Kilas Balik 2017 dan Resolusi 2018

Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu. Baru saja menuliskan syukur untuk tahun 2016, hari ini sudah waktunya menuliskan kilas balik 2017 dan resolusi 2018. Saya dulu tidak merencanakan apa-apa untuk 2017, hanya berharap dan berdoa agar lebih baik dari 2016. Itu saja. Namun, di kesempatan kali ini saya pengin menuliskan resolusi untuk 2018. Gak muluk-muluk sih, namun setidaknya bisa terarah (tidak asal jalan) karena ada beberapa hal yang kami rencanakan dan mudah-mudahan on track bisa tercapai tujuannya.

Kilas Balik Sepanjang 2017

Baiklah, sebelum melangkah menuju persiapan 2018, ada baiknya saya berhenti sejenak untuk merenungi apa saja peristiwa penting yang terjadi di tahun 2017 ini.

Di bidang kuliner, untuk melebarkan sayap bisnis yang kami rintis sejak 2015, kami menjadi mitra Go-Food per April 2017 dengan nama merchant “Kedai Pak Boss”. Sebagai pebisnis, kami harus bisa mengikuti perkembangan jaman, salah satunya adalah menyediakan kebutuhan konsumen melalui layanan online. Dengan menjadi mitra Go-Food pula, kami bisa memasarkan bisnis kami secara lebih luas karena kami bisa menjangkau konsumen secara lebih jauh. Sedangkan untuk menyimpan bahan-bahan makanan kami, alhamdulillah bisa terbeli sebuah freezer box ukuran 200 liter di bulan Juli 2017, tepatnya setelah lebaran. Jadi ga pusing lagi nyimpen di dalam 2 buah kulkas yang ternyata tetap ga memadai.

Di dunia online blogging, alhamdulillah blog ini semakin laku. Meskipun belum laris manis hehehe.. Setidaknya saya bisa belajar lebih banyak lagi tentang dunia monetizing blog sekaligus sambil praktek. Sambil terus menambah jam terbang, saya juga sudah mulai berani tawar menawar harga (pasang tarif). Sedangkan di dunia online social media, gak nyangka di bulan September & Oktober saya bisa menjadi salah satu peserta terpilih untuk membantu surveynya Facebook ketika mereka sedang mengupdate beberapa hal untuk Facebook. Salah satu berkahnya adalah saya berani bikin video selfie 😀 😀 😀 , karena ada beberapa tugas yang mengharuskan kami menjawabnya melalui video (presentasi lewat video).

Dalam dunia kerja, alhamdulillah saya sudah punya kontrak kerja resmi setelah bertahun-tahun saya bekerja secara freelance dengan gaji tetap dan lancar tiap akhir bulan. Namun dengan adanya kontrak kerja resmi, tentunya membuat saya lebih mantap karena pegangannya jelas. Selain itu, insentif-insentif yang akan saya terima juga jelas. Dan yang paling saya syukuri adalah jam kerja saya yang berbeda dari teman-teman yang lain. Jam kerja saya adalah mulai jam 09:30 WIB hingga jam 17:30 WIB. Dengan demikian waktu pagi saya lebih longgar, tidak lagi kemrungsung 🙂

Di sepertiga akhir 2017, ada 2 hal besar yang terjadi dalam keluarga saya. Yang pertama adalah meninggalnya ibu mertua pada tanggal 13 Sep 2017, tepatnya 2,5 bulan nenek kembali ke Biak setelah beberapa tahun tinggal di Parangtritis. Kehilangan ibu mertua adalah kehilangan ibu kedua saya, sosok yang tangguh dan ulet sekaligus seorang single parent yang harus membesarkan kelima anak laki-lakinya. Sayangnya kami tidak bisa mengantarkan nenek ke peristirahatan terakhirnya karena saat itu saya sedang hamil tua tinggal menghitung hari untuk lahiran. Dannnn.. alhamdulillah pada 1 Oktober 2017 terlahir anak kedua kami, seorang anak laki-laki yang kami beri nama Adi Makayasa Bhuwana Aji (Dimas) melalui operasi Sectio Caesarean. Terlahir tepat waktu dengan selamat, sehat wal ‘afiat, tidak kurang dan tidak lebih. Alhamdulillah sehat lincah dan lucu hingga saya menulis ini. Anak kedua yang tidak kami rencanakan, namun syukur alhamdulillah Allah SWT mengamanahkannya kepada kami :).

Resolusi 2018

Apa sih resolusi itu? Pengertian resolusi menurut KBBI adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Bisa dimaknai sebagai harapan yang sungguh-sungguh dari pribadi seseorang. Pencapaian tujuan yang ditetapkan untuk kedepannya agar bisa tercapai dalam kurun waktu yang ditentukan.

kilas balik 2017 dan resolusi 2018Merenungi dan mensyukuri pencapaian-pencapaian di tahun 2017, membuat saya bisa membayangkan apa-apa yang akan saya lakukan di tahun 2018 nanti. Bisa jadi memperbaiki yang sudah ada. Bisa jadi membuat suatu rencana baru. Saya coba urai satu per satu ya…

1. Resolusi untuk keluarga

Tiga bulan lagi Dimas sudah mulai makan MPASI. Saya bilang ke suami bahwa saya ingin menerapkan metode baby led weaning ke Dimas. Baby-led weaning (BLW) artinya men-skip pemberian MPASI berbentuk puree yang disuapkan pada si kecil, serta memberi kesempatan padanya untuk memegang dan menyuap makanannya sendiri. Berkah membaca buku 9 Perempuan Berbicara membuat saya tertarik untuk mencoba metode ini :). Tapi karena masih ada pro dan kontra tentang metode ini, maka saya akan mengkombinasikannya. Semoga saya dan Dimas tidak mengalami kesulitan.

Pertengahan tahun 2018 nanti Satria lulus SMP, artinya harus bersiap-siap mencari sekolah lanjutan untuknya. Bagi saya, mencari sekolah lanjutan tidak bisa menunggu nanti selesai UN SMP. Harus dipikirkan sejak sekarang karena banyak sekolah-sekolah yang membuka pendaftaran mulai bulan Januari. Mengingat nilai akademis Satria selama ini tidak bagus-bagus amat, saya tidak berharap banyak Satria bisa masuk ke SMA umum yang bonafid. Sementara itu saya juga tidak ingin Satria masuk ke SMA umum yang di bawah standar. Untuk itu saya mulai mencari alternatif untuknya, antara lain SMK. Karena anaknya suka yang berbau militer dan instrumentasi, ya nanti akan kami arahkan ke sekolah yang mendukung hal-hal tersebut. Semoga saja nilai UN Satria nanti jauh lebih baik dari nilai-nilai hariannya 🙂

2. Resolusi untuk bisnis kuliner

Per 29 Desember 2017 kemarin saya sudah menyiapkan situs baru untuk mensupport bisnis kuliner kami yaitu kedaipakboss.com. Situs ini berbeda dari pakbosscatering.com. Artinya bahwa Kedai Pak Boss serius goes online ga cuma dalam urusan food delivery, namun juga ingin lebih bermanfaat dalam berbagai aspek. Rencananya nanti suami saya sendiri (Pak Boss) yang akan mengisi konten untuk situs tersebut. Hehehe.. karena saya tidak sanggup membagi-bagi waktunya. Palingan saya hanya bantu dalam hal-hal teknis saja.

Selain tentang situs baru, alhamdulillah sekarang sistem di Go-Food sudah menggunakan Go-Resto untuk merchant dan driver sehingga lebih memudahkan kami lagi. Kami bisa mengelola sendiri beberapa hal melalui sistem baru tersebut, sehingga tidak lagi bergantung kepada administrator. Contoh sederhana, selama ini kami harus memberitahukan via email jika warung akan tutup padahal itu tidak langsung di-update oleh mereka karena berdasarkan antrian, nah dengan adanya Go-Resto kami bisa melakukannya sendiri, tinggal klik-klik di hape melalui aplikasi Go-Resto, beres deh… Semoga dengan situs baru dan Go-Resto, kami lebih semangat lagi dalam berinovasi dan berpromosi 🙂

3. Resolusi untuk bisnis online

Selain bisnis kuliner tadi, saya juga ingin fokus lagi di bisnis online yang sudah saya jalani selama 10 tahunan, yaitu network marketing (Oriflame via d’BC Network). Ada kegalauan karena beberapa tahun terakhir ini serasa jalan di tempat, sama sekali belum ada peningkatan. Mungkin karena saya yang keenakan berada di zona nyaman hehehe.. mentang-mentang masih ada 2 gaji dari pekerjaan saya. Kemungkinan yang lain, promosi saya selama ini kurang gencar, masih begitu-begitu saja. Akibatnya saya hanya bertahan dengan sumber daya yang ada. Jadilah stagnan, ga ada peningkatan. Nahhhh.. rencana saya nih yaa.. mulai tahun 2018 nanti mau gencar dengan iklan lagi. Juga, mau lebih banyak menulis di blog pratiwanggini.com. Kalo selama ini hanya posting 2-3 postingan dalam sebulan, mulai Januari 2018 saya akan membuat 5-10 postingan setiap bulan. Karena saya tahu bahwa sebenarnya salah satu jalan sukses saya ada di blog tersebut. Selain iklan dan blog, saya juga ingin lebih konsisten promosi lewat social media khususnya Facebook. Antara lain konsisten update status minimal 5X dalam sehari :). Dannn paling penting nihhhh.. kudu nambah lagi daftar konsumen saya, supaya jauh lebih mudah lagi dalam mencapai target dan bisa bantu lebih banyak kepada member-member di jaringan bisnis saya. Ahhhh.. kebayanggggg naik panggung lagiiii… 😀

Bisnis online yang lain adalah monetizing blog :D. Sudah ngeblog 10 tahunan tapi ga dimaksimalkan untuk menghasilkan uang itu sungguh sayang, sodara-sodara! Memang sih, awalnya dulu bikin blog dengan tujuan sebagai pengganti menulis tangan di buku diary 😀 . Tapi ‘kan tiap tahun kudu bayar domain name dan sewa web-hosting tuh.. Nahh, ga ada salahnya donk kalo bayarnya dari pendapatan si blog itu sendiri :). Jadi, kesimpulannya adalah:
a. Saya ingin lebih rajin menulis di blog, tentunya menulis yang bermanfaat, ga sekedar curhat lagi, sehingga pembaca bisa betah berlama-lama di blog saya ;).
b. Lebih rajin share postingan-postingan blog, terutama postingan terbaru, ke berbagai social media dan grup-grup blogger sehingga blog saya makin dikenal banyak orang.
c. Gabung berbagai macam grup blogger supaya mendapatkan lebih banyak ilmu dan peluang.
d. Rajin mencari peluang kompetisi blog, giveaway, dan lain-lain, untuk semakin mengasah keterampilan menulis dan menambah jam terbang.
e. Rajin ikut penawaran jika ada agen yang mencari blog-blog untuk promosi, siapa tahu terpilih menjadi mitra mereka sehingga bisa dapat penghasilan dari situ. Makanya harus konsisten dengan poin (a) dan (b) untuk mempertahankan dan meningkatkan DA dan PA untuk blog top level domain (TLD) saya ini.

Semoga semua bisnis online saya lancar yaa… karena passion saya ada di bisnis online, sangat cocok untuk saya yang mobilitasnya rendah 🙂

Penting Jaga Kesehatan

Meskipun secara garis besar hanya tiga resolusi yang saya persiapkan, namun itu semua membutuhkan kesiapan fisik yang cukup. Sebagai ibu bekerja full-time yang juga mengelola bisnis serta masih memiliki bayi, tentunya bukan hal yang mudah bisa menjalankan semua peran. Tentunya butuh stamina yang terjaga, jangan sampai jatuh sakit, karena bisa kacau semuanya :D.

Biasanya nih kalau sudah sibuk, jadi terlambat bahkan sampai lupa makan. Jangankan makan makanan yang sehat dan bergizi, sekedar makan snack pun biasanya sampai gak sempat hehehe.. Padahal kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh serta timbulnya berbagai penyakit. Saya sempat membaca satu informasi bahwa berbagai penelitian menemukan adanya korelasi kekurangan Magnesium dan Zinc dalam tubuh dengan manifestasi alergi, infeksi serta penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Bila kebutuhan nutrisi, vitamin serta mineral harian tidak dapat dicukupi melalui makanan yang dikonsumsi setiap hari, kita butuh asupan dari sumber lain yakni vitamin dan suplemen.

Saya pribadi tidak terbiasa makan vitamin dan suplemen yang bermacam-macam, cukup sesuaikan dengan kebutuhan saja. Lha wong ketika hamil saja saya tidak makan vitamin dan suplemen apapun :D. Tapi sekarang bayi sudah lahir, saya butuh stamina terjaga, karena fisik saya akan bekerja keras. Nahh.. saat ini kebutuhan saya tersebut bisa dicover oleh Theragran-M yaitu multivitamin dan mineral yang memiliki kandungan lengkap dari vitamin A sampai Zinc. Theragran-M ini juga merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Hehehe.. kalo sakit jangan kelamaan yaaa, karena ada Theragran-M yang akan menemanimu mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.

Ada beberapa keunggulan dari Theragran-M, antara lain:
1. Theragran-M sudah diresepkan oleh para dokter selama 40 tahun (sejak tahun 1976).
2. Kombinasi Multivitamin (Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) di dalam Theragran-M terbukti meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.
3. Cocok untuk masa penyembuhan berbagai jenis sakit yang membutuhkan dukungan daya tahan tubuh yang maksimal.

Mengkonsumsi Theragran-M cukup sehari 1 kaplet, sewaktu atau sesudah makan, atau sesuai dengan anjuran dokter. Dan untuk mendapatkannya mudah koq, karena tersedia di apotik dan toko-toko obat. Harganya pun sangat terjangkau.

Dengan pola makan yang tepat dibantu dengan vitamin dan suplemen sesuai kebutuhan, pokoknya sesibuk apapun jangan lupa makan, maka insyaallah sehat senantiasa dan stamina tetap terjaga. Hidup hanya sekali, mari jalani dengan happy 🙂

Demikian sharing saya kali ini tentang kilas balik 2017 dan resolusi saya di tahun 2018. Semoga saja saya on track sehingga semua bisa terlaksana dengan baik :). Selamat Hari Ibu untuk semua kaum ibu Indonesia, selamat Natal bagi yang merayakannya dan selamat Tahun Baru 2018 untuk semuanya :).

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
blog competition , , , ,

10 comments


  1. Wah..rajin dan pinter bagi waktu mbak wiwin ini..semoga tercapai ya resolusinya…:)

  2. Sukses dengan semua bisnis online-nya.
    Salam kenal.

  3. alhamdulillah, moga tahun ke depan lebih sukses dan berkah usahanya ya mba… aamiin

  4. Aih aku udah lama punya niatan utk merintis online shop tapi khawatir gak fokus, aku tahan dulu hehe. Sukses selalu mb ^^

  5. Semoga tercapai resolusinya ya Mba, aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *