Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner: Ke Yogyakarta Dulu Donk…

Sudah tahu donk yaaaa beberapa destinasi wisata yang terkenal di Indonesia? Terutama destinasi wisata yang ada penerbangan Garuda-nya. Salah satunya adalah Yogyakarta. Kenapa Yogyakarta? Karena, iya benar saya tinggal di kota tersebut hehehe.. selain itu juga karena di Yogyakarta sekarang semakin banyak tempat-tempat tujuan wisatanya. Dari puncak gunung hingga ke dasar laut pun ada.. Halah.. lebayy..

Berdasarkan informasi dari Kompas.com yang terbit setahun yang lalu, berikut ini 10 destinasi wisata terbaik di Indonesia versi Travellers’ Choice Awards 2017:
1. Bali
2. Lombok
3. Magelang
4. Flores
5. Batam
6. Yogyakarta
7. Jakarta
8. Bintan
9. Banda Aceh
10. Bandung

Nahhh… tidak meleset ‘kan kalo saya mengajak Anda untuk jelajah nusantara ke kota Yogyakarta dulu. Selain menjadi salah satu destinasi wisata yang populer, Yogyakarta juga digemari karena budaya Jawa-nya yang kental. Selain kedua hal tersebut, berbagai macam kulinernya juga oke banget untuk dicicipi.

Memangnya apa saja tempat-tempat wisata yang ada di Yogyakarta?

Ngomongin Yogyakarta, dalam hal ini saya ajak Anda untuk mengenal Daerah Istimewa Yogyakarta secara utuh. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Sebagai sebuah provinsi, DI Yogyakarta terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota. Di setiap kabupaten dan kota tersebut, masing-masing memiliki berbagai macam tempat tujuan wisata.

Menurut salah satu sumber saja, ada 200-an tempat tujuan wisata di Yogyakarta. Keren ‘kan? Dan pastinya gak cukuplah menjelajahinya semua hanya ketika ada liburan long weekend hehehe..

Saya sendiri yang wong Yogya saja belum sanggup menuntaskan jelajah wisata Yogya lhoo.. Belum lagi sekarang banyak bermunculan desa-desa wisata yang tentunya menyuguhkan program-program wisata yang kece-kece.

Candi Prambanan

Berikut ini beberapa tempat tujuan wisata yang ada di Yogyakarta, sebagian aja yaa.. ga usah semuanya, supaya Anda makin penasaran hehehe…

Kabupaten Sleman:
1. Candi Prambanan
2. Museum Gunung Merapi
3. Bukit Kali Kuning
4. Bunker Kaliadem
5. Candi Ratu Boko

Kabupaten Bantul:
1. Pantai Parangtritis
2. Kebun Buah Mangunan
3. Puncak Becici
4. Pantai Baru
5. Gumuk Pasir

Kabupaten Kulonprogo:
1. Bukit Cendana
2. Wisata Alam Kalibiru
3. Air Terjun Perawan Sidoharjo
4. Taman Sungai Mudal
5. Goa Kiskendo

Kabupaten Gunungkidul:
1. Jembatan Pantai Timang
2. Goa Pindul
3. Air Terjun Sri Gethuk
4. Pantai Indrayanti
5. Taman Hutan Raya

Kota Yogyakarta:
1. Tugu Yogyakarta
2. Malioboro
3. Kraton Yogyakarta
4. Museum Benteng Vredeburg
5. Pasar Beringharjo

Itu tadi hanya sebagian kecil beberapa tempat tujuan wisata di Yogyakarta yang saya contohkan. Beneran, Yogyakarta menyediakan aneka macam tempat wisata. Wisata pantai, wisata kuliner hasil laut, wisata kota, wisata goa, wisata gunung, desa-desa wisata, wisata becak dan andong. wisata aneka macam kuliner, pemandangan-pemandangan indah, wisata candi, wisata museum, taman dan hutan yang indah-indah, dan lain sebagainya. Dan beneran, ga cukup dijelajahi selama sekali liburan long weekend saja. Anda wajib datang berulang-ulang hingga semua terjelajahi.

Oiya.. di Yogyakarta sudah banyak banget hotel-hotel dan penginapan. Anda tidak perlu takut ga dapat penginapan. Dari hotel bintang lima hingga homestay, semua ada. Apalagi sekarang dimudahkan dengan melakukan booking hotel secara online, tinggal menyesuaikan dengan budget, jarak dari tempat tujuan wisata, serta fasilitas yang dibutuhkan.

Selesai menuntaskan jelajah tempat-tempat wisata, pulangnya Anda bisa bawa oleh-oleh khas Yogyakarta. Mulai dari produk fashion hingga makanan, semua ada. Tinggal pilih.

Bagaimana cara menuju Yogyakarta?

Meskipun wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tidak seluas Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lain-lain, namun sarana transportasi ke Yogyakarta lumayan lengkap. Yogyakarta memiliki bandara internasional, dua stasiun kereta api, juga ada terminal bis antar kota antar propinsi. Jika sudah berada di Yogyakarta, akan mudah bagi Anda menuju tempat-tempat wisata yang diinginkan karena di Yogyakarta tersedia berbagai macam moda transportasi, tinggal pilih. Mau yang konvensional, mau yang online transport, mau yang tradisional, semua ada.

Nahhh.. untuk menuju ke Yogyakarta, paling mudah dan nyaman adalah naik pesawat. Lagipula harga-harga tiket pesawat sekarang sangat kompetitif ya. Mau mahal atau murah, semua ada. Mau seharga tiket kereta api juga banyak hehehe.. Tapi saya pribadi merekomendasikan untuk naik pesawat Garuda Indonesia. Sependek pengetahuan saya, jam terbang pesawat Garuda ini sangat jarang yang mengalami delay (penundaan). Selain itu, memang harga tiket pesawat Garuda Indonesia rata-rata berada diatas tiket-tiket pesawat yang lain, namun tentunya sebanding dengan harga artinya ada fasilitas lebih yang diberikan kepada penumpangnya.

Mau tiket yang murah dengan Garuda Indonesia?

Sekarang jamannya tiket pesawat murah-murah, demikian juga tiket pesawat Garuda Indonesia. Tentunya kita harus rajin update ya, paling mudah sih melalui platform pencarian tiket pesawat murah di internet lewat website maupun apps smartphone. Sekarang ada banyak tersedia platform untuk cari tiket pesawat, salah satunya adalah Skyscanner.

jelajah nusantara bersama skyscanner

Halaman depan website Skyscanner

Dengan menggunakan Skyscanner kita bisa mencari harga tiket garuda yang paling murah dan jam-jam penerbangan yang cocok sesuai dengan kebutuhan. Ikuti aja linknya dan booking harga yang murah langsung dengan airline atau travel agent untuk mendapatkan harga terbaik. Untuk ini, Skyscanner tidak menambahkan komisi apapun.

Skyscanner juga bisa menginformasikan tiket penerbangan termurah dengan Garuda Indonesia tanpa harus memasukkan tanggal dan tujuan yang spesifik. Makanya Skyscanner menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan harga-harga tiket murah untuk perjalanan Anda.

Booking tiket Garuda lewat Skyscanner mudah koq.. Di sebelah kiri, di segmen Airlines ada Sky Team, nah disitu ada banyak pilihan airline, contreng saja Garuda Indonesia maka nanti yang akan muncul adalah hanya penerbangan-penerbangan yang menggunakan Garuda Indonesia berikut jam terbang dan harganya. Setelah memilih jam dan harga yang sesuai, kita akan dibawa ke online travel agent, lalu yang sesuai budget (atau pilih yang paling murah) dan lengkapi semua proses booking Anda. Ikuti petunjuknya hingga proses pembayaran, selesai dehhh, tiket sampai di tangan 🙂

Jadi, siap donk yaaa.. jelajah nusantara? Jangan lupa jelajah Yogyakarta dulu yaaa…

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
blog competition, pariwisata, traveling, wisata jogja , , , , , , ,

5 comments


  1. Sipe. Jogja dulu donk ya… 🙂

  2. aku rindu buat keliling Jogja lagi, semoga ada kesempatan balik lagi deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *