5 Warung Makan Favorit Keluarga Saya

warung makan favorit

Yogyakarta terkenal dengan kulinernya. Di mana-mana, di sepanjang jalan, pasti ada warung makan. Terkadang sampai bingung pengin makan di warung makan yang mana. Kalo yang belum pernah dicobain, takutnya nyesel karena enggak enak. Kalo yang rame dan agak mentereng, takutnya harga mahal tapi rasa biasa-biasa saja.

Nah, berikut ini beberapa tempat makan favorit keluarga saya, karena saya tidak pernah pergi makan sendirian 😀

1. Warung Chinese & Seafood “Pak Purwanto”

Ini adalah warung lesehan yang buka di malam hari. Lokasinya di depan Graha Sabha Pramana UGM.

Kebetulan saya, suami dan anak pertama saya, suka banget makan seafood. Ada banyak warung makan seafood yang pernah kami singgahi, tapi yang paling asyik buat sekalian nongkrong malam hari ya hanya di tempat ini. Pastikan aja ke tempat ini di saat cuaca cerah alias tidak hujan.

Beberapa menu yang menjadi pilihan kami disini adalah Kepiting Goreng, Sapo Tahu, Ca Pokcoy, dan Mie Goreng Seafood. Harganya sangat terjangkau.

2. Waroeng SS

Di Yogyakarta ada banyak sekali Waroeng SS. SS adalah kependekan dari Spesial Sambal. Suami dan anak pertama saya demen banget makan yang pedas-pedas. Jadilah Waroeng SS ini sempat menjadi langganan kami. Beberapa menu andalan kami dari Waroeng SS antara lain Telur Gobal-Gabul, Ca Kangkung, Aneka Sambal.

Lauk-pauk yang ada sih seperti pada umumnya, yaitu ayam atau ikan. Hanya saja, akan menjadi beda rasa dan sensasinya ketika dimakan bersama sambal. Sambalnya ada bermacam-macam, tinggal pilih suka yang mana. Harganya sangat terjangkau.

3.  Pondok Ikan Dua Putri

Kalau lagi pengin makan menu ikan dan seafood di rumah makan (tidak lesehan), kami biasanya ke Pondok Makan Dua Putri, Di Yogyakarta ada di beberapa tempat. Tapi yang paling dekat dengan tempat tinggal kami adalah yang berada di Jalan Kaliurang km.5,5.

Menu andalan kami di rumah makan ini antara lain Tumis Bunga Pepaya (kesukaan suami), Kepiting Lemburi, Kepiting Goreng Telur Asin, Nasi Goreng Seafood.

Disini harganya juga tidak mahal, cukup terjangkau.

4. Rumah Makan Padang “Buyung Upik”

Nahhh.. kalo lagi pengin makan masakan Padang, biasanya kami memilih ke “Buyung Upik” yang berlokasi di Jalan Affandi, Soropadan. Karena ga terlalu jauh, biasanya kami langsung datang ke sana. Sesekali aja pesan lewat Go Shop, karena tidak terdaftar di Go Food.

Sebenarnya sih menu rumah makan Padang dimana-mana sama saja. Gak tau kenapa koq kami lebih suka “Buyung Upik”. Mungkin karena sudah kenal baik dengan pemiliknya 😀 . Untuk menunya, saya pribadi sih biasanya suka ayam gorengnya. Sedangkan suami saya suka kikil. Sementara Satria suka gulai otaknya.

5. Sop Ayam “Pak Min”

Nahhh… terakhir nihhh.. Kalo lagi pengin makan yang seger panas, biasanya untuk sarapan pagi, suami saya suka ngajak makan di Sop Ayam “Pak Min”.

Di Yogyakarta ada banyak sekali cabang Sop Ayam ini. Tapi suami saya cocok lidahnya dengan Sop Ayam “Pak Min” yang berada di Jalan Kaliurang, tepatnya Pakem. Jadi, kadang kalo libur weekend, pagi-pagi disempatkan jalan-jalan kesana.

Menu yang ada di warung Sop Ayam “Pak Min” ya cuma sop ayam dan lauk pauknya, tidak ada menu lain. Hanya saja, sop ayam ini ada bermacam-macam, antara lain Sop Kepala, Sop Brutu, Sop Sayap, Sop Dada, dan lain-lain. Lauk pauknya ada tempe, perkedel, krupuk.

Kelima warung makan tadi siapa tahu bisa menjadi rekomendasi bagi temen-temen yang pengin ke Yogyakarta tetapi bingung mau makan dimana.

 

 

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
blog competition, kuliner jogja , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *