Imunisasi BCG

Imunisasi merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit dengan cara merangsang kekebalan tubuh dengan memberikan vaksin atau kuman yang telah dilemahkan.

Saya adalah tipe ibu yang mengikuti anjuran pemerintah, yaitu memberikan imunisasi kepada anak. Saya gak pengin pusing dengan pro dan kontra tentang imunisasi yang terjadi di luar sana. Apa yang saya rasakan baik dan saya yakin ada manfaatnya, ya saya lakukan. Sudah, sesimpel itu aja.

Nah, usia sebulan adalah saatnya Dimas mendapatkan imunisasi BCG. Seharusnya sudah awal-awal bulan kemarin, tetapi karena jadwal imunisasi BCG ini tidak setiap hari, yaitu hanya sebulan 2 kali di RS Hermina, jadilah saya ambil yang terdekat, yaitu hari ini. Telat seminggu gapapa, yang penting masih masuk dalam rentang waktu yag diperbolehkan.

Sebelum disuntik, kesehatan Dimas dicek dulu, alhamdulillah sehat-sehat. Berat badannya kali ini 4,4 kg dan panjang badannya 52 cm. Kata dokter, kenaikan BBnya sangat bagus jika dibandingkan dengan berat badan waktu lahir. Ketika disuntik vaksin, Dimas menjerit dan menangis. Wajarlah lha wong saya saja kalo disuntik untuk dimasukkan obat saja rasanya gimanaaa gitu 😀 Alhamdulillah nangisnya cuma pas disuntik saja, setelahnya Dimas diam dan melanjutkan bobok lagi 🙂

Jadi, imunisasi BCG itu apa sih? Imunisasi BCG merupakan salah satu imunisasi yang wajib diberikan pada bayi. BCG merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Guérin.  Vaksin BCG diberikan untuk mencegah penyakit tuberkulosis atau yang lebih dikenal sebagai TBC. Penyakit ini merupakan penyakit serius yang dapat ditularkan melalui hubungan dekat dengan orang yang terinfeksi TB, seperti hidup di rumah yang sama. Pemberian vaksin BCG hanya dilakukan satu kali, yaitu pada saat anak baru dilahirkan hingga berusia dua bulan. Efek samping vaksin BCG yang paling umum adalah munculnya benjolan bekas suntik pada kulit, sedangkan efek samping yang sangat jarang terjadi adalah reaksi alergi.

Setelah imunisasi BCG, nanti tanggal 2 Desember 2017 Dimas akan diimunisasi Polio 1 dan DPT. Tunggu updatenya yaaa..

 

About Wiwin Pratiwanggini

Independent Oriflame Consultant | A Working Mom | A Blogger | Owner PakBossCatering | Training Consultant
just blogging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *