Selalu Segar dan Semangat Beraksi Bersama Kiranti

Hari Sabtu 12 Mei 2018 kemarin saya menghadiri undangan yoga dan Kiranti, dimana Kiranti sebagai salah satu sponsor dalam event Yoga Festival 2018 di Lapangan Brahma kompleks Candi Prambanan Yogyakarta. Menurut undangan, acara dimulai jam 3 sore. Saya tiba di kompleks Candi Prambanan setengah jam sebelumnya, tetapi saya bingung mencari venue-nya. Ternyata saya salah masuk, seharusnya tidak melalui pintu masuk utama, tetapi yang benar adalah pintu yang utara (200-an meter dari pintu utama). Jadilah saya bersama beberapa teman dari KBJ dan KEB berjalan kaki menuju tempat registrasi mengingat mba Anna Maria dari Kiranti menunggunya disana.

Setelah semua berkumpul di tempat registrasi, kemudian kami bersama-sama menuju Lapangan Brahma yang ternyata letaknya adalah di depan museum. Sudah ramai sekali disana. Tampak para peserta Yoga Festival 2018 begitu bersemangat. Disana sudah disiapkan panggung utama dan tempat khusus untuk para peserta yoga. Sedangkan di kanan kiri banyak tenda-tenda yang berisi stand para sponsor acara Yoga Festival 2018 tersebut, dimana salah satunya adalah Kiranti.

Venuenya cakep banget dengan latar belakang Candi Prambanan. Beruntung stand Kiranti ada di belakang, sehingga kami semua bisa berkumpul di depan stand Kiranti, tidak perlu bergabung dengan para peserta yoga.

yoga dan kiranti

Gerbang masuk ke area Yoga Festival 2018

Berfoto bersama Bapak Harianus Zebua di depan stand Kiranti

Talkshow Kiranti

Selama kami disana mulai jam 15:30 WIB hingga 17:00 WIB, acara yoganya belum juga dimulai. Jadi masih diisi dengan berbagai macam acara talk show. Ada juga selingan berupa yoga dance. Menjelang jam 17:00 WIB di panggung sedang ada talkshow dengan Minati Atmanegara, tetapi saya tidak begitu menyimak, karena bersamaan dengan menyimak tanya jawab kami dengan Bapak Harianus Zebua (Head of Corporate and Marketing Communication OT Group) seputar produk Kiranti.

Goodie bag beserta isinya

Oiyaaa… kemarin kami masing-masing mendapatkan voucher yang bisa ditukarkan dengan 1 botol Kiranti gratis. Jika nambah Rp 10.000 akan ditambah 2 botol Kiranti (bebas memilih) dan mendapatkan satu undian berhadiah. Alhamdulillah kemarin saya punya dua voucher dan karena nambah masing-masing Rp 10.000 maka saya mendapatkan dua undian dengan hadiah tas belanja dan satu botol Kiranti Orange. Dan setelah selesai acara press conference, kami mendapatkan goodie bag yang isinya kece abissss…! Terimakasih, Kiranti!

Sekilas tentang Kiranti

Dari tadi saya menyebut-nyebut Kiranti, yang menjadi salah satu sponsor event akbar semacam Yoga Festival 2018, lalu siapakah sebenarnya Kiranti itu?

Kiranti adalah minuman sehat wanita yang terbukti berkhasiat mengatasi masalah wanita dan memelihara kesehatan wanita sejak tahun 1994. Kiranti terbuat dari 100% bahan-bahan alami pilihan, yaitu:
1. Kunyit: Kurkuminoid-nya yang tinggi efektif meringankan nyeri/kram menstruasi dan menekan peradangan.
2. Asam jawa: Mengandung asam tartrat, asam sitrat, asam apel, vitamin B, glavonoid dan C-glikosid yang berkhasiat memberi rasa asam yang khas dan enak serta memperlancar menstruasi.
3. Jahe: Berfungsi sebagai mefenamic acid dan ibuprofen guna meringankan nyeri saat menstruasi dan mengurangi bau tak sedap.
4. Kencur: Mengandung P-metoksi sinamat, kaempferol dan minyak atsiri yang bersifat analgesik alami (menghilangkan rasa sakit).
5. Gula jawa dan gula pasir: Pemanis yang digunakan oleh Kiranti adalah 100% gula jawa dan gula pasir alami tanpa bahan pemanis buatan (aspartam).
6. Konsentrat jeruk untuk rasa yang lebih enak, segar, dan menambah vitamin C. Bahan yang ini khusus untuk Kiranti Jus (Orange).

Dalam proses produksinya, Kiranti juga telah mendapatkan sertifikat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar) dari Menteri Kesehatan pada tahun 2005. Selain itu, Kiranti juga merupakan satu-satunya minuman datang bulan yang mendapatkan sertifikasi OHT (Obat Herbal Terstandar) atas pembuktian keamanan dan khasiatnya melalui uji pra klinis dan bahan bakunya yang telah distandarisasi. Kiranti juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Tiga (3) varian Kiranti

Saat ini, Kiranti tersedia dalam 3 (tiga) varian yaitu Kiranti Sehat Datang Bulan Original dan Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Orange Juice (saya menyebutnya ‘Kiranti Orange’), keduanya berfungsi untuk membantu melancarkan haid dan mengatasi berbagai keluhan haid, serta Kiranti Pegal Linu yang aman diminum kapan saja dan berfungsi untuk membantu mengatasi pegal linu, keletihan, meringankan sakit pada persendian serta menghangatkan tubuh.

Apa bedanya Kiranti Sehat Datang Bulan Original dengan Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Orange Juice? Bedanya adalah pada Kiranti Sehat Datang Bulan Original bahan alaminya dilarutkan dengan air putih, sedangkan pada Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Orange Juice bahan alaminya dilarutkan dengan air jeruk.

Kiranti bisa dibeli di mana-mana karena memang dijual bebas. Di setiap supermarket pasti ada, jadi tidak harus membeli di apotek atau toko obat.

Saya pribadi sudah mengenal Kiranti sejak lama, mungkin sejak pertama kali muncul. Saya suka minum Kiranti karena rasanya yang segar jamu dan menghangatkan tubuh. Kiranti ini brandingnya sangat sukses. Coba deh tanya ke banyak perempuan, apa minuman untuk nyeri haid, pasti jawabnya “Kiranti” 🙂

Beberapa hal penting yang perlu kita ketahui dari Kiranti:

1. Kiranti menggunakan kemasan botol kaca untuk menjaga kualitas isi. Botol kaca adalah kemasan yang paling sehat dan paling menjaga kualitas alami Kiranti di dalamnya dari sinar matahari langsung yang dapat menurunkan kualitas alami Kiranti. Selain itu, botol kaca tidak dapat terkontaminasi dan tidak reaktif terhadap bahan di dalamnya. Dengan begitu Kiranti akan terus terjaga kandungan dan khasiatnya hingga sampai di tempat kita.

2. Kiranti sudah menemani wanita Indonesia sejak tahun 1994. Kiranti sudah 24 tahun menemani kita. Perjalananya pun sudah cukup panjang: 1994 launching Kiranti Sehat Datang Bulan, 1997 rejuvenasi desain label dan botol, 2001 launching Kiranti Pegal Linu, 2004 launching Kiranti Slim Sehat Wanita, 2006 rejuvenasi desain label dan botol, 2009 rejuvenasi desain label, 2010 launching Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice, 2012 rejuvenasi desain label dan botol, 2016 rejuvenasi desain label.

3. Kiranti satu-satunya OHT untuk kategori minuman sehat wanita. OHT merupakan Obat Herbal Terstandar dimana produk yang memiliki logo OHT ini adalah produk yang telah terbukti keamanan dan manfaatnya melalui uji pra klinis dan bahan baku standar. Kiranti tidak mengandung aspartam dan tidak menyebabkan rahim kering. Jadi, Kiranti sudah terjamin keamanannya.

4. Kiranti mendapatkan Top Brand selama 9 tahun berturut-turut. Kiranti telah mendapatkan penghargaan Top Brand Award untuk kategori Women’s Health Drink sejak tahun 2008 hingga 2017.

Kiranti Mengatasi Nyeri Haid

Menjadi perempuan tidaklah mudah. Menjalankan multi-peran dan multi-tugas sudah merupakan bagian dari keseharian perempuan. Ada saat-saat dimana perempuan membutuhkan semangat untuk tetap segar dalam menjalani aktivitas rutinnya. Untuk bisa terus aktif, perempuan membutuhkan tubuh yang segar. Kiranti yang diformulasikan dari bahan-bahan alami asli Indonesia yang diolah secara modern memiliki kepedulian untuk mendorong kaum perempuan terus beraksi mengatasi segala hambatan dan penuh semangat untuk mencapai apa yang dicita-citakan. Sudah 24 tahun Kiranti menjadi sahabat perempuan di Indonesia, menemani mereka saat menjalani masa datang bulan. Kiranti juga selalu hadir memberikan kesegaran agar perempuan Indonesia tetap bisa beraksi.

Menurut hasil penelitian Tim Riset dari Kiranti, ada dua jenis perubahan yang dialami oleh perempuan saat menstruasi, yaitu perubahan secara fisik dan perubahan secara emosional. Mayoritas mengalami perubahan secara fisik (91,4%). Perubahan fisik yang dialami dan hal yang paling dirasakan adalah kelelahan, nyeri, sakit perut, sakit kepala dan sakit kembung. Sedangkan perubahan secara emosional hanya dirasakan oleh 8,6% netizen.

Perempuan wajib tahu bahwa ada 4 fase pada menstruasi, yaitu:

1. Fase Menstruasi: Pada hari 1-7, dinding rahim dari tubuh keluar dan meluruh, disebabkan tidak adanya pembuahan pada ovum (sel telur).

2. Fase Pra-Ovulasi: Hari ke 8 – 14. Masa pembentukan dan pematangan ovum (sel telur) dalam ovarium dipicu oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Hormon estrogen adalah hormon yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan karakteristik seksual wanita serta proses reproduksi.

3. Fase Ovulasi: Hari ke 15 – 21. Masa subur dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi. Apabila perempuan melakukan hubungan seksual pada masa subur maka kemungkinan terjadi kehamilan.

4. Fase Pasca-Ovulasi: Hari ke 22 – 28. Tahap dimana naiknya produksi progesteron dan siap menerima embrio (bakal janin) untuk berkembang. Jadi, jika tidak terjadi proses fertilisasi (pembuahan) maka fase menstruasi akan terulang. Tanda menjelang menstruasi disebut PMS ini biasanya terjadi 1-2 minggu sebelum dimulainya periode menstruasi. Hormon progesteron adalah hormon yang berperan penting dalam siklus menstruasi serta menjaga kehamilan pada trimester pertama.

Nahhh.. tanda-tanda menjelang menstruasi itu antara lain:
1. Fisik: jerawatan, sakit kepala atau pusing, basah atau keputihan, nyeri dan bengkak pada payudara.
2. Psikis: mood swing, badan terasa pegal, nafsu makan bertambah atau berkurang.

Kenapa saat menstruasi suka nyeri? Karena pada saat menstruasi, terjadi peningkatan kadar hormon Prostaglandin pada tubuh kita. Kondisi ini memicu timbulnya kontraksi otot-otot rahim untuk meluruhkan darah dan membuat perut bagian bawah nyeri. Hormon prostaglandin juga menyebabkan peradangan (inflamasi) sesaat di sekitar jaringan rahim, akibatnya kita merasa “panas dingin”. Umumnya nyeri yang terasa di bawah perut itu terjadi pada hari pertama dan kedua menstruasi. Rasa nyeri akan berkurang setelah keluar darah yang cukup banyak.

Nyeri haid (dysmenorhea) yang dialami oleh hampir sebagian besar wanita ini memang mengganggu aktivitas. Mulai dari rasa pegal-pegal di panggul sampai rasa diremas-remas di perut bagian bawah. Nahhh.. disinilah Kiranti memiliki peran mengurangi nyeri haid kita, caranya ketika rasa itu datang segera saja minum Kiranti Sehat Datang Bulan, bisa yang original, bisa juga yang jus (orange), dan sebaiknya diminum 3 hari sebelum hingga 3 hari sesudah menstruasi.

Mengapa diminum 3 hari sebelum hingga 3 hari sesudah menstruasi? Karena masalah menstruasi tidak hanya terjadi pada saat masanya saja tetapi juga sebelum dan sesudah menstruasi. Masalah-masalah tersebut antara lain:
1. Pada masa PMS (pre menstrual syndrom): tubuh wanita umumnya mengalami perubahan mood, keputihan, sakit pinggang, jerawat bermunculan, hingga nafsu makan bertambah.
2. Pada masa menstruasi:  Rasa nyeri, bau badan, dan pusing sering menghampiri disertai dengan emosi yang tidak terkontrol serta perasaan sensitif.
3. Pada beberapa wanita keputihan dan bercak darah haid yang tidak bersih juga menjadi masalah setelah haid berakhir.

Sesi tanya jawab (press conference) bersama Bapak Harianus Zebua

Yoga dan Kiranti, Apakah Ada Hubungannya?

Kenapa Kiranti menjadi sponsor Yoga Festival 2018? Apakah yoga dan Kiranti itu ada hubungannya? Ya, sangat ada! Melakukan yoga dan mengkonsumsi Kiranti merupakan kombinasi yang baik.

Kiranti dengan bahan-bahan alaminya akan memaksimalkan metabolisme di dalam tubuh, agar tubuh tetap segar dan mudah melakukan berbagai aksi.

Gerakan yoga tak hanya dapat membuat pikiran dan tubuh lebih rileks, tetapi juga bisa membantu meredakan nyeri pada saat menstruasi. Segera ambil matras yoga dan lakukan beberapa gerakan sederhana untuk membantu membuat otot perut lebih rileks dan jauh dari nyeri serta kram perut.

Gerakan-gerakan yoga pada gambar berikut ini bisa dicoba:

Tips Mengatasi PMS

Selain melakukan yoga, berikut ini ada beberapa tips mengatasi gejala PMS, semoga bermanfaat yaaa…

1. Me Time. Seperti dikutip dari Female First, ‘obat’ terbaik untuk mengusir stress adalah meluangkan waktu untuk santai sendirian (me time). Pada dasarnya manusia meskipun dia bersosialisasi, tapi tetap adalah manusia individual. Butuh waktu buat sendiri. Manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain.

2. Olahraga. Berolahragalah untuk membantu meningkatkan mood dan melawan kelelahan yang kita rasakan. Aktivitas fisik cukup efektif menghilangkan krengki karena akan meningkatkan produksi hormon endorphin. Hormon ini membuat perasaan lebih baik, menurunkan gejala depresi, meningkatkan energi serta membantu tetap tenang dan lebih fokus saat menghadapi stress.

3. Makanan. Makanan yang dikonsumsi juga bisa membantu mengatasi masalah krengki dan kondisi fisik yang kurang fit akibat PMS. Sebaiknya hindari makanan dengan kadar gula tinggi seperti coklat atau es krim atau cake, karena efek ‘bahagia’-nya hanya sementara dan setelah efeknya hilang, stress justru semakin bertambah parah. Hindari pula minuman yang mengandung kafein, garam yang tinggi dan makanan yang tinggi natrium seperti kentang, sosis, makanan beku dan kalengan. Konsumsi makanan yang kaya akan makanan yang berkalsium tinggi, perbanyak makan sayur dan buah serta minum air putih disertai konsumsi vitamin, dengan begitu rasa krengki akan hilang seketika karena badan yang sehat dan bugar.

4. Mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat yang ditetesi minyak esensial akan membuat seluruh otot tubuh yang tadinya tegang menjadi rileks. Jenis minyak esensial yang tepat untuk kebutuhan ini adalah peppermint, camomile dan lavender. Cukup 3-5 tetes minyak esensial pada air mandi akan membuat kita merasa segar kembali.

5. Sedia Kiranti Sehat Datang Bulan. Kiranti Sehat Datang Bulan Original atau Plus Orange Juice sangat cocok untuk meredakan nyeri perut di saat PMS dan membuat mood balik lagi. Minum 3 hari sebelum, selama dan 3 hari sesudah menstruasi untuk hasil yang maksimal.

Jadi, ketika menstruasi datang, jangan terus bermalas-malasan ya.. Kerjakan tips-tips di atas, lakukan yoga, dan jangan lupa minum Kiranti, maka kita akan selalu segar dan bersemangat. Dengan demikian produktivitas menjadi tidak terganggu 🙂

Minum Kiranti Tidak Melulu Saat Nyeri Haid

Kiranti melalui event Yoga Festival 2018 ingin mengajak kaum perempuan untuk melawan rasa lelahnya terutama pada saat mengalami menstruasi. Rasa lelah dapat menyebabkan perempuan cenderung malas untuk bergerak sehingga aktivitas kesehariannya terganggu. Saat mengalami menstruasi inilah, apapun perubahan yang dialami, Kiranti mengajak perempuan Indonesia untuk tetap menyalakan semangatnya. Tidak mudah memang. Tetapi jika fisik perempuan pada saat periode menstruasi terasa segar maka akan lebih mudah baginya untuk memiliki rasa semangat, sehingga dia lebih siap menjalankan aksinya.

Menurut Harianus Zebua, Kiranti yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami mampu memberikan kesegaran bagi perempuan, sehingga dapat beraktivitas secara normal. Jadi meskipun tidak merasa nyeri saat haid, Kiranti tetap dapat diminum karena akan membantu mengatasi kelelahan dan memberikan kesegaran. Apalagi jika mengkonsumsi Kiranti Jus (Kiranti Orange), yang pelarutnya berupa satu buah jeruk. Tidak hanya rasa segar di badan yang didapatkan, tetapi juga rasa jeruk asli yang enak.

Selain itu, Kiranti juga punya varian Kiranti Pegal Linu yang berfungsi meredakan pegal linu, meringankan sakit pada persendian, serta menghangatkan tubuh. Varian yang ini bisa diminum setiap hari setelah beraktivitas. Bisa banget diminum juga oleh kaum pria 🙂

Dengan demikian, Kiranti bisa diminum kapan pun kita mau, tidak melulu saat nyeri haid. Dannn.. tentunya bersama Kiranti kita akan selalu segar dan semangat! 🙂

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
lifestyle, reportase, tips cantik, tips sehat , , , , , , , ,

5 comments


  1. Lengkap juga ini infonya

  2. Pingback: Selalu Segar dan Semangat Beraksi Bersama Kiranti

  3. aku sendiri peminum kiranti mbak, senengnya bisa join acara yoga bersama kiranti,seru banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *