Liburan di Jakarta, Menginapnya di Hotel Saja

liburan di jakarta

sumber: pixabay.com

Yeayyyy.. bulan Agustus sudah hampir habis. Selanjutnya akan masuk ke bulan-bulan yang berakhiran dengan “-ber”. Artinya akhir tahun sudah di depan mata. Akhir tahun biasanya anak-anak sekolah pada libur semesteran. Untuk tahun ajaran 2018/2019 kali ini libur semester ganjil jatuh pada tanggal 24 Desember 2018 hingga 5 Januari 2019. Jadi kepikiran pengin ngajak anak-anak liburan di Jakarta dan menginapnya di hotel saja.

Sebenarnya keluarga besar saya banyak yang tinggal di Jakarta. Demikian juga teman-teman baik saya juga banyak yang disana. Kalo pun pengin menginap di salah satu rumah mereka, pasti bolehlah, mereka pasti welcome. Tapiiii, kali ini saya penginnya nginep di hotel saja.

Tanya kenapa? Satu, agar supaya tidak merepotkan keluarga atau teman. Dua, agar lebih bebas mengeksplor Jakarta. Tiga, agar supaya tidak cuma urusan bisnis saja yang bisa menginap di hotel. Empat, pengen redeem poin dari Traveloka.

Untuk rencana berangkat ke Jakarta sih saya lebih suka menggunakan kereta api. Lebih asyik karena sambil mengajari Dimas untuk melihat pemandangan sepanjang perjalanan dari Yogyakarta menuju Jakarta. Nah, sepertinya prefer berangkat pagi hari deh dari Yogyakarta. Lagipula sekarang fasilitas dan pelayanan kereta api toh sudah keren, enggak seperti jaman saya masih single dulu. Jadi, meskipun menggunakan kereta api kelas ekonomi, sudah cukup nyaman.

Setibanya di Jakarta nanti, mungkin saya akan bawa anak-anak untuk mampir ke rumah saudara dulu. Setelah itu baru deh pindah ke hotel untuk mulai menginap dan mengeksplor Jakarta. Syukur-syukur keluarga Jakarta ada yang berkenan ikutan, jadi bisa lebih seru 🙂

Nahhh.. sekarang saatnya memikirkan untuk mencari hotel yang nyaman namun harganya terjangkau, syukur-syukur bisa menggunakan poin dari Traveloka hehehe.. Lumayanlah saya punya ribuan poin dari Traveloka yang bisa di-redeem.

Koq bisa? Jadi ceritanya di tempat kerja saya, salah satu tugas saya adalah mengurusi akomodasi rekan-rekan kerja yang sering diundang workshop atau training di luar kota maupun di luar negeri. Otomatis saya jadi terbiasa mencarikan tiket pesawat dan juga hotel untuk menginap mereka.

Dari berbagai macam agen online untuk ticketing dan kawan-kawannya, paling nyaman buat saya adalah menggunakan Traveloka. Karena dengan Traveloka, saya tidak dialihkan ke agen online lainnya (biasanya untuk melakukan perbandingan harga). Jadi mulai dari pesan hingga issued tiket atau voucher hotel hanya dilakukan di satu tempat itu saja (Traveloka).

Buat saya memesan hotel di Traveloka tidak ribet, pembayarannya mudah, cepat dan dengan pilihan hotel yang lengkap di seluruh Indonesia bahkan di dunia. Untuk urusan refund (jika terjadi cancellation) pun mudah dan dananya cepat ditransfer.

Kembali ke rencana liburan ke Jakarta tadi yaaa… Jadi, tujuan utamanya adalah Jakarta Pusat. Yang pengin dieksplor di Jakarta Pusat antara lain adalah: (1) Monas (Monumen Nasional), ini sudah pasti karena dia merupakan ikonnya Jakarta, wajib dikunjungi, lagipula turun dari kereta bisa langsung melihat Tugu Monas,  (2) Istana Merdeka, pengin melihat tempat kerjanya Bapak Presiden RI, (3) Masjid Istiqlal, tahunya sejak dulu adalah bahwa ini masjid terbesar di Jakarta, jadi saya sudah penasaran sejak masih kecil, (4) Museum Gajah yang merupakan museum terbesar di Asia Tenggara. Untuk sementara empat tempat itu aja dulu. Siapa tahu besok-besok berubah atau nambah 🙂

Untuk tempat menginap kami, saya mencoba mencari beberapa alternatif hotel di Jakarta Pusat untuk periode selama libur semester ganjil. Saya coba membandingkan pilihan dan harga dari berbagai macam agen online. Lumayan sangat banyak pilihan sih dengan berbagai macam harga pula. Apalagi carinya jauh-jauh hari gini, biasanya memang masih banyak yang available. Namun lagi-lagi, pilihan dan harga yang pas untuk saya ada di Traveloka, bisa lihat disini. Jadinya mau pilih hotel apa? Nanti deh.. saya diskusikan dengan ayahnya anak-anak dulu yaaa..

Yuk ahhh… buruan rencanakan liburan keluarga Anda jauh-jauh hari, gunakan Traveloka untuk mencari tiket, hotel dan lain-lain. Karena seperti yang saya bilang tadi bahwa memesan hotel di Traveloka tidak ribet, pembayarannya mudah, cepat dan dengan pilihan hotel yang lengkap di seluruh Indonesia bahkan di dunia.

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
traveling, travelling , ,

4 comments


  1. Menginap di hotelnya yang dekat dengan pusat wisata, ya 🙂

  2. Gimana jalan2 nya kemarin mba wiwin, jadi nginap dimana?

    Aku ketemu blog mba dari fb mba. Tapi udah kenal mba sejak zaman multiply heheheh..
    Btw salam kenal ya..

    Mba.. Aku ada rencana mau liburan sekeluarga ke Jokja desember besok mba. Selama seminggu. Bawa mobil dari jakarta.

    Suami pengen tempat yang santai, budget penginapan murah meriah dan pengen main ke sawah, nginap di dekat persawahan. Emang ada mba?

    Mohon info2 dong tempat yg nyaman untuk anak2.. Umur 8y. 5y dan bayi 8 bulan hehhee

    Klo berkenan boleh email aja ke: purbarika@gmail.com

    Matur nuwun sanget mba win

    • Hai mba Rika,
      Saya enggak lupa dengan nama mba 🙂
      Hehehe…
      .
      Mba, kalo pengin ke Jogja dengan suasana yang demikian, saya rekomendasikan BUMI BUNGA, lokasinya di daerah Bantul sih, Yogya selatan. Tapi beneran asri tempatnya.

      Room rate Rp 300.000 per malam.
      Fasilitas : AC, TV, free wifi dan breakfast untuk 2 orang

      Kebetulan itu punya teman. Mba Rika bisa kontak ibu Reni (pemiliknya) di nomor HP/WA 0818-0428-6050

      Selamat berliburrrr 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *