Mengatasi Keluhan Kehamilan Secara Alami

Setiap ibu hamil pasti mengalami keluhan-keluhan selama kehamilan yang biasa disebut gangguan kehamilan. Beda ibu hamil, beda keluhannya. Walaupun ada beberapa yang mengalami keluhan kehamilan yang sama.

Berikut ini beberapa keluhan yang dialami ibu hamil beserta cara mengatasinya yang ditulis oleh Bonny D. Hall di majalah Ayah Bunda edisi beberapa tahun yang lalu. O iya, saat mengalami keluhan kehamilan sebaiknya tidak langsung mengkonsumsi obat-obatan kimia tetapi atasi dulu secara alami.

1. Mual – muntah

Atasi dengan jahe dalam bentuk teh, permen, atau irisan yang disesap. Zat oleoresin di dalamnya penangkal alami mual-muntah, demikian menurut Jennifer Tanner, dokter obat naturopatik dari Toronto Kanada.

2. Kaki bengkak

Zat protein, air dan vitamin B6 adalah obat alamiah kaki bengkak.

3. Heartburn

Kayu manis, kapulaga dan jahe mengandung minyak atsiri yang mampu meredakan rasa tak nyaman, meningkatkan aliran cairan lambung dalam perut, dan bersifat karminatif serta anti-spasmodik untuk meredakan heartburn.

Sedangkan di barat, cara efektif menetralisir asam lambung adalah dengan makan sebutir apel.

Heartburn disebabkan oleh fluktuasi hormon progesteron saat hamil, demikian menurut Shade Chatrath, bidan teregistrasi asal Toronto Kanada.

4. Anemia

Bayam dan daging merah penangkalnya, sebab mengandung zat besi. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 27 mg asupan zat besi per hari.

5. Wasir

Kiwi, jeruk, paprika yang kaya vitamin C dapat mengatasi dan mencegah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus yang dialami oleh 35% ibu hamil.

6. Stretch marks

Minyak kelapa yang dioles ke perut selama hamil dapat mengurangi resiko stretch marks. Meski tak bisa dihindari sepenuhnya sebab dipengaruhi juga oleh faktor genetika.

7. Anyang-anyangan

Minum perasan jeruk nipis ditambah air hangat dan gula secukupnya, diyakini dapat mengatasi rasa tidak tuntas dan nyeri saat berkemih.

8. Konstipasi

Prune, kurma, oatmeal mengandung serta yang dapat meningkatkan aktivitas sistem pencernaan. Konstipasi kerap dialami saat hamil akibat melambatnya aktivitas organ pencernaan yang disebabkan oleh meningkatnya level hormon progesteron.

9. Susah tidur

Segelas susu hangat atau teh chamomile memiliki efek relaksasi untuk membantu Anda tidur.

10. Kram kaki

Pisang atau avokad yang kaya potasium. Kram dalam kehamilan sering terjadi pada otot betis dan belakang lutut, disebabkan oleh kelelahan kaki setelah menopang beban kandungan, karena kurangnya aliran darah ke bagian bawah tubuh akibat peningkatan berat badan dan tekanan di uterus, dan akibat ketidakseimbangan kadar mineral darah (kalsium, potasium, dan magnesium terlalu rendah, fosfor terlalu tinggi) sehingga menyebabkan gangguan pada sistem saraf otot-otot tubuh.

Saya lupa apa saja keluhan kehamilan yang saya rasakan pada waktu kehamilan anak pertama dulu. Sedangkan pada kehamilan kedua di tahun 2017 kemarin, beberapa keluhan yang saya alami adalah kaki bengkak sejak usia kandungan 7 bulanan, kedua telapak tangan mati rasa, dan keputihan.

Telapak tangan mati rasa ini tidak bisa saya apa-apakan. Saya hanya rajin menggerakkan jari jemari kedua tangan saya, minimal untuk mengetahui bahwa kedua tangan saya masih bisa bergerak, masih bisa memegang, dan masih bisa digunakan untuk mengerjakan banyak hal. Alhamdulillah setelah melahirkan, mati rasa itu menghilang meskipun secara perlahan.

Sedangkan mengenai keluhan keputihan, menurut dokter SpOG, memang tidak ada obatnya. Hanya disarankan untuk tidak memakai celana dalam selama berada di rumah. Hiksss… tapi saya ‘kan enggak tahan yaaa.. karena otomatis lembab. Terpaksa dehhh saya menggunakan panty liner produknya Softex yang mengandung Daun Sirih itu. Alhamdulillah, begitu lahiran, keluhan ini hilang total hingga sekarang.

Jadi, buat Anda yang sedang hamil, gak perlu panik jika mengalami keluhan-keluhan seperti di atas yaa.., diatasi saja dulu secara alami.

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
tips ibu hamil ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *