30 Hari Jago Jualan

imageIni adalah salah satu buku referensi bisnis saya. Baik bisnis jaringan Oriflame maupun bisnis katering. Namanya bisnis itu tidak akan pernah lepas dari jualan. Bisa jualan produk bisa jualan jasa. Fokus saya saat ini adalah jualan produk. Produk kosmetik dan produk makanan.

Sebenarnya untuk bisa jualan dengan baik itu bisa karena terbiasa jualan. Maksudnya, jam terbang yang tinggi. Semakin sering melakukan penjualan, kita akan semakin paham dengan karakter pembeli, semakin paham tentang product knowledge juga, semakin lancar menyampaikan apa manfaat produk serta bagaimana menggunakannya, dan sebagainya.

Duluuuu banget saya merasa dan selalu bilang bahwa saya tidak bisa menjual, saya tidak bisa jualan. Tapi sejak nyemplung di dunia bisnis jaringan saya menjadi makin cinta dengan jualan hehhee.. I love selling and sharing 🙂

Nahhh.. karena jam terbang saya belum banyak, saya tetep harus belajar dari berbagai sumber gimana cara menjual yang baik, bagaimana teknik closing penjualan, dan lain-lain. Menurut saya, buku 30 Hari Jago Jualan yang ditulis oleh Dewa Eka Prayoga ini sangat membantu. Penyampaiannya sangat praktis, gak melulu teori, jadi lebih mudah dipahami. Yang penting, sambil baca buku ini idealnya sambil dipraktekkan.

Tertulis dengan jelas di buku ini bahwa banyak perusahaan bangkrut bukan karena SDMnya kurang, operasionalnya bermasalah, atau pengaturan keuangannya kacau, namun sebagian besar karena tidak mau dan tidak bisa JUALAN. Iya bener banget. Di bisnis jaringan Oriflame saya jika tidak ada omzet, mau dibayar pakai apa komisi (baca: bonus bulanan) kami? Di bisnis katering saya, kalo tidak ada omzet, gimana ada cash flow? Intinya, no selling, dying!

Sejak mengenal dunia bisnis saya percaya bahwa satu-satunya cara tercepat dan terampuh untuk memiliki banyak uang dalam waktu singkat dengan cara halal adalah dengan JUALAN.

Menurut Dewa Eka Prayoga, ada 3 kunci sukses jualan yaitu:
1. Penjualnya: Tipe penjual seperti apakah kita?
2. Penawarannya: Gimana cara membuat penawaran yang menarik banyak pelanggan?
3. Pembelinya: Kenali tipe-tipe pembeli dan gimana cara menghadapi masing-masing tipe?

Trusss… di buku 30 Hari Jago Jualan ini Dewa Eka Prayoga berbagi 30 teknik jualan laris. Untuk lebih lengkapnya Anda baca aja bukunya yaa.. Saya hanya akan tuliskan apa saja sih 30 teknik tersebut, yaitu sebagai berikut:
1. Pertanyaan pilihan
2. Ya ya ya
3. Kelangkaan
4. Now or never
5. Harga coret
6. Otoritas
7. Tanya balik
8. Machine gun
9. Surprise
10. ABC
11. Ubah kata
12. Perbandingan
13. Cross selling
14. Tukar tempat
15. Cek stok
16. Pengandaian
17. Pura-pura bego
18. Gali alasan
19. Ikut-ikutan
20. Tonjolkan manfaat
21. 123
22. Before after now
23. Mengunci jawaban
24. Secarik kertas
25. Promo kreatif
26. Joke
27. Ajakan
28. Rahasia
29. Follow up
30. Testimoni

Tentu saja tidak semua teknik diterapkan pada semua pembeli. Kalo bisa, dicoba dipraktekkan one day one technique. Lama-lama kita akan mendapatkan teknik yang pas. Latih terus menerus, temukan polanya, rasakan dampaknya.

Dannnnn jangan takut ditolak yaa.. Seorang jago jualan tidak lahir dari banyaknya buku yang dibaca, namun lahir dari berbagai penolakan hingga akhirnya berhasil closing.

Semoga bermanfaat!!

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
buku bagus , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *