Emak-Emak Jago Jualan

Masih pada ingat dengan buku Emak-Emak Jago Jualan yang dibuka pre-ordernya di bulan Desember 2016 kemarin? Alhamdulillah laku keras lho buku ini, saya aja berhasil menjual hingga hampir 50 eksemplar 🙂 . Pembelinya ya otomatis sebagian besar adalah kaum ibu. Kenapa? Karena buku ini memang dibuat untuk membantu ibu-ibu dalam meningkatkan penjualan dan penghasilan lebih banyak lagi dari sebelumnya.

EEJJCBuku ini ditulis oleh Muri Handayani, diterbitkan oleh Billionaire Sinergi Korpora. Muri Handayani memiliki bisnis produksi pakaian dalam wanita muslimah bermerk RAZHA. Selain itu, dia adalah juga pendiri Sekolah Bisnis Online. Buku Emak-Emak Jago Jualan ini dicetak hard cover dengan ketebalan 280 halaman.

Tulisan di buku ini diawali dengan satu bab pembuka berjudul “Gaptek Hilang Rezeki Datang”. Bahwa intinya gaptek itu hanya soal belum tahu, lalu mencari tahu dan akhirnya jadi tahu. Jangan malu meskipun terlahir jadi sarjana namun Anda memilih berkarir dari rumah. Ilmu yang Anda dapatkan dari bangku kuliah bisa diterapkan untuk mendidik anak-anak. Berkarir dari rumah tentunya membuat Anda dekat dengan keluarga namun bisa berpenghasilan. Nah, lengkapi ilmu Anda dengan ilmu bisnis online. Susah itu hanya di ujung lidah koq, percaya deh, ketika sudah dicoba, belajar, praktek, konsisten dan komitmen, hasilnya akan berasa. Kata Muri, nampol banget rezeki dari Bisnis Online. Alhamdulillah, saya pribadi pun sudah merasakan rezeki dari bisnis online yang saya jalani 🙂

Buku Emak-Emak Jago Jualan ini terdiri dari 7 bab, yang mana setiap bab memiliki beberapa sub-bab.

Bab 1, Sebuah Pilihan. Disini Muri membahas tentang keputusannya berbisnis online dari rumah, plussss me-resign-kan suaminya, sehingga mereka bisa bersama-sama menjalankan bisnis online sambil tetap dekat dengan anak-anak. Di bab 1 ini juga dibahas beberapa kisah teman Muri yang akhirnya resign dan memilih bekerja dari rumah (baca: bisnis online). Quote bagus di bab 1 ini adalah:

Sebuah niat yang baik, jika dibarengi dengan tekad yang kuat, ketekunan, dan kerja keras, maka hasilnya pun akan sangat optimal.

Bab 2, Emak-Emak Jago Jualan. Di bab ini Muri membahas tentang kisah perjalanannya memulai bisnis hingga menjadi seperti sekarang. Ternyata, sebelumnya Muri sudah menjalankan 7 macam bisnis namun semua sukses ditutup. Di bab ini juga diceritakan kisah perjalanan sukses beberapa teman-teman Muri. Ada yang bermodal awal hanya Rp 50.000, sekarang beromzet miliaran rupiah. Ada yang karena gagal membuat brownies, malah jadi ide bisnis yang laris manis. Ada yang dompetnya tambah tebal karena berbisnis pembalut herbal.

Ada 2 quote keren di bab ini, yaitu:

Masalah itu cara Allah untuk menjadikan kita kuat.

Dan:

Kompak antara suami dan istri adalah kunci sukses.

Bab 3, Omzet Melejit di Waktu Sempit. Di bab ini yang dibahas adalah tentang manajemen waktu. Yaitu bagaimana cara mengatur waktu antara bisnis dan keluarga. Disini dibahas mulai dari: (1) Menetapkan tujuan berbisnis, yang meliputi 3 unsur: tujuan dunia, tujuan akhirat, dan manfaat bagi orang lain. (2) Menetapkan target yang terukur dan masuk akal. Disini Emak akan dibantu menetapkan target dengan mengisi kolom-kolom yang sudah disediakan. (3) Membuat skala prioritas. (4) Jangan menunda. (5) Fokus dan menuntaskan pekerjaan hingga selesai. (6) Menggunakan waktu dengan tepat dan bijak. (7) Bikin to do list harian emak-emak.

Bab 4, Cara Memilih Bisnis yang Terbukti Laris. Di bab ini beberapa hal yang dibahas antara lain: (1) Menemukan target market yang tepat, (2) Fokus pada penjualan bukan produksi, (3) Segerakan merasakan hasilnya, (4) Cara memilih supplier yang tepat, (5) Menemukan jodoh untuk setiap produk.

Penyebab paling besar dari gagalnya seorang pengusaha baru adalah membuat/menjual produk yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan pasar.

Jangan cari konsumen untuk produk Anda, tapi carilah produk untuk konsumen Anda. (Seth Godin)

Ada produk yang tepat, bertemu dengan target market yang tepat, pada saat yang tepat dan dengan cara yang tepat.

Bab 5, Strategi Jualan Laris Ala Emak-Emak. Di bab ini emak akan diajari strateginya berjualan online agar laris manis. Dan karena sekarang eranya social media, maka Muri mengajarkan emak untuk berjualan menggunakan Facebook dan Instagram. Jadi, disini emak diajari tentang optimasi Facebook dan Instagram marketing. Diajarin juga optimasi Gramblr supaya emak makin eksis di Instagram. Teknis banget dehhh pokoknya 🙂 Oiyaaa, satu lagi yaitu membangun website untuk bisnis. Kenapa website penting? Karena social media itu mempunyai masa hidup, sedangkan website itu gak akan pernah ada matinya selama kita memperpanjangnya.

Selain hal-hal teknis diatas yang fungsinya untuk menambah customer, emak juga diajari tentang teknik closing, service excellence, strategi meningkatkan penjualan, juga jurus mengalahkan kompetitor.

Bab 6, 4 Hal Penting Bikin Bisnis Tahan Banting. Memulai bisnis itu mudah, tapi mempertahankan bisnis itu jauh lebih sulit. Nah, di bab ini emak akan diajari tentang 4 hal penting agar bisnis tahan banting yaitu: (1) branding diri & branding merk, (2) membangun tim yang solid, (3) manajemen keuangan bisnis, dan (4) bergabung dengan komunitas serta membangun komunitas.

Bab 7, 7 Kesalahan yang Membuat Emak-emak Gagal Jago Jualan. Yang namanya bisnis pasti ada pasang surutnya, ada kesalahan yang sering terjadi pada kita. Nahhh.. di bab ini emak bisa mempelajari kesalahan-kesalahan tersebut. Dengan demikian emak bisa meminimalisir kesalahan, sehingga tetap bisa jago jualan.

Bab yang terakhir yaitu Pesan Untuk Emak. Penting untuk disimak ya, mak… Apalagi ini pesan dari seorang Muri Handayani yang memang sudah terbukti sukses di bisnis online.

Demikian review buku Emak-Emak Jago Jualan. Semoga bermanfaat. Kalo emak mau tahu lebih detil mengenai isinya, jangan lupa untuk beli ya, maksss… Stoknya masih banyak koq 🙂

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
buku bagus, buku bisnis , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*