Domain Authority & Page Authority

Sudah lama saya ga mempelajari lagi hal-hal baru seputar blogging, terutama tentang SEO. Tapi karena dapat job content placement dan lanjut join Blogger Perempuan Network, saya jadi dapat ilmu baru. Kalo waktu dulu yang menjadi acuan sebuah blog itu kece adalah Page Rank (PR) nya, sekarang bukan itu lagi. Sekarang yang menjadi acuan adalah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA).

Domain Authority atau Otoritas Domain adalah acuan untuk melihat ukuran kekuatan dari sebuah nama domain. Jika Anda menggunakan blog misalnya Blogspot atau Wordpres maka DA-nya adalah Blogspot.com atau WordPress.com.

Ada tiga hal utama yang menjadi acuan untuk menyimpulkan nilai DA, yakni usia, popularitas dan ukuran domain (jumlah postingan). Dengan memiliki tiga faktor tersebut, situs Anda akan mudah mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Ini dikarenakan, mesin pencari seperti Google ingin memberikan pengguna dengan hasil website yang bisa dipercaya. Itu artinya, sebagai blogger pemula, konsistensi harus dipelihara dan memang ini bukan pekerjaan mudah.

Cara untuk meningkatkan DA:
1. Usia domain menjadi penentu pertama, itu artinya Anda harus sudah punya domain jauh lebih lama.
2. Carilah sebanyak-banyak backlink berkualitas dan jangan melakukan spam (meningkatkan popularitas).
3. Semakin banyak postingan yang dimiliki dan bermanfaat buat pembaca, itu artinya semakin banyak pula link yang diciptakan, dan Google sangat menyukai situs yang demikian.

Page Authority atau Otoritas Halaman adalah penggambaran untuk ranking sebuah situs atau blog dilihat dari page atau halamannya. PA juga merupakan istilah SEO yang peranannya jauh lebih penting dari DA. Karena PA tidak terlepas dari keunggulan menggunakan teknik SEO masing-masing pemilik situs atau blog.

Penilaian sebuah PA sama dengan DA yakni menggunakan skala 1 sampai 100 dengan nilai tertinggi adalah 100. Sebuah situs atau blog dengan nilai PA tinggi memiliki peluang lebih besar untuk muncul sebagai pemenang di mesin pencari.

Cara untuk meningkatkan PA:
1. Konten berisi informasi baru dan menarik, situs atau blog yang sering diperbarui, kata kunci yang rinci, relevan dan bermanfaat, serta berkualitas dan menyenangkan untuk dibaca.
2. Jika situs berisi informasi yang besar dan asli, dengan sendirinya halaman Anda akan menarik banyak peselancar dunia maya berkunjung. Sehingga kemungkinan besar untuk mendapatkan link balik akan datang.
3. Usahakan setiap membuat postingan, ada dua atau tiga link yang dibuat untuk postingan lain di blog Anda. Sehingga pengunjung blog akan betah.
4. Lengkapi postingan dengan video atau gambar.

Trussss… penasaran donkkk.. pengin ngecek DA dan PA blog saya ini. Saya coba cek lewat tools ini: http://moz.com/researchtools/ose/. Hasilnya sebagai berikut:

screenshot-2016-10-22-05-35-16Yukkk temen-temen, dipelihara ya blognya.. Siapa tahu lhooo bisa menjadi sumber penghasilan hehehee…

 

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
tips blog ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *