Mentoring Bisnis (1)

Selama seminggu, 24-30 Juni 2016, saya ambil privat pendampingan bisnis saya. Mentornya keren, materinya kece, pelaksanaannya terstruktur banget. Pendampingan dilakukan melalui WA saja. Setiap hari ada tugas dan PR yang wajib dikerjakan. Jadi bener-bener dibimbing step by step. Kebetulan saya tipe tutorial, jadi pas banget buat saya. Alhamdulillah tidak sia-sia keluar biaya untuk belajar privat. Alhasil, omzet personal group naik 59% dibanding bulan sebelumnya. Berikut ini adalah sharing saya di komunitas ibu-ibu doyan bisnis, tepatnya di grup Reparasi Bisnis. Semoga bermanfaat yaa..

3-mei-2.Masalah-dengan-Mentor-Bisnis-3-Jurus-Ini-Akan-Menyelesaikannya-1-500x300Perkenalkan nama saya Wiwin Pratiwanggini, tinggal di Yogyakarta, ibu RT sekaligus working mom. Saya sebenarnya masih kerja pada orang lain, yaitu sejak 2009 di Yogyakarta Independent School (sebuah sekolah internasional di Jogja) & sebagai sekretaris dari seorang expatriate Belanda sejak 1997. Trusss.. di luar sebagai karyawan, saya merintis bisnis jaringan di Oriflame. Alhamdulillah Gold Director dan salah satu Top 15 Leaders di Oriflame Yogyakarta. Merintis bisnis yang pas dengan kondisi saya (waktu fleksibel, saya suka online, saya suka menulis, mobilitas saya rendah coz saya punya cacat fisik pada kaki kiri). Merintis bisnis karena butuh penghasilan tambahan alias gaji kedua dan juga sebagai bekal jika nanti saya tidak bekerja lagi. 🙂

Nahhh.. kenapa koq bisa masuk disini?  Ceritanyaaa begini.. Sekitar beberapa bulan terakhir ini saya merasa stagnan. Ga punya ide inovasi apapun. Boring gitu-gitu terus. Padahal punya target naik level dan minimal punya bonus Rp 25 juta dari Oriflame #aamiin.. Belajar mandiri dan hanya mengamati cara leader bekerja, rasanya masih kurang. Saya butuh mentor. Butuh ada yang bener-bener mengarahkan saya mulai dari nol. Alhamdulillah join komunitas bisnis dimana disitu ada mentornya dan punya berbagai macam bentuk training bisnis.

Beberapa hari saya nimbang-nimbang musti ambil training apa, toh yang saya butuhkan saat ini masih sebatas itu tadi. Lalu saya sedikit tanya-tanya tentang TOD dan RB. Finally saya memutuskan ambil TOD aja dulu.. TOD Sukses di Bisnis MLM (maaf kalo salah nyebut nama trainingnya). Mumpung ada diskon. Teteeeeppp.. cari diskonan hehehhee.. Sengaja saya memulai TOD di hari Jum’at, entah kenapa koq saya milih hari itu padahal beberapa hari sebelumnya udah diingatkan terus 😀

Pertama kali disapa teh Indari pagi-pagi sekitar jam 6 tanpa basa-basi hehehe.. langsung dikasih materi. Sempat mikir waduhhh what should I do nih… Sebelumnya sama sekali saya ga pernah sharing dengan ibu-ibu lain yang pernah privat dengan teh Indari. Akhirnya saya mulai paham bahwa ini harus langsung praktek dan diskusi, plus selalu kasih progress report. Setiap tugas saya kerjakan semaksimal mungkin walo kadang di sela-sela kerja. Beberapa PR saya kerjakan di waktu malam. Bener-bener mengurangi jam tidur.

Alhamdulillah lancar dan banyak kemajuan meskipun belum 100% saya praktekkan. Tapi saya janji sama diri sendiri bahwa abis TOD ini semua ilmu harus saya praktekkan 100%. No excuse.

Seminggu ini adalah masa-masa penentuan hasil kerja selama bulan Juni. Yesss.. masa-masa tupo kalo kata orang hehe.. Alhamdulillah saya bersyukur banget ada kenaikan omzet 50% dibanding bulan lalu, hari ini pun pasti masih bertambah lagi karena baru akan berakhir nanti jam 19:00.

Setiap ada progress apapun, saya selalu laporan ke teh Indari. Demikian juga pagi tadi. Sehingga saya diminta sharing disini 🙂

Trusss.. apa yang membuat progress luar biasa tsb? Pertumbuhan 50% itu bagi saya sangat luar biasa karena biasanya stagnan, bikin meringis hehehe.. Saya rasa banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain:

1. Berkah bulan Ramadhan & menambah ibadah. Semua pasti karena campur tangan-NYA.

2. Mengurangi jam tidur. Saya siang hari full kerja 9-5, ga pernah ada waktu tidur siang.

3. Menambah jam kerja di malam hari. Karena tidak mungkin saya kerjakan sambil ngantor, jadi mau tidak mau banyak PR yang saya kerjakan di malam hari, karena butuh fokus.

4. Memanage waktu dengan lebih baik. Saya merasa ada perubahan ritme kerja saya, kemarin-kemarin to-do-list masih banyak kacaunya, sekarang lebih baik.

5. Lebih fokus. Iyaaa.. karena sejak ikut TOD menjadi lebih well-organized, step-stepnya jelas.

6. Menambah belajar dari mana-mana. Saya selalu haus dan lapar ilmu, jadi dimana ada ilmu yang sesuai dengan kebutuhan saya, pasti saya kejar.

7. Menjaga energi positif yang ternyata menular ke jaringan bisnis. Semua ilmu yang saya dapatkan selalu segera saya share ke jaringan bisnis saya, setiap ada pencapaian saya pasti share ke mereka berikut cara mencapainya, setiap mereka ada masalah saya selalu siap memberikan solusinya.

8. Memperkuat tim inti (coreteam). Alhamdulillah saya punya beberapa coreteam, pastinya mereka yang mau bekerjasama dengan saya, mereka yang mau langsung mengerjakan seperti apa yang saya lakukan (duplikasi). Perkuat mereka dengan ilmu (training dll), dengan asupan nutrisi setiap hari (togetherness, spirit & passion), dengan menambah tim-tim baru.

Semua faktor diatas membuat saya semakin percaya diri dalam membangun jaringan bisnis Oriflame saya. Dan saya punya keyakinan bahwa saya bisa berhasil di bisnis ini, demikian juga coreteam saya. Dengan demikian alam merespon baik (kata law of attraction) sehingga hasil positif pula yang saya dapatkan. 

Menjelang berakhirnya TOD ini saya sempat bilang ke suami saya, minta restu: “Yah, sepertinya aku sudah menemukan jalanku untuk Oriflame. Ijinkan aku fokus 1000% di Oriflame ya.. Doakan dan ingatkan aku untuk selalu konsisten. Aku yakin 2017 kita bisa jadi Diamond.”

Demikian sharing saya siang ini… makasih atas semuanyaaaa.. Semoga bermanfaat. Semangat pagi!!

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
tips bisnis , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*