Antisipasi Kehilangan Data

Akhir tahun dan awal tahun adalah saat-saat dimana laptop saya harus bekerja keras. Akhir tahun adalah saat-saat mengejar deadline tutup tahun. Awal tahun adalah saat-saat mempersiapkan budget 1-5 tahun ke depan plussss bikin laporan pajak. Otomatis begitu banyak file yang harus saya kelola.

Terkadang gemes ketika sudah ditungguin oleh big boss, ehhhhh… si laptop lama amir loading file-file 😀 . Mau marah, marah sama siapa, lha wong laptop ga bisa diajak bicara atau bercanda 😀 . Yaaa.. sambil ditungguin oleh big boss saya hanya bisa berdoa, ayolahh buruan terbuka file-fileku sayang…

Saya gak tahu apakah memang file-filenya yang gede-gede, secara hampir semua data saya adalah olahan angka. Angka Rupiah dan angka US Dollar. Gak nyombongggg… tapi memang demikian karena saya bekerja untuk sekolah internasional di Yogyakarta. Ataukah karena laptop saya yang sudah uzur? Rasanya enggak juga karena belinya juga belum ada 5 tahun. Ataukah karena kapasitasnya besar sehingga muat banyak file tapi kemudian malah jadi berat? Ataukah karena saya suka multitasking di laptop baik online maupun offline? Hmmm… entahlahhh.. tapi mungkin bisa jadi juga demikian yaa.. 🙂

Nahhh… masalah yang ada di diri saya adalah saya sering tidak peduli untuk membuat backup data. Pernah nangis-nangis ketika laptop saya sama sekali ga bisa dipakai karena harddisknya tiba-tiba rusak. Iya nangis-nangis karena semua data dan informasi pekerjaan saya ada di dalamnya situ. Mau tak mau lapor donk ke big boss.. hihihi.. dalam rangka bilang bahwa data-data ilang semua plussss ngajuin dana untuk beli harddisk baru 😀 . Tapi alhamdulillah-nya, berkah adik saya yang jago ngoprek hardware, data-data saya terselamatkan semua meskipun ketika itu iya butuh waktu beberapa hari. Gak ada satu pun data yang hilang. Tapi memang, saya tetap harus ganti hard disk baru untuk dipasang di laptop. Alhamdulillah dana turun donk dari big boss. Big boss ‘kan akan merasa kacau juga kalo ga ngebeliin saya hard disk baru, karena tumpuan dan harapannya ada di laptop saya.. hehehe..

Dari kasus yang ini, langsung deh big boss minta saya supaya masukin semua data dari laptop saya ke server milik kantor. Kebetulan kantor saya yang satunya (konsultan perencanaan), punya server sendiri. Jadi, setelah dicopy ke server tersebut, harapannya ada backup data dan dijamin aman. Untungnya enggak ribet nyari file-file yang mau dibackup, karena di laptop saya harddisk dipartisi menjadi 3 bagian. Satu bagian saya gunakan untuk urusan internal dengan si laptop ini. Satu bagian saya gunakan untuk urusan bisnis hehehehe.. Dan satu bagian saya gunakan untuk urusan pekerjaan dari big boss, saya kelompok-kelompokkan lagi berdasarkan tempat kerja (sekolah internasional dan konsultan perencanaan).

Nahhhh… kasus yang kedua yaaaa baru-baru ini terjadi. Urusan data-data milik sekolah internasional. Tugas terbaru untuk saya kemarin adalah membuat budget untuk 5 tahun ke depan. Selalu donkkkk.. big boss nungguin saya. Selain karena kami butuh diskusi, saya juga butuh pendampingan karena ada beberapa hal yang saya belum mengerti banget apa yang diinginkan. Alhamdulillah lancar. Hanya lagi-lagi masalahnya adalah pas buka file, lahhhh.. loadingnya lama. Boss sampai nanya, “Apakah anda buka banyak file?” Saya hanya bisa tersenyum, karena saya tidak tahu masalah yang sebenarnya.. hehehe..

external-driveAlhasil menjelang finishing pekerjaan, big boss minta saya untuk membackup semua data pekerjaan sekolah, tanpa kecuali. Karena beliau ga ingin ada kejadian yang tak diinginkan, misalnya mendadak hard disk saya rusak, atau laptop hilang, atau file corrupted, dan sebagainya.

Sebenarnya dulu-dulu, waktu masih pakai laptop lama, saya ini rajin banget membackup data ke hard disk external. Tapi sejak ganti laptop baru, yaaaa.. gitu dehh.. jadi males 😀 . Tapiii.. demi keamanan data yang mana itu berhubungan dengan hajat hidup orang banyak plusss agar supaya tidak menyusahkan saya di kemudian hari, maka saya putuskan untuk wajib memback up data. Nahhh.. mulai kemarin, secara periodik data-data saya back up, syukur-syukur insyaallah bisa setiap hari menjelang pulang kerja 🙂 .

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging ,

1 comment


  1. Backup data harus selalu di inget2
    kalau lupa dan hilang kan tidak lucu .
    Nice post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*