Telegram

Saya tahu ada aplikasi Telegram sudah lama, tapi tidak pernah mencari tahu detilnya. Hehehe.. biasaaaa… merasa nyaman dengan yang sudah ada yaitu FB, BBM dan WA. Tapi per 21 Juni 2016 kemarin, akhirnya saya install Telegram juga. Gara-garanya dikasih tahu teman bahwa akan ada seminar keren via Telegram.

Karena sehari-hari saya berada di depan laptop, pasti donk yang pertama saya cari adalah Telegram for PC. Alhamdulillah ada, langsung install dan successful. Setelah itu baru deh saya install di smartphone saya. Trus saya coba join beberapa grup dan channel, antara lain: Jago Jualan, Kembali ke Titik Nol, Arif RH Free Program, Facebook Marketing Enthusiast.

telegram_logoDari hari ke hari, sambil menyimak beberapa grup dan channel di Telegram, saya jadi makin suka dengan aplikasi yang satu ini. Telegram is a cloud-based mobile and desktop messaging app with a focus on security and speed. Dia memiliki banyak keunggulan dibandingkan aplikasi messenger yang saya pakai selama ini. Apa saja sih keunggulan Telegram?

1. Private and Secure: Telegram juga menyediakan fitur secret chat atau obrolan rahasia, dengan secret chat semua koneksi dan percakapan akan dienkripsi sehingga tidak bisa dimata-matai oleh hacker, metode enkripsinya adalah end to end sehingga tidak ada ruang yang kosong dari enkripsi. Bahasanya teknis banget saya ga bisa menjelaskan hehehe… silakan tanya kepada ahlinya yaa.. (kalo mau tahu lebih lanjut).

2. Cloud-Based: Telegram dapat diakses dari berbagai perangkat secara bersamaan. Telegram merupakan aplikasi messenger berbasis cloud mempunyai proses sinkronisasi yang mulus. Apabila pengguna sedang menggunakan komputer atau laptop, aplikasi Telegram pada telepon genggam tak perlu aktif sehingga lebih menghemat baterai. Tak perlu khawatir Telegram mengambil ruangan penyimpanan di smartphone. Dengan basis cloud dan pilihan manajemen cache, Telegram dapat mengambil hampir nol ruang pada smartphone.

3. Fast: Mengirim pesan via Telegram lebih cepat.

4. Open: Kode sumber program dari Telegram sifatnya terbuka sehingga siapa saja boleh memodifikasi dan mengembangkan Telegram menjadi bentuk aplikasi yang baru, serta boleh mendistribusikan ulang dengan syarat tidak boleh komersil.

5. Free: Telegram adalah aplikasi gratis dan akan terus gratis, tidak akan pernah ada iklan atau biaya lain untuk selamanya.

6. Powerful: Telegram has no limits on the size of your media and chats.

7. Fitur Channel pada Telegram. Proses broadcasting (berbagi informasi) dilakukan dengan benar menggunakan Channel. Channel dapat menampung jumlah anggota tak terbatas.

8. Telegram Group (Super Group) bisa menampung hingga 5000 member.

9. Lebih interaktif. Telegram membuat grup chat lebih hidup dengan fitur Reply, Mentions, Hashtags, dan Forwards. Tak hanya itu, pengguna Telegram juga bisa membuat stiker sendiri.

10. File upload Telegram bisa dishare. File yang pernah anda kirimkan akan tersimpan di server cloud, dan anda bisa men-share ke kontak anda tanpa harus mengupload ulang, sehingga lebih efisien dalam menghemat data (kuota) internet.

11. Telegram bisa mengirim file dengan ukuran besar hingga 1,5 GB.

Sedangkan kekurangan Telegram saat ini adalah:

1. Telegram tidak tersedia voice call (telepon) karena fitur itu bukan fokus tujuan (bukan misi) dari Telegram.

2. Telegram belum populer karena pasar masih banyak mengenal Whatsapp, namun lambat laun Telegram sudah mulai menggeser Whatsapp, dilihat dari traffic download yang semakin lama semakin banyak.

Semoga bermanfaat !!

Oiyaaa.. kalo mau menambahkan saya di Contact Telegram Anda, silakan add saya: @pratiwanggini

Referensi:
– https://telegram.org/
– Google: keunggulan Telegram (berbagai sumber)

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging , ,

2 comments


  1. Oh, aplikasi tekegram kirain masih baru mbak. Ini belum pasang sih, soalnya hape yang dipake sekarang udah menuju mau jebol…hehehe…nunggu budget dulu buat lembiru hape yang lama, baru ntar nyoba kekinian pake aplikasi telegram >,<

  2. Aku belum pake telegram, ga cukup juga memori hape, kayaknya harus hapus2 yang lain dulu deh kalo mau instal telegram inih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*