Arti Sebuah Nama Blog

Mengapa nama blog ini pratiwanggini.net? Mengapa judul blog ini “Sharing, Learning, Networking”? Mengapa tagline blog ini “Jabat erat, curhat bermanfaat”? Saya yakin bahwa pasti ada tersirat minimal satu dari tiga pertanyaan itu di pikiran Anda tetapi tidak pernah kesampaian untuk bertanya langsung. Nah, mumpung ada kesempatan bercerita dalam rangka #BPN30DayChallenge2018 maka selamat menyimak cerita saya.

Domain name

Bukan hal yang mudah lho ketika saya memutuskan untuk memberi domain name pada blog ini. Blog yang cikal bakalnya adalah blog gratisan di WordPress. Kemudian saya kepikiran untuk membeli domain name agar supaya blog ini tampil profesional. Dannnnn… pratiwanggini.net adalah domain name untuk blog ini.

Pratiwanggini berasal dari nama saya sendiri, artinya bahwa blog ini adalah milik Wiwin Pratiwanggini, seorang perempuan yang bangga dengan namanya yang unik. Sejak awal saya sudah yakin bahwa tak ada orang lain yang menggunakan domain name “pratiwanggini”, pasti hanya saya sendiri. Dan ternyata benar, jadi langsung available deh…

Dot net. Kenapa bukan dot com? Hehehe… saya memiliki keduanya. Saya menggunakan dot net untuk blog ini karena memang blog ini untuk berjejaring atau bernetworking. Saya berharap blog ini bisa menghadirkan banyak teman untuk saya karena apa-apa yang saya posting di blog ini bisa bermanfaat untuk orang lain. Sedangkan pratiwanggini.com saya pakai untuk blog bisnis online saya, yang memang bertujuan komersial.

Judul blog

Saya menggunakan judul blog “Sharing, Learning, Networking” karena blog ini memang memiliki misi untuk 3 hal yaitu:

1. Sharing. Blog ini saya gunakan untuk berbagi banyak hal, antara lain berbagi ilmu, berbagi informasi, berbagi tips, berbagi cerita, dan lain-lain.

2. Learning. Blog ini adalah salah satu sarana saya untuk belajar banyak hal. Kebetulan saya tipe pembelajar. Sesuatu yang saya dapatkan di luar, biasanya saya rangkum kemudian saya post di blog ini. Bukan hanya saya saja, di luar sana ternyata ada juga koq yang menggunakan blog ini untuk dijadikan referensi tugas-tugas kuliah dan sebagainya.

3. Networking. Blog ini menjadi salah satu sarana saya untuk berteman. Dengan ikut komunitas blogger, dengan share postingan-postingan terbaru saya di grup-grup atau di social media, dengan terus menulis sehingga selalu ada orang baru yang nyasar di blog ini, dan sebagainya.

Jadi, sudah tepat ‘kan kalo saya menggunakan judul berupa rangkaian dari 3 kata tersebut untuk blog ini?

Tagline blog

Selain domain name dan judul blog, tidak kalah penting adalah tagline yaitu berupa beberapa kata yang menggambarkan isi dari blog. Di blog ini saya menggunakan tagline “Jabat erat, curhat bermanfaat”. Apa artinya? Hehehe… Maksudnya adalah bahwa berkah dari judul blog tadi, saya bisa memiliki banyak teman sehingga terjalin persaudaraan dan persahabatan yang mana mereka saya datang karena curhat yang saya tuliskan disini juga bermanfaat untuk mereka.

Yaaa, meskipun dua tahun belakangan di blog ini mulai muncul banyak blogpost bersponsor, tapi saya yakin dari blogpost-blogpost tersebut tidak ada yang berupa sampah, tentunya di dalamnya tetap ada hal-hal bermanfaat bagi saya dan bagi pengunjung blog ini.

Domain name sudah tidak mungkin berubah, saya sudah mantap menggunakannya. Sedangkan judul blog dan tagline masih bisa diubah sewaktu-waktu. Apakah akan berubah? Saya belum tahu…

 

76 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

1 thought on “Arti Sebuah Nama Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *