Belanja di ShopBack Saat Harbolnas

Jaman sekarang (kata anak-anak sekarang sih “jaman now”) belanja-belanja sudah pada dilakukan secara online. Selain karena maraknya lapak online di dunia online, juga karena kemudahan-kemudahan yang diberikan. Begitu banyak pilihan lapak online, mau dicobain semua boleh, mau setia dengan 1-2 saja juga oke. Biasanya mereka memberikan kemudahan dalam konsumen memilih barang dan melakukan transaksi, serta tentunya kemudahan dalam melakukan pembayaran, misalnya bisa memilih pake kartu kredit, kartu debit, transfer atau cash on delivery. Seru ‘kan?

Sebentar lagi 12 Desember 2017. Para konsumen yang suka belanja online pasti sudah hapal ada apa di tanggal tersebut. Yaappp, benar sekali. Hari belanja online nasional atau disingkat menjadi harbolnas. Pada hari tersebut, yakin dehhhhh.. banyak banget promo-promo belanja online disana-sini. Tentunya otomatis belanja bisa jadi lebih hemat donk…

Nahh.. mumpung nihhh… belum tiba harbolnasnya, saya masih punya kesempatan untuk bikin list mengenai barang apa saja yang pengin banget saya miliki. Barang-barang tersebut penginnya bisa saya dapatkan dari lapak online yang bernama ShopBack. Yuk ahh.. lihat wishlist saya :

1. Kamera pocket (Canon IXUS 185)

Kebetulan kamera lama udah gak OK. Hasil jepretan sudah blur. Jadi pengin ganti dengan yang baru. Kali ini pengin ganti merk juga, yaitu pengin punya merk Canon. Meskipun hanya kamera pocket, tapi saya selalu cari yang ada videonya juga. Jadi bisa dipakai untuk ngumpulin gambar foto sekaligus untuk nge-shoot hal-hal yang menarik bagi saya.  Maklumlah, blogger ‘kan seringkali butuh hasil jepretan yang bagus, juga hasil syutingan yang kece. Kebetulan juga, anak saya lagi seneng-senengnya nge-vlog sehingga seringkali membutuhkan kamera yang ada videonya, daripada sekedar menggunakan handphone. Jadi, kalo nanti berhasil mendapatkan barang ini, selain saya gunakan sendiri juga supaya bisa digunakan oleh anak saya.

Kenapa saya memilih kamera pocket ini? Karena Canon IXUS 185 didesain dengan body berwarna metalik dan ukuran yang minimalis, sehingga kamera ini sangat ideal untuk penggunaan sehari-hari. Dibekali dengan sensor CMOS sebesar 20 megapiksel, 8x optical zoom, serta image processor DIGIC 4+, tentunya kamera saku ini siap untuk membidik berbagai momen berharga dengan tajam dan jernih.

2. Samsung Galaxy V2 Smartphone

belanja di shopback saat harbolnasSelain kamera pocket, ada lagi yang lagi saya penginin yaitu smartphone Android. Bukan untuk pribadi, tetapi akan saya pakai untuk urusan bisnis. Kebetulan saya punya kedai makanan yang bekerjasama dengan salah satu provider pengiriman dimana pesanan makanan dilakukan secara online. Nah, provider pengiriman ini sedang mengupgrade sistem online mereka yang akan memudahkan hubungan kerjasama dengan pihak merchant yaitu kami pemilik kedai. Kebetulan yang dibutuhkan adalah smartphone berbasis Android. Tidak harus mahal koq, yang penting bisa untuk mengakses sistem online yang mereka sediakan. Lagipula jika menggunakan smartphone Android yang tidak mahal, tentunya akan mudah juga dioperasikan oleh orang awam. Daripada menggunakan smartphone yang mahal dan fiturnya canggih-canggih, padahal tidak semua fitur akan digunakan.

Kenapa saya memilih Samsung Galaxy V2 ini? Karena dari dulu saya sudah cocok menggunakan smartphone merk Samsung. Sudah familiar. Selain itu, juga karena desain penutup baterai yang membuat handphone ini tampil lebih menarik dibandingkan perangkat lainnya, memiliki kualitas pencahayaan yang bagus, memiliki akses kamera lebih cepat, tepiannya halus, ukurannya ramping, dapat melakukan multitasking dengan lancar, hemat baterai dengan mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Kali ini baru dua barang itu aja yang masuk ke wishlist. Dua barang ini adalah yang urgent dibutuhkan dalam waktu dekat. Artinya berharap paling lambat akhir tahun ini sudah terpenuhi. Setidaknya dengan memanfaatkan momen harbolnas melalui ShopBack. ‘Kan lumayan bisa dapat dapat diskon gede, sehingga lebih hemat 🙂

Berikut ini tips belanja online yang akan membuat kita lebih hemat dan cermat:

1. Buat rekening khusus untuk belanja online. Sebagaimana ada anggaran untuk rumah tangga yang biasanya disiapkan di dalam amplop-amplop, ada baiknya kita juga punya anggaran untuk belanja online yang disiapkan di dalam rekening khusus. Toh sudah punya wishlist apa saja yang akan dibeli sekaligus dengan perkiraan harganya. Kenapa disiapkan di rekening khusus? Agar supaya enggak nyampur dengan dana yang lain. Selain itu juga agar lebih terkontrol sehingga tidak over budget.

2. Susun daftar belanja. Seperti kalo hendak belanja ke toko atau ke pasar dimana kita biasanya sudah menyiapkan daftar belanjaan, untuk belanja online pun kita harus membuat daftar. Jangan sampai tergoda karena melihat begitu banyak barang yang menarik sehingga keluar dari jalur daftar belanjaan.

3. Temukan lapak online termurah. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, pastikan untuk melakukan survei terlebih dahulu dengan mengunjungi lapak online lain yang menawarkan jenis produk serupa. Bandingkan harga untuk produk yang sama di masing-masing toko online dan temukan harga termurah.

4. Belanja sekaligus. Untuk menghemat ongkos kirim, usahakan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan sekaligus. Jika belum terlalu membutuhkan, baiknya tunda terlebih dahulu keinginan berbelanja. Tunggu sampai kebutuhan-kebutuhan lain terkumpul. Langkah ini juga bisa menghindarkan diri dari keinginan untuk berbelanja barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

5. Berlangganan newsletter. Agar kita selalu mendapatkan info terbaru khususnya mengenai promo-promo yang sedang berjalan.

6. Belanja di hari dan jam yang tepat. Beberapa toko online memberikan penawaran harga khusus untuk produk-produk tertentu di hari-hari tertentu pula. Ada juga yang menawarkan diskon untuk produk-produk tertentu di jam-jam khusus. Catat hari dan jam spesial tersebut. Gunakan untuk berbelanja sesuai kebutuhan.

7. Manfaatkan situs-situs cashback. Karena situs-situs tersebut menawarkan pengembalian uang setiap kali berbelanja online sehingga dapat menghemat pengeluarkan belanja.

8. Manfaatkan voucher dan kupon diskon. Ketika masuk ke situs online, biasanya akan terpampang voucher diskon di halaman depan situs. Pergunakan voucher diskon ini untuk menghemat pengeluaran.

9. Manfaatkan kode promo. Cara untuk mendapatkan kode promo ini juga mudah. Yaitu dengan mengetik ‘kode promo’ di situs pencarian Google dan kita akan menemukan beragam kode promo dari berbagai situs toko online.

10. Ajak teman berbelanja online. Yaitu untuk menghemat ongkos kirim. Siapa tahu malah ada promo pengiriman gratis.

Nahhh… itu tadi dua wishlist saya berikut tips belanja online. Bersiap-siap menyambut harbolnas 🙂

 

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
blog competition , , , ,

3 comments


  1. Betul banget ya mba, kita harus rajin-rajin update soal promo dan diskon, agar belanja online jadi tidak terlalu mahal. Pastinya belanjanya di ShopBack ya. BTW saya juga ikutan loh, KUYlah mampir sejenak ke blog NDeso saya…. Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *