Qlapa: Rumahnya Produk Handmade Indonesia

Indonesia adalah negara besar yang bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika. Indonesia sangat beraneka ragam. Terdiri dari ribuan pulau dimana para penghuninya memiliki suku, bahasa dan budaya sendiri-sendiri. Keanekaragaman tersebut otomatis ada pada produk lokalnya juga karena setiap daerah memiliki produk-produk khas masing-masing. Produk khas yang unik, tidak sama antara satu daerah dengan daerah lainnya, dan biasanya dibuat dengan tangan (handmade).

Produk Lokal Handmade Indonesia

Memangnya apa saja sih produk lokal handmade yang ada di Indonesia? Yaitu antara lain pakaian, aksesoris, tas etnik, hiasan gantung, sepatu, dompet kulit, alas kaki, produk kecantikan, makanan, minuman, dan berbagai macam produk buatan tangan lainnya.

qlapa rumah handmade

Contoh produk-produk lokal handmade. (sumber: Qlapa)

Melihat keanekaragaman produk lokal Indonesia yang kita miliki menjadikan sebagian dari kita pun ingin memilikinya. Mungkin hanya untuk dikoleksi, mungkin juga memang akan dipakai, atau mungkin juga sebagai hadiah. Sayangnya tidak mudah bagi kita untuk menjelajah ke berbagai daerah di Indonesia hanya untuk mendapatkan barang-barang tersebut. Mendatangi setiap daerah tentunya butuh waktu khusus, biaya yang tidak sedikit, dan tenaga.

Lalu apakah ada cara mudah untuk mendapatkan produk-produk lokal handmade tersebut?

Jaman sekarang, apa sih yang tidak dimudahkan? Ketika teknologi sudah semakin canggih dan menembus ke seluruh pelosok negeri, selalu ada solusi dibalik suatu kesulitan. Kalau sekarang beli barang-barang konsumtif tinggal klak-klik di toko online lalu kita tinggal nunggu barangnya dikirim ke rumah, produsen produk lokal handmade pun tidak mau ketinggalan. Internet telah memberikan banyak kemudahan dalam melakukan penjualan barang. Sekarang produk-produk lokal handmade bisa dibeli lewat toko online juga. Sehingga kita tinggal cari apa barang yang dibutuhkan, masukkan keranjang, lakukan pembayaran, dan tunggu saja barang diantar ke alamat kita. Mudah ‘kan? Gak perlu lagi terbang kesana kemari untuk belanja produk-produk lokal handmade dari berbagai daerah.

Bagi Anda yang produsen, tak perlu lagi mengalami kesulitan dalam memasarkan produk-produk handmade karya Anda. Tidak perlu menunggu ada orang dari luar daerah yang datang ke tempat Anda untuk membelinya. Karena dengan adanya internet Anda bisa menjual produk-produk Anda melalui toko online yang terpercaya. Jadi, penjual dan pembeli tetap bisa dipertemukan secara online. Mudah ‘kan?

Qlapa Rumahnya Produk Handmade Indonesia

Nah, menjawab kebutuhan akan toko online yang khusus melayani jual beli produk lokal handmade, maka Qlapa rumahnya produk handmade Indonesia hadir di tengah-tengah maraknya toko online.

Apa itu Qlapa? Qlapa adalah situs jual beli online untuk produk handmade unik seperti yang saya sebutkan diatas tadi. Di Qlapa kita bisa menemukan berbagai produk unik yang tidak dijual di tempat lain mulai dari kerajinan tradisional sampai dengan produk rancangan modern. Dengan membeli langsung dari pembuatnya, kita akan mendapatkan harga terbaik untuk semua produk kerajinan tangan. Selain itu, membeli langsung dari pembuatnya memudahkan kita untuk mengatur dan memodifikasi produk pesanan kita. Karena produk handmade dan kerajinan tangan dibuat satu-persatu, keunikan produk yang dijual di Qlapa menjadi daya tarik sendiri jika kita mencari hadiah unik atau ingin tampil beda.

Qlapa memilih dan menjaga mutu produk handmade dan kerajinan tangan yang dijual di situsnya melalui proses kurasi. Qlapa memastikan foto dan deskripsi yang diberikan jelas dan jujur sehingga memudahkan pembeli memilih produk unik yang diinginkan. Jadi, Qlapa merupakan pusatnya produk handmade pilihan yang terkurasi.

Kerajinan tangan dan produk handmade kita telah diakui di mata dunia. Qlapa dibuat agar produk handmade dan kerajinan tangan lokal dapat menjangkau pasar yang lebih luas baik nasional maupun internasional. Pembeli dapat dengan mudah mencari dan membeli kerajinan tangan dari pengrajin di Jakarta, Jogja, Bandung, Bali, Solo, dan kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Tas Bayi (sumber: Qlapa)

Berbelanja di Qlapa rasanya seperti masuk ke sebuah mall yang khusus menjual barang-barang etnik. Ada begitu banyak pilihan. Ada produk-produk untuk wanita, pria, dan anak-anak. Ada produk-produk untuk isi dan dekorasi rumah. Ada gadget dan berbagai peralatan. Ada produk kuliner. Ada produk perawatan dan kecantikan. Dan ada pula produk-produk untuk perayaan dan hadiah.

Lalu, apakah belanja lewat Qlapa aman? Belanja online melalui Qlapa dijamin mudah, nyaman, dan aman. Qlapa mendukung berbagai macam metode pembayaran dan pengiriman produk kerajinan tangan ke seluruh Indonesia. Situs Qlapa sangat user friendly (ramah kepada pengguna). Menu-menu di dalamnya cukup komplit. Bahkan ada panduannya. Jadi, mulai sekarang tidak perlu bingung-bingung ketika membutuhkan produk-produk handmade lokal Indonesia yang unik-unik karena kita bisa membelinya lewat Qlapa. Qlapa rumahnya produk handmade Indonesia, tempat menemukan produk bernilai untuk berbagai hal, antara lain untuk hadiah, koleksi, dan lifestyle (gaya hidup).

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
blog competition, fashion, lifestyle , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *