Pilih-pilih Asuransi Mobil di Futuready

Saya memang belum memiliki mobil sendiri, tetapi sejak puluhan tahun yang lalu saya sudah terlibat pada operation and maintenance kendaraan kantor. Mengingat kendaraan tersebut milik kantor dan dipergunakan untuk keperluan kantor, maka sejak pertama hadir kendaraan tersebut harus memiliki asuransi mobil.

Sebagai pengguna transportasi mobil, tentunya sebisa mungkin siapapun akan berhati-hati agar tidak terjadi apa-apa. Karena tahu sendiri ‘kan ya,… biaya suku cadang mahal, biaya bengkel mobil mahal, apalagi biaya bengkel sopir dan penumpang, jika sampai terjadi kecelakaan. Amit-amit, ya, pastinya tak seorang pun menginginkan terjadinya suatu kecelakaan.

asuransi mobil

sumber: pixabay.com

Sejak awal mengurusi asuransi mobil, boss saya selalu minta beberapa hal yang harus bisa dicover oleh asuransi, yaitu antara lain:

  1. Asuransi all risk/comprehensive
  2. Asuransi TLO (total loss only)
  3. Asuransi Third Party Liability

Poin pertama dan kedua, menurut boss saya, itu bisa dicover sendiri karena memang resiko memiliki kendaraan adalah harus menyediakan anggaran untuk biaya operasi dan pemeliharaan. Poin ketiga, itu yang sangat penting. Misalnya sampai terjadi kecelakaan, sebisa mungkin biaya-biaya yang dikeluarkan oleh pihak ketiga jangan sampai menjadi beban kami. Karena itulah boss saya selalu minta ada cover TPL tersebut. 

Dulu, saya tidak memiliki banyak pilihan tentang asuransi  mobil. Biasanya saya hanya melanjutkan asuransi yang sudah ada dan pernah dipakai oleh senior-senior saya. Kalau pun kemudian saya pindah ke asuransi mobil yang berasal dari luar negeri, itu karena boss saya kurang percaya dengan asuransi lokal.

Kini jamannya sudah go online. Apa-apa bisa dicari di internet. Apa-apa bisa dilakukan secara online. Termasuk urusan asuransi mobil. Karena dilakukan secara online, maka semuanya menjadi lebih mudah, praktis dan efisien, mulai dari memilih produk asuransi hingga menerima polis. Ga perlu lagi janjian ketemuan dengan agen asuransi, karena polis akan diberikan dalam bentuk elektronik, namanya e-polis. Pembayaran premi juga tentunya lebih mudah, aman dan nyaman.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan asuransi secara online, muncullah Futuready yang merupakan supermarket asuransi online yang berlisensi OJK, yang menjual produk asuransi dari berbagai macam provider. Jadi, Futuready ini broker atau pialang asuransi, bukan produk asuransi itu sendiri dan tidak mempunyai produk asuransi sendiri. Di Futuready, kita bisa memilih produk asuransi yang kita butuhkan. Futuready juga merupakan bagian dari AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berbasis di Den Haag, Belanda. Futuready sendiri menjadi pialang dari produk-produk asuransi pilihan terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka dan menawarkannya kepada kita dengan informasi yang ringkas, jujur dan tidak memihak. Keren ‘kan…? 

Saya mencoba menelusuri website Futuready untuk melihat provider-provider asuransi mobil, siapa tahu ketemu sesuai yang saya butuhkan.

Ada beberapa alternatif provider, antara lain Simasnet Insurance, MyCar, ACA Auto, Avrist OTO, Asuransi Mobil AXA, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya provider tersebut, saya bisa membandingkan jatuhnya premi jika dengan cover asuransi yang sama. Sekali lagi asuransi mobil yang saya cari harus bisa mengcover tiga hal yang sudah saya sebutkan diatas tadi yaitu all risk/comprehensive, TLO, dan TPL.

Untuk bisa mendapatkan penawaran harga premi yang akurat, saya harus memberikan beberapa informasi dengan mengisi kolom yang sudah disediakan. Beberapa informasi yang dibutuhkan adalah:

  1. Harga mobil
  2. Tahun kendaraan
  3. Kode plat mobil
  4. Jenis perlindungan

Setelah itu tinggal membandingkan antara beberapa provider asuransi yang ada lalu putuskan mau ambil yang mana, disesuaikan dengan kebutuhan.

Asyik ya kalo urusan asuransi pun bisa dilakukan secara online saja 🙂 . Oiya, sebenarnya enggak cuma satu sih broker asuransi online begini. Namun saya lebih merekomendasikan Futuready karena ia memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  1. Transaksi langsung, yaitu transaksi pembelian asuransi langsung dilakukan secara online.
  2. Menyediakan berbagai metode pembayaran, yaitu antara lain bisa dibayar dengan kartu kredit, transfer bank, atau bayar langsung di minimarket terdekat.
  3. Polis langsung aktif, artinya bahwa begitu disetujui maka e-polis langsung dikirimkan via email dan langsung aktif, jadi mulai terlindungi saat itu juga.
  4. Klaim mudah, artinya bahwa pengurusan klaim melalui Futuready dibantu oleh Customer Service yang profesional (melalui telepon atau online).
  5. Tanpa survey, ini berlaku untuk asuransi mobil bahwa persetujuan asuransi tanpa menunggu survey, cukup kirim foto secara online.

Keunggulan yang ada pada Futuready tersebut menjadikan Futuready menjadi tempat yang recommended untuk melakukan belanja asuransi secara online karena ia memberikan 4 (empat) manfaat bagi konsumennya yaitu:

  1. Mudah. Mudah penjelasannya, mudah perbandingannya, dan mudah klaimnya.
  2. Praktis. Prosesnya instan, dimanapun kita berada dan kapanpun kita mau, semua kendali ada di tangan kita.
  3. Sesuai. Tersedia berbagai pilihan produk asuransi, bebas pilih asuransi dan harga yang sesuai dengan kebutuhan kita.
  4. Aman. Aman dan terpercaya karena terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jaman makin canggih, segala sesuatu mulai di-online-kan. Dulu tidak pernah terbayangkan oleh saya bahwa asuransi pun bisa diurus secara full online. Makin jauh dari bayangan saya bahwa ternyata ada supermarket asuransi online 🙂 . Oiya di Futuready tadi bukan hanya provider asuransi mobil yang tersedia, namun banyak juga tersedia provider asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan asuransi kecelakaan.

Makin ke sini ‘kan orang-orang cenderung maunya di rumah saja, sehingga apa-apa bisa dikerjakan secara online, kebutuhan pun bisa terpenuhi secara online. Otomatis nih ke depannya bakalan banyak masyarakat yang terbantu oleh keberadaan Futuready. Butuh asuransi tinggal duduk manis depan laptop, klak-klik, e-polis masuk, ga perlu lagi janjian dengan agen asuransi, lalu dibuatkan simulasi, dan akhirnya belum tentu jadi ambil atau tidak hehehe.. Kalo ga jadi ambil koq ga enak, kalo jadi ambil koq masih kurang mantap. Huhuhu… butuh perbandingan, padahal ga ada waktu buat pertemuan dengan banyak agen dalam waktu yang berbeda-beda.

So, yukkk.. Futuready ajaaa…

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
lifestyle , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *