Tumbuh Kembang Dimas: Belajar Makan Serealia

Kalo kemarin saya share pengalaman Dimas belajar makan buah yang dibikin bubur saring, kali ini saya mau share pengalaman Dimas belajar makan serealia atau karbohidrat yang dibikin bubur saring juga.

Tadinya saya masih pengin terus mencobakan makan berbagai macam buah, tapi ketika belanja di Mirota Pasaraya saya menemukan produk yang namanya Tepung Gasol. Tercantum di kemasannya bahwa produk tersebut adalah hasil pertanian organik yang dibuat untuk bahan utama MPASI siap masak. Wow.. langsung deh mata ini berbinar-binar, karena sebelumnya sempat mikir gimana cara bikin tepung beras secara simpel. Alhamdulillah terjawab oleh Tepung Gasol ini.

belajar makan serealia

foto koleksi pribadi

Tepung Gasol dalam satu kemasan yang terdiri dari satu jenis tepung, itu 100% murni, tanpa ada tambahan apapun. Misalnya di kemasannya tertulis tepung beras merah, artinya dia murni 100% dari beras merah tanpa campuran apapun. Demikian juga yang lain.

Tepung Gasol juga tidak instan, karena harus dimasak di atas api terlebih dahulu, tidak bisa diseduh dengan air panas saja. Menurut pengalaman saya, memasaknya tidak lama koq, maksimal 10 menit saja. Setelah itu siap dihidangkan. Untuk Dimas tentunya saya bikin bubur saring, belum bisa diberikan begitu saja.

Kemurnian tepung Gasol tadi tentunya tidak memberikan rasa apa-apa selain murni rasa tepung tersebut. Tapi gapapa karena toh bayi sampai usia 6 bulan hanya mengetahui rasa susu. Dan memang sebaiknya tidak diberikan tambahan gula atau garam karena tidak memberikan tambahan nutrisi. Pemberian garam pada makanan bayi akan membuat ginjal bekerja lebih berat untuk menyaring, sedangkan pemberian gula pada makanan atau minuman bayi akan mengakibatkan kerusakan pada gigi saat gigi susu bayi tumbuh. Sebagai penggugah selera, nantinya bisa bisa diberikan kaldu atau berbagai bumbu yang biasa kita pakai seperti daun salam, daun bawang, seledri, bawang putih, kayu manis, dll.

Kembali ke pengenalan karbohidrat atau serealia tadi ya.. Jadi, karena Dimas baru berusia jalan 6 bulan maka buburnya masih semi cair, cara mudahnya ya dibikin bubur saring. Cairannya menggunakan susu yang biasa dia minum.

Pertamanya Dimas saya kenalkan dengan bubur beras putih. Di hari berikutnya saya kenalkan bubur kacang hijau. Hari berikutnya lagi saya kenalkan bubur beras merah. Alhamdulillah semua Dimas suka dan lahap makannya.

Selama pengenalan makan dari buah dan serealia, pencernaan Dimas alhamdulillah tidak mengalami gangguan. Pupnya tetap lancar seperti biasanya. Anaknya juga makin lincah.

Tahap berikutnya adalah pengenalan sayuran untuk Dimas. Nantikan sharing dari saya ya..

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
parenting, tumbuh kembang anak , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *