Handphone atau Smartphone?

Tidak sedikit dari kita yang terkadang masih bingung untuk membedakan antara handphone dengan smartphone. Berikut ini sedikit benang merah yang bisa digunakan untuk tambahan pengetahuan.

Telepon genggam atau ponsel atau handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap (telepon rumah), namun dapat dibawa kemana saja alias portabel atau disebut juga mobile dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel alias perangkat ini menggunakan teknologi nirkabel/wireless. Dengan kata lain, handphone adalah perangkat portabel yang dapat membuat dan menerima panggilan melalui pembawa frekuensi radio sementara pengguna bergerak dalam area layanan telepon. Link frekuensi radio menetapkan koneksi ke sistem switching operator telepon seluler, yang menyediakan akses ke PSTN (Public Switched Telephone Network).

Smartphone adalah perangkat ponsel pintar atau telepon genggam atau handphone dengan sistem operasi portable canggih yang menggabungkan fitur dari sistem operasi (operating system atau OS) dengan fitur-fitur lain yang berguna untuk penggunaan mobile atau bergerak. Biasanya ini menggunakan fitur dari perangkat mobile populer lainnya, seperti asisten pribadi digital (PDA), media player, unit navigasi GPS dan kamera digital menjadi sebuah perangkat pintar. Kebanyakan smartphone dapat mengakses internet dan dapat menjalankan aplikasi pihak ketiga.

Smartphone memiliki tampilan antar muka dengan layar sentuh atau user interface touchscreen, dengan LCD, OLED, AMOLED, LED atau layar yang kaya akan resolusi warna.

Sumber: –lupa nama majalahnya–

Semoga bermanfaat 🙂

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *