Air Terjun Lepo, Wonderful Indonesia Itu Ada di Bantul

How Wonderful Indonesia is! Right? Yesss…, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyakkkk sekali tempat wisata. Dari puncak gunung hingga ke lautan, ada. Di tengahnya ada banyak sekali wisata belanja hehehe.. Kalo lagi pengin lihat pemandangan indah yang hijau-hijau, banyak sekali pilihan, tersebar di semua kabupaten. Lagi pengin lihat pantai, banyakkk banget, terutama di kabupaten Bantul dan Gunungkidul. Kalo lagi pengin ngadem di mall, tinggal pilih mall yang ada di Sleman dan Yogyakarta.

Nah, seminggu yang lalu anak saya pengin jalan-jalan dengan teman-temannya sekaligus mengerjakan tugas. Eh kebalik dink.. maksudnya mengerjakan tugas sambil jalan-jalan. Tugasnya adalah membuat foto dan video dari sebuah tempat wisata alam di daerah Bantul. Akhirnya pilihan mereka jatuh pada Air Terjun Lepo.

Disitu lokasi air terjunnya

Air Terjun Lepo ini berlokasi di Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Bantul adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari tempat tinggal kami, daerah Condongcatur Sleman, lurus menuju arah selatan. Lumayan jauh sih, dari pusat kota aja 30 km. Ketika itu ditempuh oleh anak saya menggunakan sepeda motor.

Setelah menikmati perjalanan sekitar 1 jam, untuk menuju ke air terjun ini harus berjalan kaki sekitar 200 meter, karena hanya ada jalan setapak yang jelas tidak bisa dilalui dengan mengendarai motor atau mobil. Meskipun berjalan kaki, namun enggak akan capek koq, karena disuguhi pemandangan yang indah di sepanjang jalan dengan adanya pepohonan hijau.

Sayangnya ketika tiba disana, air terjunnya nyaris kering. Maksudnya pas airnya tidak terjun. Hanya ada air di dalam ledok. Tapi gapapa, tetap saja asyik. Karena Satria dan teman-teman tetap bisa bebas berenang di dalam ledok. Setelah berenang, selanjutnya membersihkan badan di kamar mandi umum yang tersedia disana.

Satria berenang bersama teman-temannya

Kenapa dinamakan “Lepo”? Le dari kata Ledok dan Po dari nama dusun Pokoh. Jadi Lepo adalah kependekan dari Ledok Pokoh. Ledok berasal dari bahasa Jawa, yang artinya adalah tanah atau lembah yang dalam dan bentuknya bulat. Yang menarik adalah kondisi air terjun yang masih alami dan karakteristik air terjun berupa batu bertingkat-tingkat.

Tingkat pertama memiliki ketinggian sedang dengan kedalaman kolam sekitar setengah meter. Biasanya digunakan untuk duduk sambil merendam kaki. Di tingkat ini juga aman untuk anak-anak berenang.

Pada tingkat kedua, bebatuan sekitar air terjun agak curam dan licin sehingga harus berhati-hati. Kedalaman kolam sekitar pinggang orang dewasa. Kolam kedua ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang tersusun eksotis. Ceruk batu di salah satu sisi kolam menjadi spot terbaik menikmati air terjun di tingkat ini.

Seperti cermin yaaa..

Tingkat terbawah merupakan tempat favorit berenang orang-orang dewasa. Kolam berkedalaman hingga 2 meter. Areanya pun cukup luas dibanding dua kolam diatasnya. Terdapat jalan setapak dan tangga-tangga batu sebagai pijakan untuk bisa sampai di kolam ketiga tersebut. Di kolam ketiga ini, tebing-tebing batu di sekeliling air terjun berbentuk balok yang sengaja dipotong oleh pengelola.

Kawasan Air Terjun Lepo ini lumayan sejuk dan rindang. Di kanan kirinya banyak pepohonan hijau sehingga nampak asri. Asyik banget untuk wisata keluarga, apalagi buat yang senang berpetualang dan berwisata alam. Yakin deh, tiba di tempat ini akan hilang rasa lelah selama perjalanan tadi.

Di kawasan wisata ini juga sudah memadai fasilitasnya. Ada tempat parkir yang cukup, dengan ongkos yang tidak mahal. Tersedia kamar mandi umum yang bisa digunakan pengunjung setelah berenang di kawasan air terjun. Juga pengunjung tidak akan kelaparan karena ada banyak penjual makanan. ‘Kan biasanya kalo abis berenang, perut jadi lapar hehehe…

Seneng lho rasanya kalo jalan-jalan ke tempat wisata yang dikelola oleh penduduk setempat. Dan karena dikelola sendiri, maka kelestariannya akan tetap terjaga, demikian pula keaslian dan keasriannya.

Air Terjun Lepo ini hanya satu dari ratusan tempat wisata yang ada di daerah tempat tinggal saya yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun letaknya nun jauh di dusun, namun ia telah menjadi salah satu aset Wonderful Indonesia. Rasanya saya penginnnnn banget menjelajahi seluruh kawasan wisata yang ada di daerah saya dulu sebelum berwisata ke daerah lain atau pulau lain.

Saya cinta Indonesia. Saya kagum akan keindahan Indonesia. How Wonderful Indonesia is!! Kalo Anda juga seperti saya, pengin mengenalkan pada dunia betapa indahnya Indonesia, yukkk.. bagikan juga kekaguman Anda dengan mengikuti Wonderful Indonesia blog competition disini.

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
blog competition, pariwisata, traveling, wisata jogja , ,

13 comments


  1. Wow… wonderful Indonesia, saya cinta Indonesia. Berharap makin banyak org yg bisa mempublikasi tulisan dengan tema obyek wisata kayak gini. Jadi makin bangga Ma Indonesiaku

  2. Baru tahu ada air terjun yang indah di Bantul. ?

  3. Wah, kalau musim kemarau memang debit air terjun berkurang banyak, ya. Jadinya ada yg sampai kering spt itu. Tapi tetap cantik kok, Mbak. Yang seperti ini perlu diperkenalkan kepada masyarakat luas. Iyes, spot Wonderful Indonesia ada dimana2 termasuk di Lepo ini 🙂

    • Iya, sayang banget pas kesana pas debit air turun drastis. Hujan yang turun belum mampu untuk mengembalikan keindahan air terjun tersebut. Tapi ya mau gimana lagi, diupload foto apa adanya saja, toh tetap aja cantik 🙂

  4. Saya sering ke Jogja, tapi baru tahu ada air terjun Lepo. Senang akhirnya ada yang berbagi tentang ini. Jadi menambah daftar pilihan destinasi wisata di Indonesia. Terima kasih sharingnya mbak… 🙂

  5. Beneran seperti cermin. Pasti seger banget tuh bisa berenang di Air Terjun Lepo. Kebayang kalau musim hujan, airnya dinjiiin…

  6. Hwaa apik bangettt mbaaa, cuss ah kesana juga pas liburan anak anak nanti

  7. Kalau ke jogja, taunya malioboro aja mbak.
    Ternyata ada tempat indah yang pasti menarik dicemplungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *