WhatsAppp VS Telegram

Selama ini saya aktif sebagai user WhatsApp (WA) dan Telegram. Keduanya saya jadikan sarana chitchat, group maintenance dan tempat untuk training-training.

Karena HP Samsung Grandprime saya makin lambat dan free space nyaris habis, maka salah satu solusinya adalah saya lakukan clear data. Kali ini clear data saya berlakukan untuk semua aplikasi, karena saya ingin bener-bener free space-nya jadi maksimal. Alhamdulillah berhasil menaikkan free space dari 300-?an MB menjadi 1.3-an GB.

Namun karena saya berlakukan kepada semua aplikasi, akibatnya clear data tadi berhasil dengan sukses menghapus semua data dari WA. Gagal restore, itu jelas. Padahal masih banyak data disana yang belum saya backup :D. Gapapa.. ga perlu nangis, saya ikhlaskan saja 🙂 . Sisi positifnya saya malah bisa bersih-bersih isi WA. Ternyata banyak grup training yang saya ikuti namun semua sudah tidak aktif. Saatnya saya left group dan delete group. Banyak juga history-history chat saya dengan banyak contact namun sudah lama tidak chitchat lagi. Yesss… saatnya refresh semua chat di WA 🙂

Lalu bagaimana dengan Telegram? Alhamdulillah clear data tidak mempengaruhi Telegram. Semua data tetap bisa terakses dengan baik. Biasanya saya simpan data-data penting ke Telegram ini. Sayangnya tadi ga sempat backup data dari WA ke Telegram. Yaaa karena sudah capek dengan lemah lembutnya HP ini.

Data di Telegram tidak terhapus karena dia cloud-based, enggak nyimpan data di memory HP. Secara awam saya bilang bahwa datanya tersimpan di somewhere out there. Aman terkendali. Tanpa pake HP pun datanya tetep bisa diakses.

Jadi, saya tetap gunakan WA tapi seperlunya saja, karena masih banyak teman-teman yang menggunakan WA. Selain itu, WA masih bisa dipakai untuk list building. Hanya saja, bagi saya sepertinya ini zona nyaman yang tidak boleh melenakan. Karena ada zona yang lebih nyaman lagi, yaitu Telegram.

Bermanfaat? Silakan share 🙂

Facebook Comments

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner “Pak Boss Catering” & “Kedai Pak Boss”

just blogging

1 comment


  1. So far masih nyaman pake WA sih, cuma memang gak bisa dipungkiri jika si telegram ini menawarkan sensasi chat interactive seperti Bot, dan beberapa game yang kece abis. (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *