Memperingati World Health Day 2018 bersama Sembutopia

Hari Sabtu 14 April 2018 kemarin saya mendapat kesempatan untuk berkumpul bersama teman-teman dari Komunitas Blogger Jogja (KBJ) dan Kompasianer Jogja (KJOG) di Cielo 37 Grand Aston Yogyakarta dalam rangka memperingati World Health Day 2018 yang diselenggarakan oleh Sembutopia.

Jujur, sejak mau berangkat saya masih belum ‘ngeh’ apa itu Sembutopia. Sempat searching sebentar dan menemukan satu informasi dari sebuah blog Kompasiana, kemudian saya copy dan simpan di Telegram. Ga penting siapa penyelenggaranya deh, toh saya mau datang karena saya tertarik dengan event World Health Day 2018 -nya yang biasanya diperingati setiap tanggal 7 April.

Tiba di Cielo 37 setelah Maghrib, jadi ontime saya tiba disana, langsung mengisi daftar hadir dan duduk di tempat yang telah disediakan. Sambil nunggu teman-teman yang lain, seperti biasa kenal-kenalan dulu, minimal dengan peserta lain yang sebangku hehehe..

Acara dimulai jam 18:30, langsung diisi oleh Bapak Kafi Kurnia. Wow.. baru pertama kali ini saya bertemu dengan seorang senior dan pakar di bidang marketing dan bisnis. Beliau juga pemilik Peka Consult Inc, serta penulis beberapa buku. Jujur, saya belum pernah beli bukunya Bapak Kafi Kurnia :).

Di sesi pertama ini Bapak Kafi Kurnia mengajak kami semua, para blogger, untuk mulai hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat pula. Beliau memperkenalkan satu produk dari kentang yang namanya Potatoes USA. Selanjutnya tentang kentang dari USA ini dijelaskan lebih jauh oleh Bapak Leonard Cahyadi perwakilan dari Potatoes USA. Jujur, saya kurang menguasai bidang makanan dan kebetulan saya engga sempat mencatat semua penjelasannya. Kalo Anda pengin tau lebih jauh tentang produk ini, silakan buka website Potatoes USA saja ya..

Di ruangan ada beberapa meja yang berisi makanan. Di sebelah kiri saya meja berisi snack-snack dan roti, di sebelah kanan saya meja berisi makanan berat. Jadi memang malam itu kami mendapat kesempatan dinner dan mencicipi beberapa makanan yang terbuat dari Potatoes USA. Untuk snack dibuat oleh Chef Jojo dari Grand Aston, sedangkan untuk roti dibuat oleh R&B Grilled. Malam itu dari R&B yang hadir adalah Ibu Arifatun.

Setelah penjelasan tentang Potatoes USA, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama (dinner). Beberapa makanan ringan yang saya cicipi adalah Blinis with Asian Fish, Krecek Cigar, Sate Buntel, Bitterbalen dan roti.

Di satu meja lain disediakan juga Apel Washington, saya lupa ngambil 🙂 . Menurut Pak Kafi, apel ini adalah apel yang terbaik.

Setelah makan malam bersama, acara dilanjutkan dengan ramah tamah, diisi oleh Bapak Kafi Kurnia lagi. Nahhh.. kali ini Bapak Kafi Kurnia menjelaskan apa sih Sembutopia itu. Satu pertanyaan yang saya simpan sejak awal mengikuti acara tersebut hehehe..

Di akhir acara, Bapak Kafi Kurnia menyampaikan bahwa beliau memang mengumpulkan para blogger untuk turut serta mengedukasi masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan. Mulai April ini dan seterusnya setiap bulan akan diadakan lomba blog tentang kesehatan. Untuk bulan April ini temanya adalah pemberdayaan kesehatan nasional. Nanti di bulan Mei, akan beda lagi temanya. Lomba blog ini terbuka untuk umum. Khusus untuk lomba blog bulan ini, Anda bisa membaca informasi selengkapnya disini.

Selesai acara ini dilanjutkan dengan foto bersama, hikss.. sayangnya saya pulang duluan sehingga tidak sempat ikutan berfoto ria. Oiyaaa.. pulangnya dibawain goodie bag yang isinya banyak dan sangat bermanfaat 🙂 . Terimakasih, Sembutopia!

Jadi, apa itu Sembutopia?

Sembutopia adalah platform digital yang diluncurkan pada bulan November 2017 oleh Bapak Kafi Kurnia. Visinya sederhana yaitu ia ingin menampilkan sebuah media yang bisa bermanfaat untuk melakukan kegiatan komunitas seperti edukasi, inspirasi dan motivasi di self-healing atau pemberdayaan kesehatan nasional.

Kehadiran Sembutopia didasari oleh keprihatinan bahwa prestasi Indonesia dalam manajemen kesehatan masih tertinggal sangat jauh. Dalam laporan Human Development Report 2016 yang dikeluarkan oleh UNDP, menyebutkan bahwa di bidang kesehatan Indonesia berada di peringkat 113 tertinggal. Coba deh bandingkan dengan Singapore (peringkat nomer 5), Hongkong (peringkat 12) dan  Malaysia (peringkat 59).

Sembutopia  merumuskan 5 pilar pokok untuk program edukasi dan motivasinya :
1. Hope (dibutuhkan harapan untuk sembuh)
2. Heal (juga upaya penyembuhan)
3. Habitat (lingkungan yang sehat)
4. Health (kondisi sehat yang optimum)
5. Happiness (tingkat kebahagiaan setelah pencapaian kondisi optimum)

Dari penjelasan Bapak Kafi Kurnia kemarin yang menyatakan bahwa orang Indonesia itu susah kalo diajak sehat, tetapi ketika sakit mereka menjadi sangat termotivasi untuk sembuh. Karena itu lahirlah SEMBUTOPIA. Hehe.. bisa jadi memang dari kata “sembuh”.

Dan kegiatan Sabtu malam itu tujuannya adalah Sembutopia ingin mengajak para blogger untuk memenuhi jagat maya dengan konten gaya hidup sehat yang selama ini belum disadari masyarakat Indonesia. Sembutopia ingin memenuhi media sosial dan dunia maya dengan konten positif, mengkampanyekan pentingnya kesehatan melalui konsep self-healing yakni memaksimalkan potensi diri agar tidak mudah sakit.

Yukkk.. ahhh.. menebarkan manfaat melalui blog competition (lomba blog) yang diselenggarakan oleh Sembutopia ini. Sekali lagi info lengkapnya ada disini.

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
lifestyle, reportase, tips sehat , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *