Akun Facebook Nyaris Dibajak

Baru kemarin ada teman yang Facebooknya dibajak entah oleh siapa. Ternyata tadi malam, kejadian yang sama hampir menimpa saya.

Jum’at malam saya masih online dengan Facebook sampai jam 11-an. Kemudian saya tidur.

Tadi pagi seperti biasa saya cek Facebook barangkali ada pesan penting yang masuk. Ternyata saya tidak bisa login. Ada pemberitahuan bahwa seseorang telah berusaha masuk ke Facebook saya. Agar saya bisa login, saya harus mengikuti step-step yang diberikan oleh admin Facebook. Alhamdulillah semua step bisa saya lalui dengan lancar. Password bisa saya ganti dengan password baru. Saya bisa login lagi.

imageSetelah itu baru deh saya cek ke GMail dan Yahoo, dimana kedua email tersebut link ke Facebook saya. Ternyata ada email dari Facebook yang isinya seseorang telah berusaha masuk ke Facebook saya. Herannya, orang tersebut menggunakan provider Telkomsel dan alamat emailnya juga tidak terlalu aneh. Kesimpulan saya, ini yang kurang kerjaan pasti orang Indonesia sendiri. Terbukti Facebook milik teman saya tadi dibajak oleh orang Indonesia.

Jadi, hati-hati ya, temen-temen, banyak orang iseng di sekitar kita. Pesan saya nih yaa…
1. Bikin security Facebook mu seaman mungkin, atau secara periodik passwordnya diganti.
2. Link kan Facebook ke email aktif, sehingga jika sewaktu-waktu ada apa-apa kita langsung tahu (biasanya Facebook kirim notifikasi ke email kita).
3. Link kan Facebook ke email aktif, sehingga ketika lupa password enggak terlalu pusing karena me-recover-nya akan lebih mudah.

Semoga bermanfaat!!

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging

1 comment


  1. klo saya sih setiap mau login facebook harus verifikasi menggunakan sms, sehingga setiap ada aktivitas login harus seizin gw melalui kode yang di kirim melalui sms ke no hp gw.
    dan cara ini sangat aman hingga 4 tahun saya pakai fb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *