Grab for Business

Lanjut yaaa sharing tentang Grab for Business bulan kemarin. Akhirnya YIS resmi bekerjasama dengan Grab untuk program Grab for Business. Insyaallah bermanfaat banget karena seringkali kami butuh transportasi lokal, baik itu untuk membawa penumpang (murid, guru, staf) maupun untuk pengiriman dan pengambilan barang. Sesekali kami juga butuh menyewa mobil.

grab for business

Untuk registrasi Grab for Business, jika kita memilih pembayaran menggunakan Monthly Direct Billing, ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:
1. Print seluruh email untuk ditandatangani oleh Direksi di bagian paling bawah (email yang dimaksud adalah email yang masuk setelah melakukan registrasi melalui website Grab for Business dengan subject “Thank you for registering with Grab for Business”)
2. Akta Perusahaan Terbaru yang baru diperbaharui
3. KTP Direktur utama yang menandatangani perjanjian
4. TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
5. NPWP perusahaan
Tetapi jika memilih pembayaran dengan Corporate Credit Card atau Employee Reimbursement, maka persyaratan-persyaratan tersebut tidak diperlukan.

Setelah saya sebagai Admin mengajukan registrasi Grab for Business dan melengkapi semua persyaratannya, 3 (tiga) hari kemudian saya dihubungi oleh Ha Kwon. Beliau memandu saya untuk mulai mensetting portal Grab for Business.

Saya dengan mba Tira dari Grab

Beberapa hari kemudian, tepatnya 29 Maret 2018, mba Tira dari Grab datang ke kantor YIS untuk mentraining saya. Semacam getting started training. Langkah pertama adalah menyelesaikan setting Admin di portal Grab for Business, yang antara lain:
1. Login melalui https://business.grab.com/login
2. Melengkapi Company Profile
3. Menentukan metode pembayaran
4. Membuat policies untuk user (jika diperlukan)

Setelah setting Admin beres, langkah selanjutnya adalah menginput User (staf/guru) dan mengkoneksikannya. Kunci untuk mengkoneksikan adalah User harus memiliki email. Setelah itu User akan mendapatkan kode yang dikirimkan melalui notifikasi di dalam aplikasi Grab si User.

Trusss… gimana caranya User menggunakan fasilitas Grab for Business ini?

Aplikasi Grab di smartphone

Enggak sulit koq…. Ketika User sudah diberi akses oleh Admin, selanjutnya hanya ada 2 hal yang harus diubah ketika melakukan order Grab.

Pertama, pada kolom Personal, diklik kemudian klik lagi pada nama grup yang tertera di aplikasi Grab.

Kedua, pada kolom Cash, diklik kemudian klik metode pembayarannya yaitu Corporate Billing.

Setelah dua hal itu dilakukan, tinggal klik Book. Selesai.

Selanjutnya User akan mendapatkan Grab receipt, demikian juga si Admin akan mendapatkan Grab receipt yang sama. Dan semua transaksi terekam di portal Grab for Business.

Tagihan dari Grab setiap bulan akan dikirimkan melalui email Admin.

Dengan menggunakan Grab for Business, urusan transportasi lokal menjadi mudah, karena hanya dengan menggunakan aplikasi Grab yang terinstall di dalam smartphone, banyak urusan yang bisa dibereskan. Khusus untuk urusan kantor, bisa cashless.. 🙂

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
traveling, travelling

2 comments


  1. Grab emang keren banget lah, aplikasi yang responsive untuk beberapa kalangan, rekomendasi banget buat yang mau kemana mana pake grab 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *