5 Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba!

Tak jauh berbeda dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, Solo adalah kota yang terkenal dengan kesantunan dan kehalusan budaya Jawa. Bahkan, saking lekatnya hal tersebut juga tersirat dalam slogannya ‘The Spirit of Java’. Tentu, hal ini mengingat kota ini pernah menjadi bagian utama dari Kerajaan Mataram dan sempat berjaya di bawah naungan Kesultanan Surakarta.

5 Kuliner Khas Solo yang Wajib Anda Coba

(sumber : ayotraveling.co.id)

Tak hanya menjanjikan wisata sejarah dan budaya, kota yang juga merupakan tanah kelahiran Presiden RI ke-7 ini, terkenal dengan sajian kulinernya yang lezat dan menggugah selera. Nah, jika Anda tengah berkunjung ke kota ini, berikut beberapa sajian kuliner yang wajib Anda cicipi.

1. Timlo

Jika di Jogja Anda harus mencicipi gudeg, maka di Solo kuliner yang wajib Anda nikmati adalah timlo. Timlo ini adalah makanan sejenis sop kaldu ayam yang berisikan campuran daging ayam dengan wortel, kentang, sosis, dan ati ampela. Biasanya, makanan ini disajikan bersama nasi, dan dilengkapi dengan kerupuk kulit. Dan salah satu penjual timlo yang direkomendasikan adalah Timlo Sastro yang telah ada sejak tahun 1952.

2. Tengkleng

Tengkleng adalah makanan yang terbuat dari tulang kambing dengan sedikit daging, yang kemudian dimasak dengan santan. Pada masa kerajaan, makanan ini sering dianggap sebagai makanan rakyat jelata. Namun kini, berkat kelezatannya yang menggugah selera, makanan dengan rasa segar, asam, dan gurih ini wajib Anda coba ketika berada di kota ini.

3. Sate Buntel

Jika Anda bosan dengan menu sate yang itu-itu saja, kini saatnya Anda mencicipi sate buntel khas Solo yang enak dan unik. Disebut dengan sate buntel, karena sate ini harus terlebih dulu dibungkus (dibuntel) sebelum dibakar. Jadi, tidak seperti sate biasa yang hanya cukup dipotong dan ditusuk, sate ini harus dicincang, dibumbui, dan kemudian dibungkus dengan lemak kambing. Baru setelah dibakar, lemak kambing yang tipis ini akan meleleh, dan tentunya akan menambah cita rasa dari sate ini.

4. Cabuk Rambak

Satu satu kudapan khas Solo yang wajib Anda cicipi adalah cabuk rambak, yaitu makanan yang terdiri dari lontong yang diiris tipis, sambal wijen dan kerak kemudian, disajikan dengan cara dipuncuk (dibungkus dengan wadah yang terbuat dari daun pisang). Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di seantero Solo, baik di saat pagi, siang, maupun malam hari.

5. Tahok

Tahok merupakan kudapan tradisional khas Tionghoa yang dulunya dibawa oleh para pendatang dan kemudian menjadi populer sebagai kuliner khas Solo. Nama tahok sendiri berasal dari kata tau/teu yang berarti kacang kedelai, dan hoa/hu yang berarti lunak. Sederhananya, tahok ini hampir menyerupai tahu putih yang bertekstur lembut. Menjadi berbeda, karena tahok ini disajikan dengan kuah yang terbuat dari campuran rempah dan gula jawa.

Bagaimana? Tertarik untuk menjelajahi Solo dan menikmati sajian kulinernya?

Jika ya, Anda tak perlu bingung untuk mencari penginapan yang nyaman dan dengan harga yang terjangkau. Karena Airy Rooms akan membantu Anda mendapatkan hotel murah di Solo dengan mudah dan cepat. Airy Rooms sendiri merupakan jaringan hotel terbesar dan termurah di Indonesia, dengan properti hotel terbanyak.

Anda dapat dengan mudah memesannya melalui website resmi Airy Rooms atau melalui aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Anda pun akan mendapatkan kamar tidur yang bersih dan ber-AC, TV LCD, internet dan wifi gratis, serta perlengkapan mandi yang lengkap. Soal pembayaran, tak perlu repot, Anda bisa membayarnya dengan kartu kredit, transfer, atau melalui gerai Indomaret terdekat.

Sangat mudah, bukan?

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *