Berkembang Bersama Blogger Perempuan Network

Sebagai blogger, memiliki akun social media ternyata sangat penting. Kenapa? Dengan memiliki akun social media, khususnya Facebook, saya bisa bergabung dengan banyak komunitas blogger.

Bergabung dengan komunitas-komunitas tersebut membuka mata saya bahwa monetize blog itu tidak sesulit yang saya bayangkan. Tidak selalu membutuhkan hal-hal yang teknis banget yang mungkin susah saya pelajari. Ada banyak bentuk job yang bisa diambil sesuai kemampuan agar dengan ngeblog bisa menghasilkan uang.

Selain membuka mata saya, bergabung di komunitas-komunitas blogger juga membuka jalan saya untuk bisa mendapatkan job. Biasanya administrator dari komunitas tersebut akan langsung berbagi job secara terbuka, tinggal kita sebagai anggota mau ambil atau tidak.

Untuk meningkatkan performa blog, bergabung dengan komunitas-komunitas blogger juga sangat mendukung lho.. Biasanya nih, dalam suatu komunitas blogger dibuat jadwal dimana para anggotanya bisa share artikel-artikel yang pernah ditulisnya. Dengan men-share artikel-artikel tersebut, para anggota komunitas akan berkunjung ke blog kita. Saya sendiri sering penasaran dengan artikel-artikel yang di-share oleh teman-teman blogger, jadi saya selalu usahakan untuk blogwalking ke blog-blog mereka melalui artikel-artikel yang mereka share tersebut. Tidak lupa, saya meninggalkan jejak di blog mereka, dengan demikian mereka akan ganti berkunjung ke blog saya 🙂 . Nah, saling blogwalking ini yang meningkatkan performa blog kita.

Jadi, bergabung di komunitas-komunitas blogger saya menggunakan prinsip take and give. Jangan sampai bergabung hanya untuk mendapatkan job. Tapi saya juga musti membangun hubungan baik dengan sesama blogger.  Siapa tahu lhooo juga bisa mendapat job dari teman blogger lain, dan itu sudah beberapa kali saya alami… 🙂

Kenapa Gabung Blogger Perempuan Network?

Sejujurnya saya tidak ingat banget bagaimana prosesnya saya bisa bergabung dengan Blogger Perempuan Network. Yang sedikit saya ingat adalah ketika itu saya mulai punya mentor blogging dari sebuah komunitas menulis (IIDN) dimana mentor saya tersebut adalah juga anggota Blogger Perempuan Network. Kalau tidak salah, saya diterima gabung di Blogger Perempuan Network adalah karena ada referensi dari mentor saya tersebut.

Blogger Perempuan Network is a cozy place for Indonesian female blogger to learn, share, and inspire each other through content.

Setelah mengikuti juklak dan juknis dari komunitas tersebut, antara lain pasang banner di blog, dan lain-lain, akhirnya saya resmi menjadi anggota Blogger Perempuan Network hingga saat ini.

Yang bikin saya betah di komunitas ini antara lain:

1. Saya jadi punya banyak teman perempuan sesama blogger, mulai dari yang masih muda-muda hingga yang berusia jauh di atas saya, ada yang hanya kenal secara online, tapi tidak sedikit juga yang sering ketemu darat ketika ada job for blogger di kota saya (Yogyakarta).

2. Saya bisa share blogpost-blogpost saya setiap hari sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh pengurus komunitas. Blogger Perempuan Network menyediakan FB Grup khusus yang setiap hari membuka thread untuk share update blog. Dengan demikian kami jadi lebih mudah saling blogwalking antar anggota.

3. Saya juga bisa setor link blogpost ke website komunitas untuk dipublikasikan. Jadi ketika seseorang mengunjungi website Blogger Perempuan Network dan melihat ringkasan tulisan saya muncul di directory web lalu mengkliknya, maka seseorang tersebut akan otomatis terbawa masuk ke blog saya. Dapat pengunjung dehhh…

4. Saya bisa dapat penghasilan tambahan. Mantap ‘kan? Job-job yang pernah saya dapat dari Blogger Perempuan Network, antara lain: bikin konten bersponsor (backlink) untuk suatu brand, sebagai influencer (mempromosikan suatu produk), sebagai reporter blogger untuk suatu event, dan lain-lain. Lumayan lhooo sekali job dapat fee minimal 6 digit 😉

5. Saya bisa dapat banyak tambahan ilmu, karena Blogger Perempuan Network sering berbagi ilmu di berbagai media, sehingga sebagai blogger saya jadi makin berkembang.

Nahhh, buat Anda teman-teman blogger perempuan, kalo sampai sekarang Anda belum maksimal ngeblog, coba dehhhh gabung dengan Blogger Perempuan Network 🙂

 

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
blog competition, blogging, tips blog , , , ,

5 comments


  1. Memang banyak sekalikeuntungan dari gabung menjadi anggota Blogger Perempuan ya mbak…Bisa aja gitu mendapatkan pundi pundi rupiah hanya dari dalam rumah dan itu pun sesuai dengan passion kita. 🙂

  2. saya baru banget mbak gabung di sini. baru beberapa bulan yang lalu. awalnya pingii belajar, nggak tahunya dapet lebih-lebih. seru banget. 🙂

  3. Dulu saya pernah skeptis sama Komunitas. Kayak yang.. (emang penting ya.. ?) . Tapi sekarang saya banyak belajar, terutama tentang manfaatnya. Dan setuju banget sama 5 point tersebut. Hihi..

  4. Ah iyaa, poin pentingnyaa itu yaa, berkembang bersama blogger perempuam network, kerasa banget perbedaannya setelah gabung komunitas ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *