Cara Membuang Password dari File PDF

Untuk laporan keuangan proyek kantor konsultan kami, saya seringkali harus mengkompilasi banyak file ke dalam PDF. Ga masalah sih selama di laptop saya ada Adobe Acrobat atau Foxit Phantom yang bisa meng-create PDF file dari aneka macam file.

Tapi ternyata ada file PDF yang saya terima dari travel agent yaitu file e-ticket yang ketika mau di-insert ke file PDF lain malahan minta password, padahal file aslinya ketika di-open bisa otomatis membuka tanpa password. Sebelum tahu caranya, saya sempat panik. Sempat kepikiran pake cara manual yaitu di-print dulu lalu di-scan. Sempat sekali saya minta tolong teman, lah koq cepat sekali udah jadi, katanya pake aplikasi.

Lantas saya iseng-iseng donk cari tahu di google, coz malu kalo nanya melulu hehehe.. Dannn.. ternyata cukup menggunakan bantuan Unlock PDF yang ada di website smallPDF.com.

Caranya mudah sekali koq, berikut ini tutorialnya:

1. Buka website SmallPDF.com, kemudian pilih/klik Unlock PDF.

2. Kemudian upload file PDF yang akan dibuang passwordnya. Bisa dengan menyeret dari folder di PC Anda (Drop PDF here) atau dengan dengan meng-iupload melalui Choose File atau ambil dari Dropbox/Google Drive.

3. Setelah file PDF terupload, akan muncul seperti di bawah ini. Lalu contreng atau beri tanda cek (v) pada kotak yang disebelahnya ada tulisan “I pinky swear that I have the right to edit this file and remove its protection”, setelah itu klik tombol pink bertuliskan UNLOCK PDF!

4. Selanjutnya file PDF yang passwordnya sudah dibuang itu tinggal didownload saja.

5. Selesai.

Mudah ‘kan? Makanya sekarang saya enggak pusing lagi ketika menemukan file PDF yang diproteksi.

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
tutorial ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *