Hidup Gue Bangeet

STIFIn? Tes STIFIn? Sebenarnya hal itu sudah jauh-jauh dari ingatan saya. Saya sudah lupa, udah ga mikirin lagi. Meskipun bakalan ada tes dan seminarnya di Yogyakarta yang dibawakan oleh seorang leader/motivator/trainer kece yaitu mba Meuthia Z Rizki. Tapi mungkin ini menjadi rejeki saya, tiba-tiba Kamis pagi kemarin di-WA oleh Errika. Yang intinya mendadak tidak bisa hadir di acara tersebut. Daripada tiketnya hangus, dia alihkan ke saya. Karena sayang tiketnya dan juga ada manfaatnya jika saya ambil, ya sudah akhirnya saya setujui setelah suami kasih ijin saya pergi training Sabtu jam 9-12 saja.

Jadilah hari Sabtu kemarin, 29 Juli 2017, saya berangkat seminar dan tes STIFIn di Whizz Hotel Jl. Dagen no.8 Malioboro Yogyakarta. Sampai disana alhamdulillah bisa ketemu langsung dengan mba Meuthia Z Rizki, jadi sempat salaman dan cipika-cipiki, hanya saja sayangnya saya enggak berfoto bersama. Setelah itu sambil ngobrol dengan teman-teman peserta yang lain, saya nunggu antrian untuk direkam sidik jari. Sampai tiba giliran, kemudian saya ditanya nama lengkap, tanggal lahir, nomor HP dan terakhir rekaman sidik jari. Dari jempol hingga kelingking, dari tangan kanan dan kiri, semua sidik jari tersebut direkam. Gak lama koq, cuma beberapa menit.

Antri rekam sidik jari. Di balik cermin sana adalah kami-kami yang sedang mengantri rekaman dan nunggu seminar.

Setelah rekaman sidik jari selesai, dilanjutkan dengan seminarnya. Disini mba Meuthia Z Rizki menjelaskan tentang apa itu STIFIn dan sebagainya. Lumayan banyak sih slide-slidenya, sayangnya saya duduk di belakang sehingga tidak bisa memotret dengan jelas. Saya kasih beberapa saja yaa..

Ciri-ciri MK Intuition

Nihh.. perilaku masing-masing MK terhadap uang hehehe..

Di tengah-tengah seminar, hasil tes sidik jari kami dibagikan. Dari menyimak penjelasan mba Meuthia tadi saya sudah merasa bahwa saya berada di mesin kecerdasan (MK) Instinct, dannn.. ternyata benar!! Di sertifikat tertulis “In” alias Insting (Instinct). Selain diberi sertifikat, peserta juga dikasih buku yang isinya penjelasan dari hasil tes tersebut.

Back to STIFIn.

Jadi STIFIn itu adalah kependekan dari Sensing, Thinking, Intuition, Feeling, dan Instinct, yang merupakan mesin kecerdasan (MK) yang dimiliki oleh setiap manusia.

Nah, tes STIFIn adalah tes yang dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh ujung jari Anda, mengambil waktu tidak lebih dari 1 menit. Sidik jari yang membawa informasi tentang komposisi susunan syaraf tersebut kemudian dianalisa dan dihubungkan dengan belahan otak tertentu yang dominan berperan sebagai sistem-operasi dan sekaligus menjadi mesin kecerdasan anda. Konon, tes ini memiliki reliabilitas yang tinggi. Tes yang dilakukan mulai dari usia anak tiga tahun hasilnya akan sama jika diulang kembali pada usia berapapun.

Setelah mengetahui hasil tes ini, saya menyimpulkan bahwa saya jadi tahu saya ini sebenarnya siapa dan bagaimana, apa saja potensi di diri saya yang harus lebih saya maksimalkan, apa saja hal-hal di dalam diri saya yang harus saya waspadai, bagaimana saya bersikap ke orang lain yang memiliki MK berbeda. Jujur, setelah mengikuti tes ini saya juga merasa bahwa ini hidup gue bangetttt.. Memang beginilah yang saya rasakan dan inilah adanya saya. Pantesss saya ini tidak suka ada konflik, suka yang nyaman dan tenang, suka banget mendahulukan kepentingan orang lain yang memang membutuhkan pertolongan, selalu belajar banyak hal namun seringnya tidak saya kuasai sepenuhnya hehehe (yang penting serba bisa). Selain itu, pantessss ketika memainkan peran saya bermitra dengan orang lain, jika sudah cocok mau berpuluh tahun pun saya betah. Dannn.. masih banyak lagi 🙂

Setelah selesai acara bersyukur teman-teman ngajak foto-foto bareng, sehingga ada sedikit kenang-kenangan dari acara ini. Foto ini diambil dari kamera HP-nya Nur Annisa Rahmawati, cakep ‘kannn…

Sebagai penutup, saya copas ahhh… info tentang orang INSTINCT, minimal bisa jadi referensi saya untuk pengembangan diri saya sendiri.

Prinsip dasar menaklukkan si INSTINCT:

  1. Temperamental, jadi jangan stres kalau dia lagi marah, nanti nggak lama juga reda sendiri.
  2. Kompromis, jadi jika ada perbedaan (apapun itu), kompromikan saja dengannya.
  3. Responsif, jadi kamu juga harus cepat merespon apapun yang jadi permintaan dia.
  4. Serba bisa, dan terkadang dia menuntut yang sama darimu, jadi siapkan dirimu.
  5. Suka kesederhaaan. Jangan bicarakan hal yang kompleks. Jangan berlebih dalam penampilan.
  6. Bicaranya to the point, jadi jangan muter-muter ngomongnya. Tanya harga kasih tahu harga.
  7. Rela berkorban untuk kepentingan yang lebih besar. Milikilah mentalitas yang sama dengannya.

Bantu si INSTINCT untuk mengatasi kelemahannya:

  1. Suka plin-plan, maka bantu dia buat keputusan. Berikan semua informasi yang ia butuhkan.
  2. Serba tanggung, tidak ada satu hal spesifik yang menonjol. Bantu dia lakukan hal-hal spesifik itu.
  3. Kurang ambisius, maka pancing dia untuk punya ambisi lebih besar dimana kamu akan ikut terangkat.

Karena saya seorang INSTINCT maka saya:
Pertama, bersyukur jika saya punya pendukung yang mempraktekkan hal-hal diatas.
Kedua, menjalankan kehidupan dan kepemimpinan berikut ini dengan bertumpu pada kekuatan INSTINCT:

  1. Penghubung yang baik, maka ciptakan sinergi hubungan yang ideal dimanapun berada.
  2. Serba bisa, jadilah tangan kanan dari bos-bos yang lebih tinggi atau bahkan dari pemilik.
  3. Memiliki kekuatan moral dan spiritual yang tinggi, jadilah sumber energi positif dimanapun berada.
  4. Mampu menjadi teladan tim untuk memberikan kontribusi maksimal untuk organisasi.
  5. Harus mampu menempatkan diri sebagai atasan yang ditokohkan.

Oiya.. tes STIFIn ini bisa dilakukan sejak anak-anak masih usia 3 tahun lhooo.. Bisa bermanfaat untuk memandu kita dalam membimbing anak-anak menuju kesuksesannya di masa depan nanti. Antara lain jadi tahu gimana membimbing belajar hariannya, gimana menentukan sekolahnya, gimana menentukan karir masa depannya, dan sebagainya. Semoga aja ada tes semacam ini di sekolah-sekolah yaa.. enggak cuma tes IQ doang seperti yang biasa dilakukan selama ini 😀

Demikian sharing tentang tes dan seminar STIFIn yang saya ikuti kemarin, semoga bermanfaat buat temen-temen yang berkunjung ke blog ini.

 

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *