5 Hal Kecil yang Saya Lakukan untuk Menjaga Mood Sehingga Tetap Produktif

Agar bisa selalu terjaga mood dan produktif setiap hari, ada kalanya motivasi dari dalam diri sendiri tidak cukup. Bisa jadi mulai timbul rasa jenuh. Alhasil jadinya monoton, gitu-gitu aja, ga ada peningkatan.

Tidak ada salahnya koq sesekali butuh booster semangat dari faktor luar. Bisa dengan mengikuti seminar-seminar motivasi, bisa dengan datang ke pengajian-pengajian, bisa dengan berkumpul bersama teman-teman, bisa juga dengan piknik bersama keluarga, dan lain sebagainya. Namun sayangnya itu semua butuh usaha dan biaya lebih untuk bisa melakukannya.

Saya ini orangnya moody tapi selalu ingin produktif. Dalam sehari harus ada sesuatu yang saya hasilkan, tidak boleh zonk. Orang dengan tipe moody seperti saya tidak bisa mengandalkan faktor dari luar agar bisa selalu in the mood dan produktif. Saya sendiri yang harus bisa mengelola diri saya sendiri. Ya, istilahnya bersahabat dengan si moody.. hehe…

Ada beberapa hal kecil yang biasa saya lakukan agar mood selalu up sehingga saya bisa produktif setiap hari. Apa sajakah itu? Nih.. saya share yaaa.. siapa tahu bisa menjadi inspirasi juga buat Anda ūüôā

1. Membersihkan dan merapikan ruang kerja

Ketika sedang bekerja ruang kerja saya full berantakan. Banyak kertas di atas meja. Tapi ketika memulai dan mengakhiri saya selalu merapikan ruang kerja.

Membersihkan dan merapikan meja sebelum bekerja itu bisa membangkitkan mood saya untuk fokus mengerjakan tugas-tugas di hari itu. Pokoknya harus ada hasil, harus ada target yang tercapai.

Ruang dan meja kerja saya setiap hari

Sedangkan membersihkan dan merapikan meja setelah bekerja itu akan menjaga mood saya tetap stabil untuk melakukan kegiatan berikutnya.¬†Dengan meninggalkan ruang kerja sebelumnya dalam keadaan rapi dan bersih, maka di aktivitas selanjutnya saya merasa plong, tidak lagi mempunyai beban. Efeknya adalah tetap semangat dan produktif juga donk…

Bagi saya, membersihkan dan merapikan ruang kerja bukanlah suatu hal besar, karena tidak sampai 10 menit meja berantakan sudah tersulap menjadi bersih dan rapi. Yap, hal kecil yang benar-benar bisa mempengaruhi mood dan produktivitas.

2. Membaca buku

Hal kedua yang bisa menjaga mood saya tetap baik adalah membaca buku. Buku apa saja saya bersedia membaca.

Seringkali jika sedang lelah, letih dan lesu, sehingga tidak punya semangat kerja apapun, tapi juga tidak bisa istirahat dengan nyaman, biasanya saya ambil buku. Prioritas pada buku yang belum pernah saya baca.

Sebagian kecil koleksi buku saya

Dengan membaca buku, biasanya kemudian otak saya segar lagi, sehingga mulai muncul ide-ide untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dan produktif. Itulah kenapa saya rajin beli buku, meskipun belum tentu langsung dibaca.

Bagi saya, membaca buku bukanlah suatu beban. Ya, sekali lagi, karena buku adalah salah satu alat yang menjadi mood¬†booster sehingga saya bisa terus produktif.¬†Lagipula rasanya mata ini segar kalau melihat rak buku yang berisi berwarna-warni cover buku hehehe…

3. Menulis di blog

Selain membaca, menulis adalah hobi saya. Menulis bisa menjadi alat terapi jiwa untuk saya. Dengan demikian menulis juga menjadi salah satu mood booster bagi saya.

Bagi saya, alhamdulillah, menulis bukan hal yang sulit. Apa saja yang ada di sekitar saya bisa menjadi bahan tulisan. Apa saja yang saya rasakan pun bisa menjadi bahan curhat di blog. Hanya saja, semua itu saya tuangkan dalam tulisan yang bermanfaat bagi saya dan orang lain, bukan sekedar keluh kesah.

Ketika mood sedang tidak bagus, saya tidak menulis apapun. Itulah kenapa saya mempunyai blog post planner yang bisa saya manfaatkan untuk menjaga mood saya. Dengan ditulisnya setiap ide ke dalam planner tersebut, jadinya hampir setiap hari bisa menulis yang bermanfaat.

Mood terjaga, menulis pun jadi lebih produktif.

4. Pakai warna lipstik lain

Sebagai seorang wanita yang tidak jauh-jauh dari dunia kosmetik, salah satu alat kosmetik andalan bisa menjadi mood booster lhooo.. Bermain warna dengan kosmetik bisa merubah penampilan yang biasanya gitu-gitu aja, menjadi penampilan yang berbeda. Penampilan yang berbeda biasanya mampu membangkitkan semangat. Asal kita pegang kuncinya, yaitu selama diri kita sendiri merasa percaya diri.

Sekali waktu ganti warna lipstik

Hal yang sederhana saja, tampil beda dengan warna lipstik yang berbeda. Misalnya sehari-hari saya memakai lipstik warna dark burgundy (merah marun). Nah, tidak ada salahnya sekali waktu saya memakai lipstik berwarna pink. Otomatis akan tampil lebih segar daripada biasanya.

Nahhh.. kalo sudah begitu, mood tetap up sehingga bisa bekerja dengan senang hati, efeknya produktif donkkk… ūüôā

5. Ganti warna alat kerja

Sehari-hari saya berkutat dengan angka rupiah dan dollar. Meskipun ada Excel di laptop saya, tetapi seringkali saya masih membutuhkan kalkulator. Entah kenapa ketika berurusan dengan uang, kalkulator tetap harus ada di sekitar meja kerja saya.

Sejak jaman saya masih sekolah dan mulai bekerja yaitu 24 tahun yang lalu, kalkulator yang saya gunakan warnanya hitam melulu. Satu merk juga yaitu Casio. Hanya berbeda-beda tipe. Ada yang kalkulator biasa, ada yang printing calculator. Saya menggunakannya sesuai kebutuhan.

Bulan Januari 2018 kemarin saya dapat info bahwa Casio mengeluarkan produk baru yaitu Casio¬†My Style Colorful Calculator. Namanya saja “Colorful”, tentunya diproduksi dalam berbagai macam warna. Warna-warna yang kita pilih biasanya mewakili gaya atau karakter pemiliknya. That’s why it’s called #CasioMyStyle.

5 Hal Kecil yang Saya Lakukan untuk Menjaga Mood Sehingga Tetap Produktif

Ini kalkulator saya, warnanya biru

Karena pengin mencoba kalkulator dengan warna lain, kemudian saya membeli satu buah Casio My Style Colorful Calculator tersebut. Tentunya dengan tujuan agar tidak monoton menggunakan kalkulator yang warnanya hitam melulu. Dan benar, dengan memiliki kalkulator baru dengan warna biru yang cakep itu bisa menjadi salah satu mood booster saya. Jadi makin semangat menyelesaikan bookkeeping setiap hari.

Oiyaa… ketika membeli kalkulator tersebut, ternyata saya dapat diskon dengan cara memasukkan promo code. Promo code¬†tersebut boleh saya bagikan kepada teman-teman saya termasuk Anda pembaca blog ini. Jadi, jika Anda ingin juga membeli kalkulator edisi baru yang colorful ini, masuk saja ke online shop-nya dengan mengklik link¬†MatahariMall.com¬†ini, kemudian pilih warna dan harga yang Anda inginkan, setelah sampai di pembayaran jangan lupa untuk memasukkan kode voucher CASIOBLOGAX73. Otomatis nanti Anda akan mendapatkan potongan/diskon. Asyik ‘kannn?

Bagi saya, mengubah satu warna saja dari alat-alat kerja saya, mampu menjaga mood saya tetap stabil sehingga bisa bekerja dengan fokus dan tentunya ada hasil atau target yang tercapai.

Nahhh.. itu tadi 5 hal kecil dari banyak hal kecil yang biasa saya lakukan agar mood saya selalu terjaga sehingga terus produktif. Mood artinya adalah suasana hati. Nah, jika suasana hati selalu nyaman, apapun akan bisa dikerjakan dengan senang hati, sehingga memberikan hasil yang positif dan tentunya produktivitas semakin tinggi pula.

 

Facebook Comments

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
blog competition, lifestyle , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *