5 Tips Hidup Sehat ala Wiwin Pratiwanggini

tips hidup sehat

Sakit itu mahal, sodara-sodara! Meskipun biaya berobat dicover oleh kantor dan BPJS, tapi saya memilih hidup sehat. Dengan hidup sehat, saya bisa menjalankan dan menikmati peran saya dalam kehidupan ini. Dengan menjadi ibu sehat, anak-anak saya juga terjaga kesehatannya. Lalu apa sih tips hidup sehat ala saya?

Mungkin 5 tips hidup sehat ini bisa Anda coba juga 🙂

1. Selalu berpikir bahagia

Mungkin ini ada hubungannya dengan mesin kecerdasan saya yaitu Instinct dimana kemistri saya adalah “bahagia”. Saya orang yang easy going dan cinta damai. Jika di sekitar saya tidak ada gejolak, maka segalanya bisa berjalan dengan lancar dan beres. Kalo pun tiba-tiba timbul gejolak, sebisa mungkin saya meredamnya, bukan menghindarinya. Kalo dibilang sabar, saya ini orangnya tidak sabar. Tapi kalo dibilang lebih baik mengalah, ya bisa jadi memang iya. Mengalah untuk meredam suasana. Bisa jadi juga sesekali “ndableg”. Ya, karena hanya saya sendiri yang bisa mengelola hati dan pikiran saya. Yang penting saya merasakan bahagia, itu sudah cukup, semua akan berjalan baik-baik saja.

Dan satu kunci utama dalam hidup saya adalah bersyukur. Baik dan buruk, selalu ada hikmah dibaliknya. Anugrah dan musibah, itu hanya bahasa manusia, karena di baliknya selalu ada pelajaran berharga yang Tuhan berikan kepada saya. Nah, kalo sudah mensyukuri apapun yang ada, maka bahagia tercipta.

2. Do my best

Hidup itu ibarat panggung sandiwara. Menurut saya koq ya benar adanya. Skenarionya sudah dibuat oleh Tuhan. Saya diberi beberapa peran sekaligus, yang paling menonjol yaitu sebagai istri dari suami saya, ibu dari kedua anak saya, dan sebagai pegawai swasta di sebuah lembaga pendidikan sekaligus salah satu tangan kanan dari boss saya. Di luar itu masih banyak peran-peran lain yang saya mainkan, antara lain sebagai mompreneur, sebagai blogger, sebagai bagian dari keluarga besar, dan sebagai bagian dari masyarakat.

Saya selalu menikmati dalam menjalankan peran-peran yang diberikan. Sesulit apapun awalnya, seiring berjalannya waktu saya akan bisa menikmatinya. Karena itu, saya selalu berusaha melakukan yang terbaik. Saya tidak berorientasi pada hasil, tapi saya menjalani setiap proses dengan yang terbaik yang bisa saya lakukan. Saya selalu percaya bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses.

3. Manajemen waktu yang baik

Dalam keterbatasan saya, mengelola waktu 24 jam saya upayakan semaksimal mungkin. Tentunya ini ada hubungannya dengan poin 2 di atas yaitu berhubungan dengan peran-peran yang saya mainkan dalam kehidupan saya.

Manajemen waktu yang baik menurut saya bukan berarti mengkotak-kotakkan waktu yang hanya 24 jam itu dengan seabrek-abrek kegiatan. Mungkin orang lain bisa disiplin dengan to do list, kalau saya tidak bisa, malah rasanya jadi seperti robot. Kalo pun dicatat, itu bukan to do list, tapi hanya sekedar reminder apa-apa yang harus saya prioritaskan di hari tersebut. Jadi, kadangkala dalam sehari saya harus mengerjakan banyak hal, tapi bisa jadi dalam sehari saya bisa santai momong Dimas karena hal-hal lain bisa cukup saya handle lewat hape.

4. Makan dan istirahat yang cukup

Alhamdulillah ya, secara fisik, saya sangat jarang sakit. Nyaris tidak ada gangguan apa-apa di pencernaan saya meskipun saya sangat jarang sarapan nasi atau roti hehehe, bahkan seringkali makan terlambat dari jadwal.

Tentang makanan, saya tidak mempunyai pantangan. Saya ini tipe orang yang makan apa saja. Bedanya, saya makan secukupnya, tidak berlebihan. Daging atau ikan tetap makan, sayur makan, buah juga makan, nasi putih makan, seafood makan, goreng-gorengan makan, fast food, dan lain-lain. Pokoknya saya ini pemakan segala yang halal dehhh… Namun sekali lagi, menurut saya, selama semua itu dimakan secara tidak berlebihan ya tidak akan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan.

Istirahat yang cukup buat saya bukan berarti tidur yang banyak. Jujur saja, kalo dihitung dengan hitungan jam, waktu tidur saya sangat kurang. Namun demikian, alhamdulillah saya tidak mengalami migrain dan semacamnya gara-gara kurang tidur. Buat saya, tidak tidak selalu butuh waktu lama, sesekali tidur sejenak asalkan bisa “deep sleep” bagi saya itu sudah cukup, sudah fresh lagi. Kalo pun ada waktu panjang hingga saya bisa tidur lama, ya alhamdulillah banget, bisa mengistirahatkan otot-otot yang kaku-kaku hehehe, bisa buat relaksasi.

5. Diet yang tepat

Saya pernah nulis di blog ini mengenai beberapa program diet sehat, namun hanya ada satu yang tepat untuk saya. Saya tahu tepat, karena itulah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh saya.

Tubuh kita sudah punya mekanisme tersendiri, dimana dia akan makan ketika lapar dan akan berhenti ketika kenyang. Jadi, sebelum memulai diet, hal penting yang harus diubah terlebih dahulu yaitu pola pikir (mindset). Kemudian lakukan diet sesuai dengan standar berat indeks manusia, sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Demikian sharing dari saya tentang 5 tips hidup sehat ala Wiwin Pratiwanggini. Jika bermanfaat silakan dipraktekkan. Ingat yaa.. lebih baik menjaga kesehatan karena biaya berobat sekarang sangat mahal 🙂

#Day12
#BloggerPerempuan
#BPN30DayChallenge2018

About Wiwin Pratiwanggini

A Mother of Two Boys | A Working Mom | A Books Lover | A Blogger | Independent Oriflame Consultant | Co-Owner "Pak Boss Catering" & "Kedai Pak Boss"
blog competition, tips sehat , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *