Mental Miskin

Berikut ini saya copas dari sebuah status di Facebook.

H: “Mas, apakah bisa bantu saya dapat pekerjaan?”
T: “Oke, apa pekerjaan yang diinginkan?”
H: “Apa saja deh mas, yang penting kerja.”
T: “Ok, mungkin saya bisa minta kolega saya untuk kamu jadi sales disana.”
H: “Kalau bisa jangan yang suruh jualan deh mas, saya ga terlalu suka jualan.”
T: “Oh gitu yah, oke…oke bentar yah, saya coba telp teman saya di Jakarta”.
Setelah menghubungi teman saya, sayapun memberitahu yang bersangkutan.
T: “Ok, H…kata teman saya dia sedang butuh admin untuk input penjualan.”
H: “Waduh pak, saya ga bisa komputer.”
T: “Ok, mengapa ga bisnis saja?”
H: “Wah, itu butuh modal pak, saya ga punya modal.”
T: ” Oke, kalau misalnya saya ada teman yang bisa membantumu bisnis dengan modal kecil atau tanpa modal?”
H: “Itu pasti MLM multi level yah? Kalau yang kayak gituan nggak deh pak, gak suka MLM saya pak.”
He..he…Saya belum selesai menjelaskan namun rasanya mendadak kehilangan kesabaran untuk membantu orang ini.
Banyak orang susah bukan karena ga ada KESEMPATAN, namun masalahnya ada pada SIKAPNYA 🙁 .
Teringat pesannya Jack Ma sang pendiri Alibaba, di dunia ini orang yang paling sulit dilayani adalah orang BERMENTAL MISKIN.
Dikasih gratis, “Saya mau diperalat apa nih?”,
dikasih murah, “Ini pasti barang jelek”,
dikasih yang bagus, “Ini pasti mahal”,
dikasih yang modern, “Saya ga berpengalaman”,
dikasih yang mudah, “Ah itu tradisional”
Hilangkan mental miskin, apapun harus dipelajari, dicoba, & dijalankan…:)

Nah… pernahkah Anda menghadapi pencari kerja yang demikian? Atau itu justru Anda sendiri? Buat saya, itu menyedihkan, saudara-saudara!

Jika masih dalam posisi mencari kerja, artinya Anda masih mencari uang, bukan uang yang mencari Anda. Jadi, saran saya, jangan belagu deh,…jangan sok-sok-an dehhh.. Selama pekerjaan yang ditawarkan itu halal, ambil aja dulu, jawab aja “OK”. Anda masih butuh belajar lebih banyak sampai uang yang mencari Anda. Anda akan mendapatkan banyak pelajaran dari pekerjaan yang Anda terima lalu Anda kerjakan dengan penuh tanggung jawab. Percaya dehhhh… one day, uang yang akan mencari Anda.

Tapi, kalo Anda sok-sok-an, mungkin mentang-mentang Anda lulusan sarjana atau dari program pendidikan tertentu sehingga Anda berusaha pasang tarif dan pasang status, please dehhh…

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*