Koleksi Buku di Rumah

Saya belum masuk kategori seorang ibu rumah tangga yang suka mengkoleksi barang-barang berharga di rumah. Bahkan etalase atau buffet untuk menaruh barang berharga atau pernak-pernik pun tak ada di rumah. Yang ada hanya lemari semacam rak yang isinya buku-buku.

Ya, koleksi saya di rumah hanya buku-buku. Mulai dari buku murah hingga yang lumayan mahal ada. Mulai dari buku yang mudah dibeli di toko buku, hingga buku-buku yang mendapatkannya harus ikutan Pre Order. Mulai dari komik hingga biografi orang terkenal.

Apakah semua buku itu sudah saya baca? Hehehe.. jujur sajaaa.. belum semuanya. Malahan ada beberapa yang masih terbungkus plastik alias segelan. Beberapa ada yang sempat dobel, tapi sudah saya hibahkan ke orang lain.

koleksi buku di rumah

sebagian kecillll buku-buku di rumah

Mengkoleksi buku jika hanya ditaruh di rak ternyata malah mengundang debu dan rayap. Buku-buku tetap butuh perhatian ekstra, butuh perawatan. Berikut ini beberapa tips dari Emak Pintar agar koleksi buku-buku tetap awet:

1. Menyampul buku dengan sampul plastik yang agak tebal, tidak lengket dan tidak terlalu ketat. Bisa menyampuli sendiri atau minta disampulkan di toko buku ketika selesai bayar.

2. Menyimpan dengan cara yang benar, antara lain simpan di lemari atau rak buku yang berpintu kaca, tempatkan di ruangan yang tidak mudah terkena debu, kotoran, air, serta tidak lembab dan memiliki pencahayaan yang cukup, serta simpan buku dalam posisi berdiri agar mudah mengambilnya dan tidak cepat rusak.

3. Memperlakukan buku dengan baik, antara lain cuci tangan dan keringkan sebelum memegang buku, saat membaca pegang kedua sisi buku, gunakan pembatas buku untuk menandai halaman (jangan dilipat).

4. Membersihkan buku secara rutin dengan kain yang mengikat debu.

5. Membuat catatan stok buku. Jangan sampai lupa ada yang pinjam tidak dikembalikan. Atau ada yang sudah dihibahkan eh masih dicari-cari.

Bagi saya, mengkoleksi buku itu ibaratnya mengkoleksi harta karun karena sama dengan mengkoleksi ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan kita bisa melakukan apapun. Karena sudah ada ilmu, tinggal dipraktekkan saja.

Kapan-kapan saya bikin giveaway berhadiah buku dehhhh… ada yang mau ikutan?

#Day11
#BloggerPerempuan
#BPN30DayChallenge2018

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
blog competition ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *