Kuwujudkan Impian dalam Keterbatasan

screenshot-2016-10-18-10-41-52Tanggal 7 Oktober 2016 saya dicolek teh Indari untuk sharing. Gileee… sharing di depan puluhan ribu member Ibu-Ibu Doyan Bisnis. Waaa… ga bisa main-main nih. Harus sesuatu yang menginspirasi mereka. Mengingat di dalam grup tersebut membernya berasal dari berbagai macam latar belakang, maka saya minta dikasih advice sharing tentang apa. Akhirnya diputuskan untuk sharing tentang bagaimana membangun bisnis dengan mobilitas yang rendah.

Dannnn… tanggal 17 Oktober 2016 malam kemarin waktunya saya berbagi cerita. Karena sharingnya di dalam FB Grup, suatu hari nanti akan hilang ditelan waktu, maka saya arsipkan aja disini. Sekalian bisa dibaca oleh teman-teman yang sedang mampir kesini :-). Semoga bermanfaat yaa..

Apa sih yang luar biasa dari saya sehingga saya dikasih kesempatan untuk sharing? Rasanya gak ada sih kalo dilihat kasat mata yaaa… Latar belakang saya adalah ibu bekerja sekaligus ibu rumah tangga. Iyaaa.. tiap hari keluar rumah, ngantor jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Setelah bekerja selama sekitar 10 tahun plussss punya suami dan anak, saya mulai galau. Masa’ sihhhhh seumur-umur mau hidup dari gaji ajahhh.. padahal kerja dengan boss toh gak mungkin selamanya, suatu hari nanti pasti akan stop dan ga ada uang pensiun..hikss.., padahal masih banyak impian-impian yang pengin saya wujudkan.. Galaulah saya.. apalagi ketemu dengan banyak teman baru (waktu itu masih ramai milist) yang pada punya bisnis.

Kegalauan saya makin menjadi, mengingat saya ga punya keahlian bikin sesuatu. Selama jadi karyawan, hidupnya gitu-gitu aja, ga pernah berusaha menggali potensi diri. Ditambah lagi, secara fisik saya memiliki kekurangan sehingga mengakibatkan rendahnya mobilitas saya, gak semudah teman-teman lain yang bisa kesana kemari. Pelarian saya cuma nulis. Iyaaa nulis di blog gratisan, itu pun sekedar nulis, nulis suka-suka saya 😀

Suatu hari ada yang nawarin bisnis online. Ga mudheng waktu itu bisnis online apa’an. Disuruh baca websitenya, iyaaaa baca sih baca… tapi yaaaa tetep gak mudheng hahaha.. Setelah sebulan baru deh saya mau bergabung, tetep masih dalam kondisi belum paham kudu ngapain hehehe..

Begitu bergabung di bisnis online tersebut, disodorinlah saya ebook. Ebook training. Belajar mandiri. Belajar sendiri. Saya lahaplah isi ebook tersebut, apalagi saya memang tipe suka membaca. Satu per satu saya praktekkan. Sambil praktek saya catat, saya bikin ringkasannya.

Dari situ makin meleklah saya dengan dunia online. Dunia bisnis online. Lalu saya nambah ilmu lewat milis-milis bisnis online, juga gabung komunitas bisnis online. Satu per satu ilmunya saya praktekkan.

Ternyata kesukaan saya nulis suka-suka di blog gratisan itu tidak sia-sia. Supaya kelihatan profesional, saya belilah domain name plussss sewa webhosting. Gak tanggung-tanggung, langsung dua, dot com dan dot net. Dot com fokus ke bisnis online. Dot net untuk nulis suka-suka. Jadi makin paham bahwa blog bisa dipake untuk bisnis dannnn bener-bener menghasilkan. Saya bisa punya partner-partner bisnis kece yang menjadi tim inti saya, datangnya dari blog. Dapat orderan-orderan juga dari blog. Baru-baru ini ada yang nitip artikel di blog saya, cuma ditebengin doank, tapiiii saya dibayar.. 🙂

Awalnya berangkat dari blog. Makin kesini muncullah Facebook, social media yang fenomenal. Buanyaakkkk bener pengguna Facebook. Ga usah ngomongin user seluruh dunia, yang di Indonesia aja ada juta-jutaan. Artinya apa? Peluang! Bersyukur banget saya dapat ilmu mengenai manfaat Facebook untuk bisnis. Jadi makin paham bahwa dengan social media, khususnya Facebook, kita bisa menjalankan bisnis, kita bisa mendulang uang. Saya juga banyak mendapatkan partner-partner bisnis dan konsumen lewat socmed Facebook ini.

Makin kesini lagi.. handphone-handphone sekarang makin canggih-canggih. Dari jaman HP belum dibilang smartphone pun saya sudah memaksimalkan gimana caranya gunain hape tersebut untuk bisa online 😀.. Alhamdulillah.. akhirnya bisa juga punya smartphone yang bisa diinstall aplikasi socmed aneka macam (Facebook, Twitter, Instagram, dll), juga bisa diinstall aplikasi blogging (WordPress, Blogspot). Serasa bisnis berada dalam genggaman 😉

Syukur alhamdulillah banget.. sudah ketemu jalan saya. Ga galau lagi berbisnis meski dengan segala keterbatasan yang saya miliki. Bisnis online adalah jalan hidup saya. Bisnis apapun yang saya miliki saya onlinekan, baik lewat blog maupun lewat socmed-socmed.

Begitu banyak impian-impian saya yang sudah terwujud berkat bisnis online. Pede ajahhh saya eksis dimana-mana. Pede ajahhh diundang kemana-mana untuk sharing tentang bisnis sayahhhh..

Last but not least.. buat temen-temen disini yang belum punya bisnis, masih galau mau bisnis apa, padahal ga boleh keluar rumah, ga boleh ninggalin anak-anak.. tapiiii punya handphone, bahkan mungkin juga punya laptop, manfaatkan dehhhh untuk bisnis online. Jangan sampai jadi perempuan macam katak dalam tempurung. Dalam segala keterbatasan, kita bisa menjadi luar biasa, asalkan mau berusaha.

Terimakasihhhhhh… salam sayang dari Jogja.

Love,
Wiwin Pratiwanggini

keterbatasan

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *