaian kami. Kebetulan kami sudah kenal baik dengan mbaknya ini dan juga dengan suaminya. Malahan kenal suaminya dulu sebelum kenal dengan mbaknya ini. Mbaknya ini namanya mba Anis. Masih muda tetapi anaknya sudah SMP kelas 2 dan sekarang sedang mengandung anak kedua, usia kandungannya sekitar 7 bulan.

Kebetulan mba Anis ini butuh tambahan penghasilan mengingat penghasilan dari suaminya kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak dan kebutuhan sehari-hari mereka. Mba Anis ini sangat sangat sangat patuh pada suaminya, sehingga dia berani melakukan sesuatu hanya jika suaminya sudah mengijinkan. Saya berharap dia sudah seijin suaminya dalam mengambil pekerjaan binatu alias setrika pakaian ini.

Pertama kali menyetrika pakaian kami, masih ada beberapa lipatan yang tidak rapi bahkan sangat tidak simetris. Sedikit kecewa sih hehehe.. Tapi kemudian di pertemuan kedua saya sampaikan padanya supaya lebih rapi dalam melipat. Alhamdulillah selanjutnya semakin rapi.

Alhamdulillah, sejak ada mba Anis ini penyebab stress saya berkurang satu hehehe.. Saya bisa mengerjakan hal-hal lain sementara pakaian-pakaian dibawa pulang mba Anis untuk disetrika.

Bersyukur kami bisa membantu mba Anis dengan jalan mendelegasikan tugas ini. Jelas beda rasanya ketika saya delegasikan ke mba Anis daripada saya serahkan ke laundry profesional.

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *