Berbisnis Itu Butuh Ilmu

Saya punya komunitas belajar yang berisi teman-teman dari berbagai macam latar belakang bisnis. Saya kumpulkan di Whatsapp group, tapi saya juga sudah merintis bikin komunitas di Telegram Group. Hari ini saya sharing di grup tersebut mengingat masih banyak anggota baru yang mulai belajar.

Dear all.. sharing dikit boleh yaa..

Disini anggotanya para pelaku bisnis yang bervariasi lho sekarang.. Ada dari MLM Oriflame, ada dari pebisnis online (saya belum nanya produknya hehehe), ada yang bisnis frame, ada yang bisnis batik, dll..

Bisnis apapun, menurut saya butuh ilmu, kalo mau berkembang..

Saya sempet galau di tahun 2015 kemarin karena merasa bisnisku koq stagnan, gini-gini aja, bingung mau melakukan sesuatu karena keterbatasan ilmu. Sampai kemudian iseng aja ikutan trainingnya Indscript gara-gara baca status temen. Pertama kali saya ambil training FB Personal Jadi Nominal. Lalu saya cobain yang lain-lain juga. Sekedar pengin tahu aja sih dulu. Ternyata kesini-kesininya saya sadar bahwa saya memang butuh ilmu. Satu hal lagi yang saya sadari bahwa saya tipe orang yang bisa ilang fokus kalo ga ada mentor hehehee..

Saat ini pun saya ambil training yang tujuannya naikin omzet 30% dalam waktu 30 hari. Investasinya tidak sedikit, tugas-tugasnya banyak setiap hari, insyaallah hasilnya bisa nutup investasi yang dikeluarkan. Karena selama ini ilmu bisnis yang saya dapatkan sepotong-sepotong, begitu ambil training ini saya merasa dapat sesuatu yang luar biasa karena dapat ilmu bisnis yang seutuhnya, mulai dari set target, kemudian step-step apa yang akan dilakukan dst… Masih belum tuntas karena belum 30 hari saya ikuti.. masih on the way..

Kesimpulannya.. saya ga bisa kasih apa-apa ke temen-temen dan juga ke jaringan bisnis saya. Saya hanya bisa kasih jalan menuju sukses, salah satunya dengan belajar dan berilmu. Sedangkan keputusan dan action ada di tangan masing-masing.

Demikian sekilas sharing dari saya 🙂

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging, tips bisnis ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*