Blog WP Mobile Friendly

Kemarin saya share blog di suatu komunitas menulis. Tiba-tiba ada yang komentar: “Mohon maaf banget mba mau nanya, blognya emang sengaja gak disetting mobile (theme seluler) ya?”. Ow..ow.. benar saja. Blog saya ini ketika dibuka di handphone, tampilannya tetap desktop version. Saya baru menyadarinya.

Padahal jaman sekarang orang-orang lebih banyak yang membuka blog hanya melalui handphone saja. Biasanya tampilan di handphone pun simpel-simpel saja, tidak perlu memperlihatkan aksesoris blog, karena pembaca hanya akan fokus membaca konten demi konten.

Sebenarnya banyak blog theme yang sudah mobile friendly. Bisa-bisa saja dan sah-sah saja sih blog theme ini saya ganti ke theme lain yang mobile friendly. Tapiii… saya tidak mau, sodara-sodara!! Saya sudah cinta dengan “SmartOne theme” ini. Simpel tapi elegan. Sudah gak pengin ganti-ganti lagi. Sayangnya blog theme ini memang tidak mobile friendly.

Mengingat bahwa sebuah blog itu, demi kelangsungan hidupnya, ia butuh pengunjung sebanyak-banyaknya, maka mau tidak mau saya harus membuat tampilannya bisa mobile version ketika pengunjung datang lewat handphone. Saya ga rela donk pengunjung batal mampir hanya karena tampilannya yang masih desktop version.

Karena SmartOne theme ini tidak mobile friendly, apakah kemudian saya mati gaya? Enggak donk yaa.. Saya musti cari tahu caranya. Biasanya nihhh.. self-hosted WordPress kalo mau ada sesuatunya, musti dipasangin plug-in. Jadi, yang saya cari di search engine adalah plug-in untuk WP mobile.

Setelah mengetikkan “plug-in WP mobile” di search engine, kemudian muncul banyak sekali pilihan. Wahhh.. bingung ya.. yang pas yang mana hehehe.. Karena saya tidak pengin nyobain satu per satu, saya pelajari saja dulu deskripsi dari masing-masing plug-in. Saya cari saja yang simpel namun google friendly. Akhirnya ada 3 plug-in yang saya pilih, yaitu:

1. WP Mobile Menu, katanya sih  is an easy to use WordPress responsive mobile menu. Tapi ternyata harus mensetting secara manual dan itu ribet. Akhirnya tidak saya lanjutkan lalu klik “Deactivate”.

2. WP Touch, make your WordPress website mobile-friendly with just a few clicks. Benar sekali. Setelah di-activate, tidak perlu lagi mensetting apapun. Saya cek melalui browser di handphone, tampilannya seperti yang saya harapkan. Simple mobile version.

3. WP Mobile Edition, fully optimized for the best performance on smartphones, compatible with: iPhone, Android, Windows Phone. Simple and easy to use: An Intuitive setting page gives you complete control. Dengan plug-in ini saya juga tidak perlu mensetting apa-apa lagi. Saya cek di handphone, sama seperti yang kedua tadi, tampilannya seperti yang saya harapkan.

Akhirnya yang saya pasang di blog ini adalah plug-in WP Mobile Edition.

Tampilan di browser handphone sebelum blog dipasangi plug-in mobile friendly.

blog wp mobile friendly

Tampilan di browser handphone setelah blog dipasangi plug-in mobile friendly.

Tampilan salah satu konten di browser handphone setelah blog dipasangi plug-in mobile friendly.

Jadi, kalo blog Anda belum mobile friendly, ga perlu buru-buru ganti theme. Cari aja plug-in, lalu pasang di blog Anda. Selesai.

 

Facebook Comments

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
tips blog , ,

2 comments


  1. Alhamdulillah blog saya yg Wp sangat mobile friendly padahal fersi gratisan. Gak perlu nambah plugin lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *